Jangan Sampai Gajimu Cuman Numpang Lewat, Coba Atur Lewat 3 Tips Mengatur Keuangan Ini

Mengatur keuangan jadi salah satu hal yang gampang-gampang susah buat dilakukan. Gampang kalau kamu udah terbiasa mengatur keuangan, tapi bisa jadi susah kalau tiba-tiba banyak pengeluaran yang gak terduga. Hmm… paling sering nih, gaji yang didapat terkesan cuma numpang lewat doang, karena habis sama pembayaran ini itu. Hasilnya? Akhir bulan jadi harus ngirit deh, karena dana yang tersedia lagi seret. Duh, bisa bikin kepala pusing. Nah, daripada kamu stres, mungkin 3 tips mengatur keuangan ini bisa membantu mengelola isi dompetmu. Biar di akhir bulan kamu masih punya simpanan uang, dan tentunya gak ngeluarin banyak pengeluaran. Yuk, simak.

1. Selalu Bayar Langsung Tagihan

Via Pexels

Pertama adalah usahakan untuk selalu membayar tagihan lebih dulu. Kayak tagihan listrik, air, atau kartu kredit. Jangan sampai telat, karena biasanya akan ada denda dan biaya penalti tambahan. Keuntungan lainnya, kamu berpeluang mendapatkan promo atau cashback, lho. Bisa jadi lumayan hemat, kan?

2. Buat Pengingat Untuk Membeli Barang yang Selalu Kamu Butuhkan Tiap Bulannya

Via Pexels

Jangan sampai fitur reminder di handphone-mu nganggur begitu saja. Coba catat barang apa saja yang harus kamu beli setiap bulannya, entah itu di notes, atau ditandai di kalender rumah. Hal ini akan berguna untuk meminimalisir kamu membeli barang yang gak dibutuhkan. Jadi ketika belanja nanti, kamu langsung tahu apa yang benar-benar harus dibeli.

3. Siapkan dan Pisahkan Dana Buat Menyenangkan Diri Sendiri

Ribet Mau Patungan Setelah Makan Rame-Rame? Biar Gak Sungkan, Cobain Cara Bayar Ini Yuk, Agar Sama-Sama Enak
via freepik.com

Ingat, gaji yang kamu punya juga boleh dipakai bersenang-senang, lho. Eits… tapi jangan sampai kebablasan juga, ya? Caranya, setelah selesai dengan biaya cicilan sisihkan dana khusus buat kamu pakai untuk menyenangkan diri sendiri. Kayak makan bareng temen, nonton, belanja, atau apapun yang kamu suka. Sedikit tips nih, kalau bisa pakai uang tunai jangan debit apalagi kredit, ya. Biar kamu lebih gampang untuk mengaturnya.

Tips di atas bisa kamu terapkan nih, buat mengatur keuangan kamu. Jangan sampai gaji yang kamu dapatkan cuman numpang lewat aja, ya. Asal tahu cara ngaturnya, kamu tetap bisa buat senang-senang, kok. Semoga bermanfaat!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: