Udah Berusaha Menabung Kok Tetap Gak Terkumpul? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya

Harga berbagai kebutuhan yang semakin serba mahal rasanya harus segera diantisipasi salah satunya lewat berusaha menabung. Bukan hanya demi masa depan, tapi juga agar kita jadi lebih bisa mengatur keuangan dan gak boros. Namun nyatanya masih banyak yang kesulitan untuk berusaha menabung. Udah menyisihkan sebagian uang, tapi kok rasanya tabungan tetap segitu aja. Kalau kamu juga lagi merasakan hal itu, mungkin 5 hal ini bisa jadi alasannya.

1. Gaya Hidup yang Terus Meningkat

Via Freepik

Pengeluaran harus sesuai juga dengan pemasukan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada usaha kamu menabunv. Jika kamu terus terusa  meningkatkan gaya hidup tanpa memperhatikan kondisi keuangan yang kamu punya. Maka tanpa terasa uangmu pun akan habis hanya untuk memuaskan dirimu sendiri tanpa melihat masa depan. Seperti belanja barang branded, atau yang lebih parah kamu meng-upgrade gaya hidupmu hanya untuk diterima di satu golongan pertemanan. Duh, jangan sampai, ya!

2. Punya Kebiasaan yang Buruk

Via Freepik

Kebiasaan kamu juga mempengaruhi cara kamu saat berusaha menabung. Misalnya jika kamu termasuk orang yang boros, tentu saja tabunganmu tidak akan bertambah. Kebiasaan lainnya yaitu konsumtif alias membeli barang yang sebetulnya tidak kamu butuhkan. Uangmu pun pada akhirnya akan habis untuk hal yang kurang bermanfaat.

3. Sering Meminjamkan Uang Pada Teman

Via Freepik

Hayo siapa nih, yang sering meminjamkan uang sama teman? Awalnya sih, sedikit tapi lama-lama jadi keseringan dan nominalnya semakin besar. Duh, kebiasaan ini bakal bikin kamu sulit berusaha menabung karena uang malah habis sama teman. Sesekali kamu harus tegas, ya. Apalagi kalau temanmu itu susah untuk membayar hutangnya.

4. Belum Punya Financial Goal

Via Freepik

Alasan lainnya kamu masih belum punya financial goal. Bingung kira-kira uang kamu mau dipakai atau ditabung untuk apa. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa memulainya dengan membayangkan kira-kira kamu lima tahun kedepan mau jadi apa atau punya impian apa. Sehingga kamu punya tujuan yang jelas dan uangmu gak dipakai untuk hal yang percuma.

5. Pengaruh dari Lingkungan Sekitar

via freepik.com

Lingkungan sekitar juga sangat bisa mempengaruhi usahamu dalam menabung, lho. Kalau kamu bergabung dalam satu circle yang kerjanya sering menghabiskan uang untuk nongkrong di cafe, lama kelamaan uangmu akan habis untuk hal itu. Memilih teman yang bisa lebih mengatur keuangan dan gak menghamburkan uang untuk hal yang kurang penting itu sangat bagus, lho. Secara gak langsung, kamu juga akan melakukan hal yang sama karena terbiasa bergaul dengan mereka.

Dari 5 alasan di atas, kira-kira mana nih yang sering kamu alami? Coba mulai sekarang coba dikurangi, ya. Biar kamu jadi mudah berusaha menabung dan keuangan kamu tetap stabil.

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: