Jangan Sampai Kebanyakan Bukber Bikin Uang Bulanan Jadi Menipis, Atasi Lewat 5 Tips Ini, Yuk!

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah di mana segala amal kebaikan kita dilipatgandakan di bulan ini. Tapi, ngerasa gak sih, di bulan ini juga pengeluaran dana jadi lebih banyak? Entah karena dateng ke acara bukber bareng teman-teman, atau belanja bahan makanan yang harganya jadi dua kali lipat. Tentu kamu gak mau hal ini bikin kantong kosong pas lebaran nanti, kan? Nah, biar gak kejadian kayak gitu, coba terapkan 5 tips ini saja. Keep scrolling, ya.

1. Atur Keuangan Untuk Hari Biasa dan Di Hari Raya

Via Pexels

Seperti yang kita tahu, pas lebaran budget yang kita butuhkan biasanya akan jadi lebih banyak. Akan ada tambahan pengeluaran seperti biaya untuk masak makanan lebaran, THR, atau biaya mudik dan lain-lain. Pisahkan dana ini dengan kebutuhan sehari-hari, ya. Biar gak kecampur dan lebih mudah mengaturnya.

2. Coba Lebih Rajin Masak

Via Pexels

Tips kedua adalah dengan rajin masak buat menu buka dan sahur. Kalau kamu emang udah terbiasa masak di rumah, kamu udah menghemat biaya makan di luar, lho. Belum lagi kalau di bulan puasa kayak gini undangan bukber datang bertubi-tubi. Sekali-kali kenapa gak nyoba ngadain pot luck di rumah aja? Lumayan banget kan, selain lebih hemat dan nambah pahala, kamu jadi bisa nambah skill masak kamu.

3. Cari Pemasukan Tambahan

Via bogasari

Di bulan puasa ini banyak banget bisnis yang bisa dicoba untuk menambah pundi-pundi keuanganmu. Contohnya jualan kue lebaran, bikin parcel yang unik buat bingkisan, atau jualan takjil. Dana yang kamu dapatkan bisa kamu pakai buat biaya sehari-hari atau lebaran nanti.

4. Catat Pengeluaran Sekecil Apapun

Via thebalancecareer

Ini penting, nih. Jangan lupa catat sekecil apapun pengeluaran kamu, ya. Biar kamu tahu mana yang harus kamu kurangi dan mana yang lebih prioritas. Uang sisa harianmu bisa kamu masukan untuk tabungan atau dana cadangan.

5. Jangan Lupa Sedekah dan Zakat

via islamictravel

Di bulan penuh rahmat ini, segala kebaikan yang kita lakukan akan di lipat gandakan, lho. Salah satu caranya adalah dengan memberi sedekah dan zakat. Selain membersihkan harta, dana zakat dan sedekah ini bisa jadi sarana membangun empati di dalam hati. Yuk, masukan dalam skala prioritas.

Itulah 5 tips biar keuangan ketika pas lebaran tetap stabil. Ingat di bulan puasa ini, bulan dimana kita menahan hawa nafsu. Jadi, jangan sampai jadi lapar mata ketika belanja, ya!

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: