Merugikan Diri Sendiri, Keluar Uang Untuk 4 Kebiasaan Ini Harus Segera Distop

Sadar gak sih, kalau kebiasaan yang kita lakukan bisa mempengaruhi kondisi keuangan? Atau malah selama ini kita terlalu santai karena toh bakal dapat gaji lagi di bulan depan? Hmm.. kebayang gak, kalau kita kerap mengeluarkan uang buat hal yang gak penting-penting banget, ini bisa merugikan diri kita sendiri. Seperti 4 kebiasaan ini yang mungkin harus kamu kurangi karena bisa memperburuk keadaan keuanganmu.

1. Membeli Barang karena Murah Bukan Karena Perlu

Via Freepik

Siapa sih, yang gak senang belanja apalagi kalau ada diskon? Duh rasanya ingin borong semua, ya? Padahal secara gak sadar kebiasaan ini bisa buat kantong terkuras cepat, lho. Seringnya sih, beli suatu barang karena harganya yang jauh lebih murah dari harga biasanya, padahal belum tentu barang tersebut kamu gunakan. Ingat meskipun barang itu murah, jangan dibeli kalau belum tentu akan dipakai. Ada tips nih, sebelum membeli barang coba pikirkan dulu seharian. Apa besoknya kamu masih ada keinginan untuk membelinya? Kalau enggak, berarti itu hanya terpancing godaan.

2. Belanja Tanpa Memisahkan Budgetnya Dulu

Via Freepik

Kurang bisa mengatur keuangan jelas bikin budget acak-acakan. Uang untuk pengeluaran rutin dan hobi pun bisa tercampur jadi satu. Ada baiknya kamu menyiapkan budget khusus untuk setiap pengeluaran. Entah itu untuk belanja bulanan, maupun untuk kesenanganmu. Kamu bisa memisahkannya dalam rekening yang berbeda atau menabungnya di tempat khusus. Sehingga uangmu tidak akan habis hanya untuk sesuatu yang akan membuatmu menyesal nantinya.

3. Ketergantungan Pada Kartu Kredit

Via Freepik

Kartu kredit emang bisa mempermudah transaksi kita. Tapi mudah juga membuat kita terjebak dalam hutang dan tagihan. Akan lebih baik kalau menggunakannya tidak terlalu sering dan sesuai keperluan saja. Kamu bisa menggunakannya ketika ada promo. Satu lagi, jangan lupa bayar tagihan tepat waktu, ya.

4. Sering Beli Makan dan Minum di Luar

via Senivpetro / Freepik

Terakhir, tentunya yang pasti sering kita lakukan adalah membeli makanan dan minuman di luar. Apalagi sekarang jadi lebih dipermudah dengan adanya aplikasi pemesanan online. Mungkin secara gak sadar kamu sudah mengeluarkan uang untuk membeli makanan yang padahal kalau ditotal harganya bisa dibelikan stok bahan untuk masak di rumah seminggu kedepan.

Paling penting atur semua sesuai porsinya, ya. Yuk, mulai kurangi mengeluarkan uang buat kebiasaan yang dirasa kurang penting. Ini buat kebaikan kamu juga, kok. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: