Sehat Tapi Hemat, Ini 5 Cara Susun Budget Makanmu Dalam Satu Bulan

Percaya nggak sih, kalau budget makan dalam satu bulan itu lumayan menghabiskan gaji atau penghasilan? Ditambah lagi kalau rutin pesan makan di luar. Bahkan, tak sedikit yang menghabiskan 40-50 persen total budget hanya untuk kebutuhan konsumsi, meliputi makan dan camilan saja. Kalau sudah sampai fase seperti ini, itu artinya alarm untuk diri sendiri agar segera berbenah untuk urusan konsumsimu. Tidak perlu khawatir  merasa tersiksa, sehat dengan hemat itu mungkin banget, kok. Asal, terapkan cara susun budget makanmu ini;

1. Kelola Stok Bahan Makanan di Lemari Penyimpanan dan Dapurmu

via freepik.com (bearfotos)

Bahan makanan yang kita gunakan untuk memasak sebenarnya itu-itu saja. Seperti bumbu dapur bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Bahan dapur kering ini dapat kita stok dalam sebulan karena tahan lama.

Pilih bahan dapur yang sering kamu gunakan dalam memasak. Atur jumlah atau porsinya saat berbelanja, agar tidak terlalu berlebihan dan membuang-buang karena tidak terpakai. Begitu juga dengan bahan pokok seperti tepung terigu, gula pasir, dan minyak goreng yang bisa kita stok diawal bulan. Jadi, gak akan bolak-balik ke supermarket dan pasar tradisional, kan?

2. Cek History Pengeluaran Konsumsimu Hingga 3 Bulan Ke Belakang

via freepik.com

Punya catatan pengeluaran bulanan, tentu lebih mudah. Kita bisa mengukur apakah pengeluaran untuk budget makan ideal atau tidak. Berapa kali hangout keluar untuk makan bareng teman-teman? Yang semula seminggu 3-4 kali, dapat dikurangi menjadi seminggu sekali.

Semula makan makanan mahal, bisa diselingi dengan bahan makanan lain dengan harga bersahabat, namun tak kalah nikmat. Bisa memainkan cara memasak makanan dan mengkreasikan dengan bahan yang lainnya.

3. Buat Menu Makan Mingguan Hingga Bulanan Itu Penting

via freepik.com (freepic.diller)

Selain terselamatkan dari pertanyaan ‘Mau makan apa, ya hari ini?”, membuat menu makan dalam seminggu membuatmu terorganisir dalam hal keuangan dan managemen waktu. Dengan menyusun menu makan dalam satu minggu, tentu secara otomatis kita akan berbelanja kebutuhan bahan pangan yang disesuaikan dengan budget yang sudah ditentukan.

Menyusun menu makan selama seminggu justru menghindarkanmu dari rasa bosan. Tentu kamu sudah melakukan variasi dalam menu makanmu selama seminggu, bukan. Selain itu, jadi lebih cermat menentukan harga bahan makanan yang pas di kantong, nih.

4. Barang-Barang yang Diletakkan Pada Rak Tak Terjangkau Mata, Bisa Jauh lebih Murah

via freepik.com (senivpetro)

Ketika berbelanja kebutuhan pokok di supermarket, ada kalanya kita akan menemukan barang-barang dengan harga lebih bersaing di bagian paling bawah atau paling atas rak. Jika lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dan hanya beda merk saja, bisa dipilih, nih. Namun, tetap utamakan prioritas untuk berbelanja barang-barang pokok rutin yang pasti dikonsumsi setiap bulannya, ya.

5. Susun Budget Makan Idealmu

via freepik.com

Menyusun menu makan, sudah. Menentukan cara cantik berbelanja, juga sudah. Mulai mengurangi kebiasaan penyebab boros, udah semangat banget, nih. Sekarang, tentukan nominal budget untuk kebutuhan makan bulan ini. Jangan utak-atik dulu tetap konsisten, ya.

Saat sudah tahu cara susun budget untuk kebutuhan makan, kamu jadi lebih lihai dan cermat dalam menggunakan uang, nih. Untuk permulaan, lakukan secara rutin hingga 3 bulan. Lihat hasil dan perbedaannya. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: