Atasi Rasa Cemas Berlebihan Soal Keuangan dengan 4 Trik Berikut

Sadar gak, rasa cemas yang kita alami gak selalu disebabkan orang lain, atau pekerjaan? Urusan keuangan juga gak kalah bikin kepikiran, lho. Mulai dari saldo tabungan yang terus berkurang, cicilan gak lunas-lunas, sampai pinjaman yang menghantui. Duh, mau sampai kapan sih, kayak gini? Udah deh, jangan kepikiran melulu. Atasi rasa cemas berlebihan soal keuangan pakai cara-cara ini:

1. Pahami Sumber Kecemasan Terbesarmu

via freepik.com/sittiphong

Saat bicara uang, hal apa yang paling kamu takutkan? Beban hutang? Cemas gak punya dana pensiun saat tua? Atau kekurangan uang dan takut gak bisa membantu perekonomian keluarga? Setelah kamu paham penyebabnya, kamu bakal lebih mudah mencari celah untuk solusi. Misalnya saat kita cemas karena punya pinjaman. Jadikan ini pelajaran dan ingat selalu bahwa konsekuensi dari hutang yang kamu punya bisa membuat hidup menderita. Berhenti berhutang dan ajukan keringanan dalam pembayaran kewajibanmu. Jangan gali lubang tutup lubang, ya. Ingat kamu harus lebih mengontrol diri.

2. Lebih Cermat dengan Kondisi Keuangan Pribadi

via freepik.com/pressfoto

Terbiasa dengan segala sesuatu yang serba praktis kadang membuat kamu melewatkan hal-hal kecil yang justru mengganggu keuangan. Misalnya bunga kartu kredit, biaya administrasi setiap ambil uang di ATM, dan lain-lain. Untuk melakukan kontrol, buat catatan atau agenda khusus pada smartphone-mu untuk setiap pengeluaran. Jika dirasa berat, mulai sekarang boleh juga, nih, untuk melihat produk-produk keuangan dan perbankan lain yang lebih bersahabat.

3. Seperti Apa Kebiasaanmu Menghabiskan Uang

via freepik.com/pressfoto

Setiap orang memiliki kebiasaannya sendiri dalam menikmati uang. Ada yang senang belanja baju, berburu kuliner, jalan-jalan, nonton film, atau belanja buku. Kamu sendiri, bagaimana caramu menikmati uang yang telah kamu hasilkan setiap bulannya? Nah, kalau sudah menemukan apa yang membuatmu senang, kita tetap bisa kok menikmatinya dengan cara yang cerdas. Misalnya dengan memilih membayar dengan kartu debit pada toko buku yang bekerja sama dengan bank tertentu. Bisa juga jalan-jalan saat low season. Jadi tinggal memilih pilihan harga yang lebih terjangkau, deh.

4. Jangan Lewatkan Tabungan dan Dana Darurat

via freepik.com/12150432

Tidak memiliki uang sama sekali tentu akan membuat panik. Apalagi kadang pengeluaran bulanan gak bisa terprediksi. Sebelum hal itu terjadi, dana daruratlah yang akan menyelamatkanmu. Memiliki dana darurat juga akan membawamu pada kelegaan sehingga bisa melakukan aktivitas setiap harinya bisa dengan nyaman dan tenang.

Sering merasa hampir gak punya uang? Tetap tenang dan telusuri catatan pengeluaranmu. Carilah celah untuk hal-hal yang bersifat tidak darurat. Agar hal serupa tidak terjadi, lebarkan sumber pendapatanmu. Jangan lewatkan dana darurat yang super penting juga, ya.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: