Muncul Karena Tertekan, Cari Tahu 3 Fakta Unik Seputar Jerawat Stres Berikut

Buat kaum hawa, kata jerawat itu udah horor banget. Apalagi kalau jerawatnya gak kunjung membaik atau bahkan susah buat dihilangkan. Udah pakai berbagai cara, tapi tetep aja belum ada yang mempan. Jerawat sendiri banyak macamnya, lho. Jerawat yang paling sering dialami biasanya adalah jerawat breakout. Nah tahu gak sih, kalau ini mirip sama jerawat stres? Masih banyak yang bingung soal jerawat stres, nih. Gimana ya, cara membedakannya?

1. Timbul Karena Meningkatnya Kadar Hormon Kortisol

via acne.com

Hormon kortisol berfungsi mengendalikan stres dalam tubuh. Dalam keadaan tertekan, produksi hormon ini akan meningkat lalu menyebabkan sebum dan minyak di wajah menjadi lebih banyak. Ini membuat muka jadi jauh lebih gampang berjerawat. Selain itu, pas lagi stres keseimbangan hormon secara umum juga jadi terganggu. Hal ini lah yang membuat jerawat stres jadi tambah parah.

2. Biasanya Terdapat di Daerah T-Zone

Via Pexels

Jerawat stres biasanya timbul di daerah T-Zone karena bagian ini yang paling banyak memproduksi minyak di wajah. Timbulnya jerawat stres juga biasanya dibarengi dengan blackheads, whiteheads, dan warna kulit yang jadi tidak merata. Bahkan seringnya jerawat ini muncul bersamaan dengan gejala gatal dan kemerahan pada wajah.

3. Banyak Minum dan Kompres dengan Air Dingin Untuk Meredakannya

via freepik.com

Lalu kalau sudah begitu gimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Kalau jerawatnya sedang meradang dan terasa gatal, kamu bisa mengkompresnya dengan handuk hangat atau dingin untuk meredakannya. Bisa juga dengan memilih skincare yang mengandung salicylic acid agar membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Pengobatan dari dalam tubuh pun bisa membantu, seperti cukup minum air putih, kurangi makanan gorengan, dan perbanyak sayur serta buah.

Stres itu wajar tapi sudah seharusnya kita tahu cara mengendalikannya. Intinya usahakan untuk cukup minum dan pola tidur yang teratur. Jangan lupa juga selalu rajin untuk cuci muka dan gunakan skincare sehingga jerawat stres pun bisa dikendalikan dengan baik.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: