Hemat Itu Gampang, Coba Aja Buang Jauh-jauh 11 Kebiasaan Boros Ini, Bisa Nabung Banyak!

Gaya hidup hemat tak selalu memangkas pos pengeluaran, namun juga berawal dari kebiasaan kita sehari-hari.  Sepertinya sih, tidak terlalu terasa ya. Namun, jika kita kalkulasi dalam satu bulan, ternyata kebiasaan kita ini cukup memakan banyak biaya. Supaya keuangan lebih stabil dan bisa lebih banyak menabung, yuk buang jauh-jauh kebiasaan boros ini mulai dari sekarang;

1. Punya Banyak Rekening Namun Beberapa Tidak Terpakai? Biaya Administrasi Bulanannya Lumayan Banget, Nih

Kalau punya empat rekening dan biaya administrasi bulanannya Rp 10 ribu, misalnya. Sebulan sudah Rp 40 ribu, dan dalam setahun kita mengeluarkan biaya Rp 480 ribu hanya untuk biaya administrasi saja.

2. Tidak Menghabiskan Makanan

via freepik.com

Terlanjur pesan makanan dan ternyata tidak habis? Selain membuang-buang makanan, kita jadi pesan makanan lagi. Tentu kita mengeluarkan biaya dua kali lipat untuk makan, bukan. Sebelum pesan, yuk ukur porsi makan dan lebih teliti untuk memilih makanan yang sesuai selera dan budget kita.

3. Membeli Barang-Barang yang Sudah Ada Di Rumah

Tertarik membeli perabot rumah baru, namun di rumah masih ada dan belum terpakai. Tidak semua kupon voucher dan diskon harus kita pakai, nih.

4. Cuci Kendaraan Bermotor

Kalau lagi senggang, bisa loh kita cuci sendiri. Apalagi saat akhir pekan ingin istirahat aja dan bingung mau ngapain. Lumayan banget hematnya.

5. Minum Minuman Botol Kemasan

via freepik.com

Minuman manis seperti soda, teh botol, kopi, dan susu memang bikin lidah jadi ketagihan. Apalagi kalau diminum dalam kondisi dingin, seger banget rasanya. Namun, kita jadi nagih, rasanya ingin mengkonsumsi terus dan sulit melawan. Tak kalah enak, kita bisa bikin infused water dingin yang tak kalah nikmat.

6. Lupa Membayar Tagihan Bulanan

Punya beberapa tagihan dengan tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda, karena sibuk jadi terlambat untuk membayar. Sayang banget, nih dendanya. Satu hari terlambat aja biaya denda lumayan banget. Biar nggak lupa lagi, tandai pada kalender dan agendamu. Bisa juga pilih opsi auto debet agar terbayar otomatis setiap bulannya.

7. Impulsif Membeli Produk Skincare Secara Berlebihan

via freepik.com (v.ivash)

Produk skincare yang diulas beauty vlogger selalu menarik untuk diikuti. Tak jarang, kita menjadi tertarik atau hanya sekedar iseng untuk membelinya. Jika punya produk dengan kegunaan serupa, lebih baik tunda dulu belanjanya. Jangan sampai menyesal karena tidak cocok dan tidak habis, ya.

8. Membeli Barang-Barang Branded yang Tidak Sesuai dengan Kebutuhan

Baju, sepatu, dan tas branded memang punya daya tarik tersendiri untuk dibeli, baik online maupun offline. Sesekali membeli barang branded untuk menambah semangat, sih tidak apa-apa. Namun, kalau terlalu sering dan dipaksakan, bisa-bisa kita melalui hari-hari yang berat menuju akhir bulan dengan keuangan yang semakin menipis.

9. Makan Di Luar Hampir Setiap Hari

via freepik (rawpixel)

Hangout bareng teman-teman sih boleh-boleh aja untuk menambah keakraban, namun kalau setiap hari, nggak sehat di dompet juga, nih. Kalau dihitung-hitung, pengeluaran bulanan kita yang paling besar ada di pos konsumsi.

10. Paket Internet

Pilih paket internet sesuai dengan kegiatan dan kebutuhanmu sehari-hari. Ada banyak paket internet yang ditawarkan, nih. Paket internet chat, sosial media, video, dan khusus untuk browsing. Lebih hemat, kamu bisa gunakan wifi publik.

11. Ngopi-Ngopi Cantik

via freepik.com

Dalam satu minggu, sudah berapa kali ngopi? Rutin ngopi 2-3 kali seminggu, lumayan juga, ya budget yang dikeluarkan. Coba, kurangi frekuensi minum kopi fancy di luar. Kopi bikinan sendiri di rumah juga tak kalah nikmat.

Apakah kamu sedang merencanakan sesuatu yang besar hingga akhir tahun nanti? Agar semakin mantap secara finansial, mulai menabung dari sekarang tidak akan terlambat, kok. Awali dengan mengurangi kebiasaan boros yang menguras kantong ini. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: