Mengingat Masa Lalu Gak Selalu Berarti Buruk, 4 Alasan Ini Bisa Jadi Pembelajaran Buat Kamu

Orang bilang jangan ingat masa lalu tapi lihat lah masa depan. Ungkapan ini ada benernya juga, sih. Tapi sesekali menengok ke belakang sebenarnya juga gak ada salahnya, kok. Ada beberapa alasan dan manfaat kalau kamu mengingat masa lalu, lho. Salah satunya adalah kita jadi bisa belajar dari kesalahan yang pernah diperbuat. Selain itu ada banyak alasan lain yang akan membuat kita jadi lebih positif ketika memikirkan hal-hal di masa lalu. Apa aja? Yuk, simak.

1. Membuat Kita Belajar Dari Kesalahan

via freepik.com

Pengalaman memang pelajaran yang paling berharga. Pernah denger istilah itu? Belajar dari kesalahan masa lalu, bakal ngebuat kita berpikir dua kali sebelum melakukan kesalahan yang sama. Kita jadi tahu bagaimana seharusnya bersikap ketika dihadapi dengan masalah yang sama. Nah, biar gak lupa, coba catat dalam jurnal kesalahan apa yang pernah kita perbuat dan apa yang dilakukan untuk mengatasinya.  Selain bisa jadi “senjata” ketika dihadapkan dengan situasi yang sama, menulis semua kesalahan juga pertanda kalau kita sudah berdamai dengan masa lalu.

2. Meningkatkan Rasa Syukur di Hati

Melarikan Diri Bukan Jawaban, Ini 5 Cara Istirahat dengan Benar Dikala Hidup Membosankan
via freepik.com

Dengan sering melakukan refleksi ke masa lalu, itu akan membuat kita semakin bersyukur. Kenapa? Karena kita jadi ingat bagaimana jatuh bangun yang dialami sehingga bisa sampai seperti sekarang. Segala kejadian dan perjalanan yang dialami, membentuk diri kota hingga hari ini. Tulis setiap harinya satu kalimat hal apa yang kamu syukuri, kamu akan tersadar betapa banyak nikmat yang Tuhan berikan padamu.

3. Memberikan Sudut Pandang Baru

Via Pexels

Sering ngerasa cobaan yang kamu alami berat banget? Entah pekerjaan yang menumpuk, stres, atau bahkan masalah percintaan. Coba deh diam sebentar, dan bandingkan dengan masalah yang pernah kamu alami sebelumnya. Masalah yang dulu aja bisa kamu atasi, kenapa yang sekarang enggak? Semua masalah ini akan berlalu sama seperti masalah kamu di masa lalu. Jadi jangan mudah menyerah, ya.

4. Memunculkan Ide Baru

Via Pexels

Terakhir, melihat refleksi di masa lalu, bisa memberikan kita ide-ide baru. Kita udah tahu hal yang pernah dilakukan. Apa yang cocok dan mana yang enggak. Kita jadi lebih bisa mengeksplor lagi setiap gagasan yang muncul untuk membuat hari-hari kita menjadi lebih baik.

Jadi gak selalu melihat ke belakang itu suatu hal yang buruk, ya. Asal kita tahu gimana mengatasinya dan selalu dijadikan pelajaran berharga. Hal tersebut bisa buat diri kita jadi lebih baik.

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: