Ngemil Bukan Berarti Gak Sayang Badan Kalau Camilan Yang Kamu Pilih Kayak 4 Makanan Ini

Siapa di antara kamu yang suka ngemil? Aktivitas yang satu ini emang guilty pleasure banget, ya? Sayangnya nih, kebanyakan cemilan yang kita makan cenderung gak sehat seperti terlalu banyak gula, minyak, bahkan bahan pengawet yang kita gak tahu terbuat dari apa. Padahal, memilih cemilan itu penting lho, biar tubuh tetap fit. Soalnya kalau kamu ngemil cemilan yang gak sehat otomatis akan berpengaruh pada kesehatan kamu. Apalagi kalau dikonsumsi dalam jangka panjang, duh jangan sampai deh. Nah, daripada ngemil jajanan yang belum tahu sehat atau enggak, mending buat 4 resep cemilan sehat ini di rumah, yuk!

1. Yogurt Buah

Via Freepik

Resep ini mudah banget dibuat, lho. Kamu tinggal masukan berbagai macam buah lalu tambahkan yogurt siap saji sebagai sausnya. Cukup sediakan masing-masing 100 gram buah-buahan seperti melon, mangga, pepaya, anggur dan bengkuang. Bisa juga diganti dengan buah kesukaan kamu. Jangan lupa sudah di potong dadu dulu ya, sebelumnya. Masukan dalam mangkuk besar, lalu masukan yogurt plain dan gula pasir sekitar 1 sendok makan. Aduk hingga rata, cemilan pun siap untuk dinikmati.

2. Crepes Berries

Via Freepik

Cemilan yang satu ini cocok buat kamu yang suka rasa gurih dan manis. Pertama kita harus membuat crepes-nya terlebih dahulu. Caranya masukan 100 gram terigu, 300 ml susu cair, 1 sendok makan mentega yang sudah dilelehkan, 1/2 sendok teh garam dan 1 buah kuning telur. Aduk hingga semuanya tercampur rata, lalu masukan kocokan putih telur yang sudah kaku ke dalam adonan terigu agar crepes lebih renyah.

Saatnya membuat lembaran crepes, caranya cukup panaskan wajan anti lengket yang sebelumya sudah diolesi oleh mentega cair. Ambil sekitar satu centong adonan, lalu buat adonan sekiar 1-2 cm. Setelah selesai angkat lalu lipat bagian kanan dan kirinya. Jangan lupa tambahkan juga potongan buah seperti strawberry dan yogurt di atasnya, ya.

3. Oat Raisin Cookie

Via Freepik

Siapa yang suka ngemil kue? Suka bikin takut timbangan dan gula darah jadi naik gak sih? Nah ada resep kue sehat nih, yang bisa kamu coba. Siapkan bahan utamanya dulu, yuk. Ada 250 gram oat, 125 gram terigu protein rendah, 1/4 sendok teh garam, 150 gram gula pasir, 150 gram kismis hitam, satu buah telur dan 1/2 sendok teh soda kue.

Waktunya membuat adonan! Kamu perlu mengunakan mixer untuk mencampur gula dan mentega sampai berubah kaku putih pucat. Selanjutnya tambahkan semua sisa bahan menjadi satu. Setelah selesai bentuk adonan menjadi bola-bola lalu pipihkan seperti berbentuk cookie. Taruh di atas loyang yang sebelumnya sudah diberi dulu kertas roti ya, agar tidak lengket. Panggang dalam oven dengan 180 derajat celcius, sekitar 10-20 menit. Angkat jangan lupa diamkan dulu hingga dingin. FYI, cemilan ini bisa awet sampe 4 bulan, lho!

4. Puding Buah

Via Freepik

Terakhir cocok buat kamu yang suka dengan rasa asam. Ada puding buah mangga yang buat kamu jadi lebih segar dan tentunya sehat. Di sini kamu memerlukan dua lapisan untuk susu dan juga buah mangga. Untuk adonan pertama, panaskan dalam wajan satu buah bungkus agar-agar plain, 650 ml susu cair, 90 gram gula pasir, 2 butir kuning telur, dan 1 sendok teh vanili. Aduk hingga mendidih, lalu sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya untuk adonan kedua yaitu puding mangga, panaskan 250 ml susu cair, 2 buah kuning telur yang sudah di kocok, 1 sendok makan tepung maizena, satu buah bungkus agar- agar putih, 450 ml air dan 200 gram gula pasir. Campurkan semua adonan aduk hingga mendidih.  Setelah matang, tuang ke dalam gelas hingga memenuhi 1/4 gelas, diamkan dulu hingga sedikit keras, lalu tuangkan adonan puding susu, setelah itu masukan kembali adonan puding mangga, lalu sisa adonan puding susu hingga gelas mulai terisi penuh. Taruh potongan buah mangga dan whipped cream diatasnya sebagai pemanis. Puding pun siap untuk disantap!

Banyak kok cemilan sehat yang enak tapi mudah untuk dibuat. Dibanding kamu ngemil yang belum tahu kebersihan dan kandungannya, gak ada salahnya kan buat sendiri di rumah? Tertarik untuk mencoba?

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: