Waktunya Bicara, 3 Langkah Ini Awali Keberanian Kita Untuk Melawan Stereotip Pada Perempuan

Dasar cewek, bisanya apa-apa dibawa baper!

Kamu kan cewek, harusnya bisa masak, dong.

Masak perempuan gak suka sama anak kecil, sih?

Hmmm… Sering mendapat komentar-komentar seperti di atas, gak? Meski sekilas celetukan tersebut terdengar kayak ‘bercanda’, sebenarnya itu adalah bentuk stereotip pada kaum hawa. Stereotip pada perempuan sendiri secara simple bisa diartikan sebagai kepercayaan populer tentang kemauan wanita. Meski ada beberapa yang benar, tapi gak jarang banyak juga yang gak sesuai sama kenyataan. Seringnya yang gak sesuai ini justru mengkerdilkan posisi kita sebagai kaum hawa. Misalnya dalam dunia kerja, ketika sistem di kantor mempromosikan teman kerjamu yang laki-laki berdasarkan potensi, sementara kamu harus menunjukkan prestasi tertentu dulu untuk memperoleh hal yang sama, itu udah masuk diskriminasi berdasar stereotip pada perempuan. Hal ini tentu bisa merugikan kita kalau dibiarkan begitu saja. So, sudah saatnya nih, buat bangkit dan berani berbicara. Mau tahu caranya?

1. Bekali Diri dengan Ilmu Terlebih Dulu

Via Freepik.com

Knowledge is power

Pernah dengar ungkapan di atas? Tanpa belajar, kita gak akan tahu medan perang yang dihadapi seperti apa. Jadi jika kita ingin melawan stereotip pada perempuan, pastikan kita sudah memiliki bekal ilmu pengetahuan yang cukup. Apa sih, stereotip itu? Bagaimana contoh konkritnya di lingkungan kita? Apa penyebabnya? Dan lain-lain. Semua itu akan menjadi amunisi untuk speak up ketika kita melihat diskriminasi yang terjadi hanya gara-gara stereotip pada perempua .

2. Berbicara di Lingkungan yang Didominasi Pria akan Memberi Efek yang Lebih Besar

via freepik

Mengumpulkan ‘kekuatan’ di antara sesama kaum hawa itu bagus-bagus saja. Tapi itu bukan medan perang yang sesungguhnya. Justru untuk melawan stereotip pada perempuan kita harus berani bicara di lingkungan yang memperlakukan kita dengan tidak baik. Sumber masalahnya tuh, ada di situ soalnya. Meski di awal ini akan terasa berat, tapi hasilnya akan sebanding dengan perjuanganmu.

3. Siapkan Respon Atas Segala Kemungkinan

Via Freepik.com

Segala hal yang bertujuan baik gak akan berhasil tanpa melewati sebuah tantangan. Begitu pula soal upaya kita melawan stereotip pada perempuan. Kayak yang dilakukan sama aktris Hollywood Lauren Conrad saat diberi pertanyaan yang melecehkan di sebuah radio. Saat ia ditanya, what is your favorite position? Ia dengan tegas menjawab ‘CEO’. Mantap, kan?

Melawan stereotip pada perempuan yang salah kaprah memang gak akan membuahkan hasil dalam waktu singkat. Tapi percaya deh, setiap langkah kecil yang kita mulai akan menjadi pintu pembuka bagi generasi perempuan di masa mendatang. Tetap semangat, ya.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: