Ayo Berkomitmen! Biar Gak Gagal Lagi, Sudah Saatnya Menerapkan 5 Janji Sederhana Ini Dalam Pengelolaan Uangmu

Mengatur keuangan sepertinya jadi salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan sama generasi milenial. Hayo, siapa yang sering ngalamin gaji cuman berasa numpang lewat aja? Duh, pengelolaan uangmu itu emang penting banget kalau gak mau masa depan jadi keteteran. Dan sebetulnya untuk melakukan ini, kamu hanya perlu berkomitmen sama diri kamu sendiri. Serius! Jangan berpikir kamu harus ngelakuin yang berat-berat, karena cukup dimulai dari 7 komitmen sederhana ini, kondisi keuanganmu bisa stabil dan gak bolong lagi.

1. Usahakan Setiap Uang yang Kamu Simpan Punya Tujuan yang Jelas

Via successstory

Punya tujuan yang jelas jadi langkah pertama dalam mengatur keuangan. Inilah pentingnya memisahkan keuangan sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, pisahkan untuk kepentingan sehari-hari, liburan, dan dana pensiun. Setiap kepentingan diberikan target berapa uang yang harus kamu kumpulkan dari gaji yang kamu dapat. Jadi, uang yang kamu simpan tidak akan tercampur dengan yang lain. Kalau kamu punya rencana untuk liburan dalam waktu panjang, cara ini juga bisa membantu kamu, lho.

2. Manfaatkan Aplikasi Financial Planner

via freepik.com

Di era serba canggih ini, sayang banget kalau kamu gak manfaatin aplikasi yang bisa mempermudah hidup kamu. Salah satunya adalah yang terkait financial planning. Udah banyak banget lho, aplikasi online yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu mengatur keuanganmu. Biasanya isinya udah menyediakan template apa yang kamu butuhkan. Mulai dari savings dana bulanan, masalah credit card, sampai tips keuangan. Tinggal disesuaikan sama kebutuhan kamu aja.

3. Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Via Freepik

Selalu lakukan evaluasi secara rutin, ya. Ini penting biar kamu tahu ada gak nih pengeluaran yang berlebih atau sebaliknya. Sebaiknya sih, dilakuin setiap sebulan sekali,ya. Dengan evaluasi juga kamu jadi bisa tahu, kira-kira kalau mau buat budget untuk hal lain memungkinkan apa engga. Karena setiap bulan pasti ada perubahan dan kepentingan baru yang terjadi dalam hidup kita.

4. Jangan Terlalu Kaku, Sesekali Keluarkan Uang Buat Kesenanganmu

via Freepik

Ingat, mengatur keuangan bukan berarti kamu gak bisa senang-senang, ya. Kamu juga punya hak buat menikmati jerih payah kamu. So, gak masalah jika dalam berapa bulan sekali, kamu menggunakan uangmu untuk bersenang-senang. Hal itu bisa dianggap reward buat kamu yang udah bekerja keras selama ini. Misal, belanja tas baru, atau makan makanan favorit bareng sahabat kamu. Tapi ingat jangan berlebihan juga, ya!

5. Kurangin Makan Di Luar, Coba Buat Meal Planning 

Via Freepik

Kalau kamu masih merasa keuangan kamu masih kurang teratur dan butuh tabungan lebih. Coba deh, buat meal planning. Kenapa? Karena dengan memasak, uang makan dan belanja kamu bakal jadi berkurang dan lebih hemat. Selain tentunya lebih sehat dan hemat, sekalian jadi ajang kamu melatih skill masak kamu juga, kan?

Dengan hal sederhana seperti di atas, kamu bisa kok, mengatur keuangan kamu jadi lebih baik. Jadi gak ada alasan lagi buat boros dan gaji lewat begitu aja, ya!

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: