Selain Selalu Nurutin Gaya Hidup, 4 Kebiasaan Ini Harus Dihindari Para Milenial Biar Keuangan Tetap Stabil

Punya uang sendiri emang menyenangkan banget, ya? Apalagi kalau kamu baru aja memasuki dunia kerja. Rasanya bangga campur senang bisa beli apapun pakai uang sendiri. Tapi, tanggung jawabnya juga jadi tambah besar, nih. Kamu jadi harus pintar ngatur keuangan, karena salah sedikit yang ada gaji kamu jadi cuman numpang lewat doang. Duh! Jangan sampai deh. Nah, tanpa disadari ada kebiasaan yang bikin keuangan kamu jadi gak stabil, lho. Misalnya 4 kebiasaan lain yang harus kamu hindari biar terhindar dari masalah keuangan. Apa aja? Yuk, simak.

1. Selalu Nurutin Tuntutan Gaya Hidup

Via Pexels

Kebiasaan ini kayanya sering banget dilakuin sama kaum millenial, nih. Mentang-mentang udah punya uang sendiri, rasanya pingin langsung upgrade gaya hidup. Mulai dari hal-hal kaya beli baju atau handphone mahal karena lagi hype bukan karena lagi butuh. Jadi sering nongkrong di cafe, yang bisa habisin lumayan banyak uang cuman dalam waktu berapa jam. Semua itu dilakukan biasanya bisa karena faktor ingin masuk ke pergaulan tertentu atau ingin merasa diakui. Jangan sampai kaya gitu, ya. Punya gaya hidup sih, boleh, tapi selalu sesuaikan dengan kemampuan kamu dan bukan cuman karena orang lain, ya.

2. Habis Buat Tempat Tinggal

via freshome.com

Kalau kamu termasuk anak perantauan, pemilihan tempat tinggal juga bisa jadi sumber permasalahan keuangan kamu. Kayak memilih kosan atau tempat tinggal dekat kantor demi kenyamanan, walaupun kamu harus rela menghabiskan 30% dari gajimu. Hmm… Sebetulnya pilih tempat tinggal agak jauh dari kantor bisa jadi solusi. Banyak kok, tempat tinggal yang di pinggir kota tapi tetap nyaman. Asalkan dekat dengan akses transportasi umum kayak kereta atau busway, kamu bisa masuk kantor tepat waktu, kok.

3. Kerja Terus, Liburan Terus

1. Memiliki Pengambilan Keputusan yang Baik
via yomeanimoyvos.com

Hayo ngaku, siapa yang sering banget pergi liburan dengan alasan short escape atau buat nyari ide baru? Gak ada yang salah kok, menikmati hasil kerja keras kamu lewat liburan. Tapi, jangan terlalu sering juga, ya. Buat sekali liburan biasanya bisa habisin sektar diatas 2 juta bahkan lebih. Kalau kamu liburan sebulan atau tiga bulan sekali, kebayang kan, kamu habisin berapa banyak? Kalaupun mau nih, kamu bisa memilih liburan ketika ada promo atau ala backpacker. Selain lebih hemat tetap bisa rehat sejenak dari kesibukan, kan?

4. Keseringan Nyicil Barang

Hampir Tak Punya Dana Tersisa Bulan Ini? Selamatkan Keuanganmu dengan 5 Langkah Mudah Ini
via freepik.com (wavebreakmedia)

Kebiasaan yang satu ini masih nyambung sama gaya hidup, nih. Hayo, siapa yang sering nyicil demi punya handphone atau tas keluaran terbaru? Bahkan nih, udah tahu kalau harga barangnya melebihi gaji yang kamu dapat, tapi tetep aja dijabanin. Giliran udah mau jatuh masa tempo, baru deh, kamu pusing sendiri.

5. Males Bikin Asuransi

via ostomy.org

Terakhir adalah males bikin asuransi. Karena merasa masih muda jadi gak berpikir masih belum terlalu butuh asuransi. Padahal asuransi itu penting, bisa asuransi kesehatan atau jiwa. Asuransi bisa jadi andalan kamu kalau belum punya dana darurat. Asuransi bisa membantu dan mempermudah kamu kalau tiba-tiba sakit.

Hayo, siapa nih yang masih suka lakukin kebiasaan diatas? coba mulai dikurangi, ya. Intinya sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan kamu, ya. Biar keuangan kamu tetap stabil dan pengeluaran kamu juga ga membengkak.

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: