Ini Nih, 5 Kebiasaan Dalam Mengelola Keuangan yang Biasanya Dimiliki Orang Tanpa Hutang, Contek Yuk

Siapa sih, yang gak mau terbebas hutang atau cicilan? Gak bisa dipungkiri, di zaman yang serba mahal dan cepat ini, kadang kebutuhan untuk meminjam uang buat memenuhi kebutuhan emang terkadang perlu banget dilakukan. Sebetulnya gak ada yang salah dari kebiasaan ini, selama kita masih bisa mengatur dan membayarnya. Tapi, kalau kamu mau mulai hidup tanpa berhutang, atau ingin keuangan kamu lebih stabil tanpa hutang gak ada salahnya kok, mencoba 5 tips keuangan ini.

1. Punya Penghasilan Tambahan

via Sweety High

Kebutuhan yang banyak sering gak tertutupi sama penghasilan bulananmu. Akibatnya kamu jadi kesulitan dalam mengatur keuangan. Daripada berhutang, coba jalan alternatif untuk mengatasi ini dengan punya penghasilan tambahan di luar pekerjaan tetap. Bentuknya bisa berupa apa saja, misal kamu menanam saham atau buka usaha dari hobi kamu. Dengan begitu kamu bisa memutar arus uang kamu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan lebih baik.

2. Menghindari Menggunakan Kartu Kredit

Via Freepik

Tahu gak, kalau gak hati-hati kartu kecil ini malah akan buat kamu semakin kelilit hutang karena harus bayar tagihan, lho. So, buat yang selama ini main gesek aja, waspadalah tagihan tiba-tiba membengkak. Gak ada salahnya mulai sekarang pelan-pelan meningggalkan kartu yang satu ini. Intinya, kalau kamu gak perlu-perlu banget dan masih bisa pakai uang sendiri kenapa harus punya credit card?

3. Gak Berlebihan Saat Belanja

Hindari Rasa Sesal Sebelum Belanja, Sugesti Diri Sendiri dengan 5 Pertanyaan Ini Sebelum Membeli
via freepik.com

Penting banget nih, untuk inget batasan kalau lagi belanja. Usahakan, selalu beli yang benar-benar kamu butuhkan dan jangan gampang tergoda sama sale. Apalagi kalau sampai harus nyicil tas atau sepatu branded hanya karena gengsi. Belilah sesuatu karena memang perlu dan sesuaikan dengan kemampuanmu. harganya jauh diatas kemampuan kamu.

4. Buat Financial Planning

Via Pexels

Kalau kamu masih kesulitan mengatur uang, mungkin kamu bisa mulai buat financial planning. Coba buat untuk satu tahun ke depan, tulis apa yang ingin kamu capai dan cara untuk menggapainya. Rencanakan juga kira-kira berapa uang yang dibutuhkan. Jangan sampai di luar budget yang kamu tentukan, ya.

5. Jangan Lupa Untuk Selalu Punya Dana Darurat

Via Freepik

Ini penting karena bisa digunakan kalau tiba-tiba kamu tertimpa musibah atau sedang kesulitan keuangan. Sehingga kamu bisa terhindar dalam meminjam uang. Untuk mengumpulkan dana darurat, kamu bisa mulai dengan menyisihkan uang setiap harinya. Gak perlu langsung besar, yang penting konsisten hingga akhirnya uang pun akan terkumpul.

Itulah 5 kebiasaan dalam mengatur keuangan yang bisa bantu kamu terbebas dari hutang. Mungkin awalnya sulit, tapi kalau sudah terbiasa akan sangat berengaruh sama keuangan kamu. Semoga bermanfaat!

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: