Kenapa Pertemanan Sehat di Kantor Itu Penting? 3 Fakta Ini Bisa Membantu Kamu Menemukan Jawabannya

Kantor adalah lingkungan pertama yang mungkin menjadi tempat kamu menghabiskan sebagian besar waktu yang kamu punya setelah lulus kuliah. Bekerja hampir 8 jam dalam sehari, di sini kamu gak cuma berkutat dengan berbagai jenis pekerjaan tapi juga orang-orang yang terlibat di dalamnya. Apalagi di usia yang lagi produktif-produktifnya kayak sekarang, hasrat untuk optimal berprestasi dalam karir juga lagi besar-besarnya, nih. Lalu gimana dengan orang-orang yang rutin kita temui di lingkungan kerja? Hubungan seperti apa sih, yang sebaiknya dibangun pada mereka? Karena bagaimanapun, cara kita membangun relasi akan sangat berpengaruh pada kenyamanan kita bekerja. Nah, biar tambah semangat, ketahui dulu 3 fakta soal pentingnya pertemanan sehat di kantor berikut ini, yuk!

1. Jalinan Hubungan yang Kamu Bina Bisa Membuat Kamu Merasa Menjadi Bagian dari Komunitas

Via Freepik

Pekerjaan yang harus kamu kerjakan gak mungkin bisa selesai tanpa adanya bantuan dari orang lain. Untuk itu agar kamu dan rekan kerjamu bisa sama-sama saling memberikan bantuan, diperlukan landasan hubungan yang positif di antara kalian. Hal ini akan memunculkan rasa saling memiliki dan bertanggung jawab, sehingga kalian gak akan tega menelantarkan kepentingan satu sama lain. Ini lah yang menjadi pondasi sebuah komunitas yang kuat di tempat kerja. Dari rasa ingin saling membantu, tak hanya pekerjaan yang akan jadi terasa lebih ringan, tapi relasi secara personal pun akan berkembang dengan baik.

2. Memiliki Hubungan Baik Secara Profesional Maupun Personal Sama-Sama Pentingnya

Via Pexels

Sebagian orang mungkin percaya bahwa hubungan profesional gak boleh dicampur adukkan dengan hubungan pribadi. Hal ini gak salah, kok. Tapi bukan berarti kita gak bisa memiliki personal relationship yang bagus pada rekan kerja kita di kantor. Jika terlalu kaku hanya berhubungan untuk pekerjaan, orang pun cenderung akan malas berinteraksi dengan kita. Yang penting itu adalah kita tahu batas sejauh mana ranah pribadi yang bisa dimasuki. Kalau sekedar menanyakan kabar keluarga, hobi, atau proses pendidikan yang sedang ditempuh sih, gak apa-apa banget. Malah itu akan membuat kalian tambah akrab dan urusan pekerjaan jadi semakin lancar.

3. Sedikit Pergaulan di Luar Kantor Akan Membuat Pertemananmu Menjadi Lebih Kuat

Via Freepik

Atmosfer lingkungan kerja dan tugas yang sama, akan menjadi satu hal yang bisa menghubungkan pembicaraan di antara kamu dan rekan kerjamu. Dari situ kamu bisa membuka percakapan jadi ke banyak hal lainnya. Oleh karena itu, penting banget buat sesekali hangout di luar kantor sama teman kantormu. Selain bisa saling curhat dan support, kalian pun bisa sekalian brainstorming untuk kemajuan karir masing-masih di situasi yang lebih santai.

Menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja baik itu yang berkaitan sama pekerjaan maupun urusan di luar kantor, akan memberika  banyak manfaat buat kita. Agar terhindar dari konflik yang gak perlu, tinggal kita yang harus pandai menepatkan diri. Semakin banyak teman, pintu rezekipun akan semakin banyak, bukan? 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: