Ayo Cari Tahu Kenapa, 4 Alasan Ini Adalah Jawaban Mengapa Mengatur Keuangan Pas Masih Muda Itu Penting

Ngomongin generasi milenial, pasti gak bisa lepas dari gaya hidupnya yang khas. Mulai dari senang wisata kuliner, traveling, sampai rutin nongkrong di tempat hits demi eksistensi. Seru, sih. Tapi gak jarang kebiasaan ini tanpa sadar bikin gaji cepat habis bahkan tabungan makin menipis. Duh, sayang banget, kan, kalau masih muda gak bisa mengatur keuangan buat masa depan? Gaul boleh, tapi kalau sampai keuangan jadi kacau rasanya gak banget. Itulah kenapa kita wajib tahu kalau mengelola uang itu penting banget! Kenapa? Nih, 4 alasannya.

1. Lingkungan Kamu Akan Selalu Berubah

Via Pexels

Sekarang mungkin kamu masih bisa santai bersenang-senang jalan bareng temanmu. Tapi inget, semua hanya sementara, lho. Kamu gak bisa terus kaya gitu, karena semakin dewasa kebutuhan dan lingkungan kamu pun akan ikut berubah. Apalagi buat kamu yang udah memasuki usia 20-an, wajib banget mulai memikirkan masalah rumah, cicilan dan kebutuhan lainnya. Gak mau minim aset seumur hidup, kan?

2. Kebutuhan Jangka Pendek Ataupun Panjangmu Gak Gratis

via freepik.com

Mengatur keuangan harus dipikirkan untuk jangka pendek dan panjangnya. Buat jangka pendek misalnya seperti gimana kamu membeli kebutuhan sehari-hari atau bayar tagihan. Sedangkan jangka panjang contohnya kayak untuk dana darurat atau simpanan hari tua. Jadi kamu udah punya persiapan dari sekarang dan gak khawatir lagi.

3. Jadi Media Buat Belajar Tahu Skala Prioritas

Mau Barang Berkelas dengan Harga Murmer Banget? Di Tempat Belanja Ini, Berburu dan Memilih Barang Branded Berkualitas Bisa Semudah Ini
via freepik.com

Semakin kamu tahu kemana penghasilanmu habis, semakin kamu jadi tahu mana keperluan yang harus lebih di prioritaskan. Disini penting banget gimana kamu harus bisa membagi dan menggunakan uang dengan bijak. Akan ada saatnya kamu berpikir untuk mengurangi kegiatan tertentu dan lebih mementingkan kegiatan lainnya.

4. Modal Untuk Masa Depan yang Aman Secara Finansial

Via Pexels

Kebayang gak sih, kalau kamu lebih banyak menghabiskan uangmu di masa muda untuk hal yang kurang penting, kamu gak akan punya pegangan untuk masa depan kamu nanti. Coba deh, pikirkan 5 tahun atau 10 tahun kedepan kamu mau hidup seperti apa? Apa kamu udah punya cadangan buat biaya sekolah anak? Atau simple-nya, apa kamu sudah bisa hidup mandiri tanpa hutang? Coba persiapkan dari sekarang, yuk. Jangan sampai kamu menyesal nantinya.

Gak ada salahnya menikmati masa muda dengan melakukan apa yang kamu suka. Tapi akan lebih baik kalau kamu juga mulai bijak dan memikirkan keuangan kamu dari sekarang, ya.

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: