Uang Tak Cepat Ludes, Pensiunkan 4 Kebiasaan Penyebab Membengkaknya Pengeluaran Ini

Uang cepat ludes sebelum waktunya bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang dianggap enteng. Kegiatan penyebab membengkaknya pengeluaran ini akan sulit dihilangkan karena dilakukan secara rutin. Biar gak kehabisan uang sebelum masa gajian datang, mending kita cari tahu apa saja sih, kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa cepat menguras dompet?

1. Langganan Majalah

via freepik.com (yanalya)

Pada era serba digital seperti sekarang ini, informasi apapun dapat dengan mudah kita dapatkan hanya dengan satu sentuhan saja. Jika dahulu majalah secara fisik menjadi favorit untuk mengikuti berita terkini, sekarang media digital menjadi tempat referensi pertama dibandingkan media massa konvensional karena lebih cepat.

Tenang saja, banyak perusahaan dibidang media yang sudah memiliki versi online-nya, kok. Kamu dapat membeli dan berlangganan majalah maupun surat kabar favorit. Dibandingkan dengan versi fisiknya, versi softcopy memiliki harga yang lebih ekonomis. Tentu pas banget jika kita membutuhkan jenis-jenis informasi tertentu untuk konsumsi pribadi.

2. Makan Siang di Luar

via freepik.com (prostooleh)

Sekali makan siang di luar, kita bisa menghabiskan biaya yang lumayan banyak. Sekarang, coba selingi dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Biaya makan yang harus dikeluarkan menjadi banyak terpangkas. Membawa bekal dari rumah juga lebih sehat dan lebih higienis. Belum tentu pula kita bisa mendapatkan menu makanan yang cukup memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Sebagian besar makanan yang dijual di luar sana termasuk kategori makanan fast food dengan minuman manis. Dengan membawa bekal dari rumah, kita bisa menghemat biaya makanan dan minuman sekaligus.

3. Begadang Hingga Larut Malam

via freepik.com (doucefleur)

Melanjutkan pekerjaan hingga larut malam tidak apa-apa sih. Asalkan hanya sesekali saja saat benar-benar deadline dan tidak cukup waktu jika dikerjakan perlahan-lahan. Ketika lembur malam-malam entah di kantor, kampus, maupun rumah, biasanya butuh moodboster’ biar kuat melek dan konsentrasi mengerjakan pekerjaan tambahan hingga selesai.

Nah, ujung-ujungnya jadi kelaperan dan butuh minum minuman ‘penyemangat’. Akhirnya, pesan makanan via ojol. Setiap saat lembur, setiap saat pesan makanan dan minuman via ojol. Kalau dihitung-hitung dalam satu minggu hingga satu bulan, sudah lumayan banget.

4. Nongkrong Ngopi-Ngopi

via freepik.com (jcomp)

Menyesap kopi emang asik banget, apalagi sambil ngobrol bareng-bareng sahabat. Kalau beli kopi yang lagi ngehits setiap hari, wah beneran dompet bisa jebol, nih. Kenapa nggak kita kurangi frekuensi ngopi aja. Uangnya bisa ditabung untuk membeli mesin kopi. Buat kopi sendiri juga nggak kalah nikmat, kok. Jadi piawai meracik kopi sendiri, bisa jadi peluang bisnis dan tambahan penghasilan yang menjanjikan, bukan?

Mengurangi kebiasaan boros ini memang tidak mudah. Namun, kita semua menjadi tersadar saat melihat perbedaan pengeluaran kita selama ini. Kamu sudah coba?

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: