Tetap Berkesan, Coba 5 Tips Liburan Anti Bangkrut Ini Sebelum Berangkat Traveling

Setuju gak, kalau tujuan berlibur itu buat melepaskan diri dari penatnya kesibukan yang dijalani tiap hari? Kalau udah setuju, sekarang pertanyaannya ganti, nih. Gimana sih, biar liburan tetap seru dari awal sampe kita pulang? Sering dengar cerita orang yang stres habis liburan karena harus bayar tagihan yang gila-gilaan, gak? Lho, kok bisa? Bisa dong, ini terjadi biasanya karena pas berlibur kita kalap memakai kartu kredit, terus tahu-tahu pas pulang tagihannya membengkak gak karuan! Duh, untuk menghindarinya, mending ikuti tips liburan anti bangkrut di bawah ini, yuk.

1. Gunakan Kartu yang Tepat

via Freepik.com

Liburan berbekal kartu kredit dan debit emang udah yang paling praktis. Tapi ingat, si kartu kecil ini juga bisa jadi bumerang karena bikin pengeluaran tak terkendali. Untuk menyiasatinya kamu bisa mencoba tips liburan anti bangkrut yang pertama. Pilih kartu yang gak punya charge tambahan, atau yang bisa dipakai di mesin ATM mana saja. Lumayan buat menghemat biaya administrasi pas belanja atau tarik tunai, lho.

2. Jangan Simpan Uang Di Satu Tempat Saja

Via Freepik.com

Ini penting, kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi ketika liburan. Gak sedikit banyak yang kehilangan uang tanpa diduga pas lagi jalan-jalan atau belanja. Akibatnya semua uang yang kita punya pun ikutan hilang. Untuk mengatasi hal ini, jangan biasakan simpan semua uang di satu tempat. Tapi dibagi-bagi termasuk untuk kartu ATM. Sehingga ketika kamu kehilangan sebagian uangmu, kamu masih punya cadangan yang menyelamatkanmu.

3. Selalu Cek Kurs Kalau Berlibur Ke Luar Negeri

Via continentalcurrency

Tips liburan anti bangkrut selanjutnya adalah selalu cek kurs mata uang di negara tujuan liburan. Usahakan tukar uang ketika konversi sedang tidak naik. Biar pengeluaran kamu juga tidak berlebihan. Tips lainnya adalah jangan menukar uang di bandara karena biasanya kurs mereka akan lebih mahal. Jadi sebaiknya tukar pas masih di Indonesia saja.

4. Jangan Malas untuk Double Check Tagihan

via freepik.com

Sepele tapi ternyata penting. Selalu cek kembali tagihan atau bill yang kamu terima. Terkadang suka ada kesalahan di dalamnya. Misal ketika kamu memesan tiket hotel dan pesawat, selalu cek kembali apa sesuai dengan yang kamu pesan, atau ada tambahan lainnya. Hal ini juga berlaku ketika makan di restoran, gak ada salahnya buat mengecek tagihan yang kamu terima. Terkadang beberapa restoran salah memberikan bill atau memasukan jumlah makanan. Jadi jangan malas buat mengecek, ya.

5. Siapkan Asuransi Travel

Via freepik

Terakhir siapkan asuransi travel. Kalau kamu udah punya asuransi kesehatan kamu bisa membawanya. Selain tentunya bisa lebih hemat karena sudah di-cover, jika sakit mendadak pas liburan kamu gak perlu repot lagi mengurus keuangan untuk membayar tagihan rumah sakit kesana kemari yang biasanya akan membutuhkan banyak waktu.

Itulah tips liburan anti bangkrut agar liburanmu tetap menyenangkan dan gak buat kamu pusing karena tabunganmu habis. Senang-senang boleh, tapi tetap semuanya harus sesuai dengan kemampuan dan diperhitungkan dengan baik, ya.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: