Tersenyum lah, Ingat 7 Hal Ini Saat Mengalami Hari yang Buruk Karena Kamu Begitu Berharga

Kadang-kadang kita suka ngekhayal kalau hidup akan berjalan semulus Drama Korea yang kita tonton. Padahal akan selalu ada masa dimana kita harus mengalami hari yang buruk dan membuat down. Apalagi sebagai perempuan kita harus menghadapi banyak tuntutan. Mulai dari pekerjaan, pertemanan, sampai kisah percintaan. Gak jarang semua itu membuat kita sedih dan merasa enggak berharga. Eits… Jangan biarkan ini berlarut-larut. Justru perempuan punya naluri luar biasa yang bisa membuat kita bangkit setiap kali merasa gagal. Kita cuma perlu lebih usaha aja, kok. Salah satunya dengan mengingat ketujuh hal di bawah ini saat mengalami hari yang buruk. Dicatat, ya.

1. Kritik Dirimu Sewajarnya

Via Freepik.com

Salah satu ‘hobi’ kaum hawa adalah mengkritik dirinya sendiri. Terkadang kebiasaan ini memang bisa memotivasi kita untuk bertindak lebih smart. Tapi kalau isinya lebih banyak kritik daripada motivasinya, ada perlunya juga sesekali untuk mentolerir kekurangan diri.

2. Buat Daftar Hal Baik yang Kamu Alami

Via Freepik.com

Sepanjang hidup, gak mungkin kita mengalami hari yang buruk terus menerus. Buka mata lebar-lebar, ingat dan renungkan kebaikan dan kebahagiaan apa yang telah kita alami selama ini. Tuliskan dalam bentuk sebuah daftar agar membantu kamu menggali kembali memori-memori indah tersebut. Cewek paling jago deh, nulis yang kayak gini.

3. Berhenti Menjebak Diri dengan Membandingkan Dirimu Sama Orang Lain

via freepik

Stop! Ya, berhentilah membandingkan diri dengan orang lain kalau ujung-ujungnya hanya membuat kita merasa inferior. Melihat kesuksesan orang lain untuk memotivasi diri sah-sah saja. Tapi kalau sudah kelewat batas dan jatuhnya malah menilai diri kita gak berharga, buat apa?

4. Jangan Serta Merta Percaya Sama Apa yang Kamu Lihat di Dunia Maya

via freepik

Percaya deh, hampir semua unggahan menarik yang kita lihat di media sosial itu gak menggambarkan kehidupan nyata si pengunggahnya. Udah saatnya kita berhenti mengacu ke medsos buat menentukan standar kebahagiaan kita.

5. Rayakan Keberhasilan Sekecil Apapun Itu

via freepik

Bisa bikin senyum seseorang? Berhasil gak telat datang ke kantor? Merayakan sebuah keberhasilan sekecil apapun itu akan membantu kita sadar kalau hidup gak selalu berjalan menyedihkan. Masih ada banyak hal yang bisa membuat kita tersenyum, lho.

6. Hindari Memendam Semua Rasa Sedihmu Sendirian

Via Freepik.com

Bercerita lah, kalau perlu menangislah sepuasnya. Tapi ingat, setelah rasa sesak di diri kita perlahan berkurang, segera putar otak untuk kembali bangkit. Kita juga bisa memanfaatkan jurnal untuk menampung segala perasaan negatif yang dirasakan, lho.

7. Jangan Terlalu Keras Pada Dirimu Sendiri

Via Freepik.com

Terakhir, cobalah untuk tidak terlalu keras pada diri kira saat mengalami hari yang buruk. Tunda sejenak segala kekecewaan dan kritik pada diri sendiri dan luapkan dulu semua kesedihan yang ada. Masih ada esok hari untuk memperbaiki diri, kok. So, just take it slow.

Siapapun bisa mengalami hari yang buruk, yang membedakan hanya bagaimana cara kita mengatasinya. Jangan lupa ingat-ingat ketujuh poin di atas saat kita mengalami bad day, ya. Tetap semangat!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: