Jangan Terus Merasa Tidak Berharga, 6 Langkah Sederhana Ini Membuat Kamu Jadi Lebih Bisa Mencintai Diri Sendiri

Saat ngomongin self-love, pasti masih banyak banget yang merasa minder, ngeluh sama kekurangan diri sendiri, bahkan sampai hobi membandingkan diri dengan orang lain. Padahal kebiasaan kayak gini gak bermanfaat buat mengembangkan potensi yang kita miliki, karena cenderung bikin kita lupa buat mencintai diri sendiri. Jika diterusin bisa-bisa kita juga jadi lupa memperlakukan diri kita sendiri dengan baik, karena terlalu fokus sama rasa insecure yang kita miliki. Gak mau begini terus, kan? Yuk, saatnya memperlakukan dirimu dengan lebih baik. Kamu bisa memulainya dengan 6 hal sederhana di bawah ini:

1. Perhatikan Gimana Cara Kamu Memandang Dirimu Sendiri

via pexels

Tahu gak sih, apa yang kamu pikirkan tentang dirimu secara gak sadar itu juga yang membentuk pribadi kamu? Coba perhatikan, bagaimana selama ini kamu memandang diri kamu sendiri? Apa penuh dengan kalimat negatif dan judgmental? Contoh kecilnya kamu sering memandang dirimu tidak berguna atau tidak cantik. Yuk, mulai berhenti berpikiran seperti itu. Coba ubah pola pikir kamu menjadi lebih positif. Misalnya lebih menyemangati diri dan berteman baik dengan dirimu sendiri.

2. Berhenti Terlalu Memikirkan Omongan Orang Lain

Via Freepik

Kita gak bisa menuntut semua orang untuk suka sama kita. Apapun yang kita lakukan pasti akan selalu ada pro dan kontra di dalamnya. So, ngapain ribet terlalu mikirin omongan orang? Kalau kamu terus begini, dirimu gak akan bisa berkembang karena terpengaruh dengan omongan mereka. Ambil kritik yang sekiranya benar-benar bisa membuat kamu lebih baik saja dan sisanya cuek aja!

3. Memaafkan Masa Lalumu

Via Pexels

Ini mungkin salah satu hal yang sulit. Tapi percaya deh, kamu gak bisa terus-terusan hidup dalam masa lalumu. Memaafkan masa lalu dan menjadikannya sebagai pelajaran hidup akan lebih bijak dan membuat hidupmu lebih tenang. Pasti awalnya berat, tapi percayalah bahwa usaha dan waktu akan menyembuhkan lukamu.

4. Terima Segala Kekurangan dan Kelebihanmu

via freepik.com

Selanjutnya latih dirimu untuk berpikiran bahwa setiap orang pasti punya sisi negatif dan positif. Kamu gak salah karena punya kekurangan yang kamu miliki sekarang. Jangan jadikan hal tersebut jadi alasan buat minder, karena terlihat gak sesuai dengan standar yang ada. Tiap orang juga berhak punya standar yang mereka mau, termasuk kamu.

5. Lakukan Hal yang Membuat Kamu Bahagia

Via Pexels

Lakukan apapun yang membuat kamu bahagia. Sesimpel nonton konser, traveling atau makan makanan favorit. Lakukan selagi kamu punya waktu dan bisa, ya? Karena bukan hanya badan saja yang harus sehat, tapi pikiran dan mental kamu juga harus ikutan bahagia.

6. Berikan Afirmasi Positif Setiap Hari

via freepik.com

Terakhir, selalu berikan kalimat positif untuk dirimu. Seperti “Semangat!!! Hari ini akan lebih baik”, atau “Aku berharga dan sama seperti yang lain“. Dengan melakukan hal sederhana tersebut, akan melatih kamu jadi pribadi yang lebih positif.

Jadi gak ada alasan lagi buat kamu untuk gak mencintai dirimu sendiri. Yuk, mulai sekarang coba untuk lebih peduli dan perlakukan dirimu lebih baik lagi. Kalau kita belum mencintai diri sendiri gimana mau mencintai orang lain?

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: