Selain Belanja Makeup, Tanpa Disadari 4 Kebiasaan Ini Pelan-Pelan Bisa Membuat Kamu Boros

Niatnya mau nabung buat masa depan, tapi nyatanya uang masih segini-gini aja. Ada yang pernah mengalami hal kaya gini? Hmm… Padahal sebenarnya secara gak sadar bisa aja uang kita habis itu karena kebiasaan kita. Keliatannya sih sepele, ternyata bisa membuat kamu boros. Seperti 5 kebiasaan di bawah ini, kira-kira kamu melakukan hal yang mana, nih?

1. Terlalu Sering Makan di Luar

Via Freepik

Makan di luar memang lebih simple karenantinggal pesan. Apalagi kalau dipesan ramai-ramai pas kumpul bareng teman. Tapi secara gak sadar kalau kegiatan ini sering kamu lakukan bisa-bisa membuat kamu boros tanpa sadar. Sesekali sih boleh, tapi kalau hampir tiap hari? Duh, jangan, deh. Kamu tetap bisa makan bareng teman ko dengan cara potluck, lho. Lebih seru dan hemat, kan?

2. Gak Tahan Sama Diskon Baju

Via Freepik

Sering belanja baju yang sebetulnya gak dibutuhkan dan akhirnya cuma jadi pajangan di lemari? Kebayang gak sih, kamu udah mengeluarkan uang kamu secara cuma-cuma? Alasanya apalagi kalau bukan karena ada diskon. Coba deh, belanja baju ketika kamu sedang perlu saja.

3. Langganan Netflix hanya Untuk Mengikuti Trend

Via pexels

Tayangan Netflix emang banyak banget yang seru, tapi kalau kamu sendiri jarang menontonnya kan sayang uang langganannya. Apalagi kamu langganan hanya karena ngikutin trend. Kalau memang ternyata gak perlu-perlu banget dan hanya ditonton sesekali mending kamu batalkan saja. Lumayan lho, uangnya buat ditabung.

4. Sering Pakai Si Kartu Sakti Alias Credit Card

Via Freepik

Iya sih, sekarang lebih efisien pakai cashless. Tapi kalau kamu keseringan menggunakan kartu kredit kayanya harus kamu mengevaluasi kebiasaan ini, deh. Keliatannya tinggal gesek aja, terus apa yang kamu mau udah di tangan. Tapi ingat ada tagihan juga yang harus kamu bayar. Lebih baik gunakan seperlunya saja misal ketika ada promo. Jangan lupa bayar tagihan tepat waktu biar gak kena bunga.

5. Beli Banyak Makanan yang Belum Tentu Dimakan

Via Freepik

Terakhir adalah belanja makanan yang belum tentu akan kamu makan. Biasanya hal ini sering terjadi ketika kamu belanja bulanan. Niatnya mau beli ini, tapi tiba-tiba malah beli makanan lain juga karena merasa ingin memakannya. Padahal itu belum tentu dimasak, lho. Ada triknya nih, biar gak kayak gitu terus. Basakan belanja ketika kamu sudah dalam keadaan kenyang. Jadi kamu gak akan mudah tergoda untuk membeli makanan yang sebetulnya gak benar-benar kamu ingin memakannya.

Kira-kira dari kebiasaan di atas, mana nih yang sering kamu lakukan? Mulai kurangi, yuk, biar kamu gak boros. Mengurangi kebiasaan tersebut demi kebaikan kamu itu baik, lho. 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: