Tanpa Disadari 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Postur Tubuh Jadi Jelek, Coba Atasi Dengan Tips Bermanfaat Ini Yuk

Secara gak sadar, banyak banget lho kebiasaan yang dianggap sepele, ternyata bisa ngaruh banget buat postur tubuh kita. Kayak posisi duduk yang gak tegak, atau lihat handphone terlalu lama. Kdgiatan semacam itu kalau terus-terusan di lakuin, bisa bikin postur tubuh jadi kurang bagus dan mengganggu kesehatan otot kita. Duh, jangan sampe kejadian di kita, deh. Makanya, seperti dilansir dari purewow, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sehari-hari biar kita tetap bisa punya postur yang bagus dan tentunya otot yang sehat. Yuk, coba simak tipsnya di bawah ini.

1. Ubah posisi tas setiap waktu

Via Burst by Shopify

Kebayang gak sih, berapa beban yang kamu bawa dari tas yang isinya penuh sama barang-barang seperti buku, handphone, dompet, laptop? Apalagi buat yang suka pakai shoulder bag. Duh, kadang pundak dan bagian belakang rasanya sakit, karena terlalu bawa banyak barang dan ditaruh di satu pundak. Cara mengatasinya, jangan terlalu sering memakai tas di satu sisi, tapi coba gantian dengan pundak satunya. Agar pundakmu gak merasakan beban terus menerus dan membiarkannya istirahat sejenak.

2. Atur jarak dan tubuh dengan laptop

Via freepik

Kedua, tentang jarak mata dan tubuh ketika bermain laptop. Siapa yang sering main laptop sambil tiduran bahkan ditaruh di atas paha. Mulai sekarang coba dikurangi, ya. Soalnya posisi ini akan menyebabkan bagian leher dan pundak jadi sering membungkuk, kaku dan gak bagus buat postur tubuh. Lebih baik taruh laptop di atas meja dan sejajar lurus dengan mata dan pundak. Dengan melakukan hal ini bisa mengurangi gejala back pain juga, lho.

3. Naikan tinggi kursi ketika bekerja

Via twenty20

Buat yang kerjanya sering banget di belakang meja, pasti tau banget rasanya pegal duduk seharian. Seringnya nih, posisi kursi diatur jauh lebih pendek dari meja. Padahal kursi yang lebih pendek, bisa bikin pundak jadi naik ke atas ketika lagi ngetik dan sering bikin kram. Coba deh, naikkan posisi kursi dan pastikan posisi siku 90 derajat ketika kamu sedang mengetik. Ini akan mengurangi rasa sakit pada bahu dan juga bagian tulang ekor.

4. Jangan lupa buat strecthing

Via DNberty / getty image

Terakhir adalah jangan lupa selalu sempatkan untuk strecthing. Kegiatan ini sangat bermanfaat buat mengatasi otot yang tegang dan kram. Biar gak mudah kram dan pegal, sering lakukan strecthing adalah jawabannya. Cukup yang simpel aja kok, kaya miringkan bagian kepala ke arah kanan dan kiri secara bergantian selama kurang lebih 30 detik. Selain bikin leher lebih rileks bisa buat pikiran jadi segar lagi.

Itulah 4 tips yang bisa dilakukan sehari-hari biar postur tubuh tetap terlihat bagus dan terhindar dari sakit otot. Walaupun simpel, tapi kalau dilakukan setiap hari bisa ngaruh banget buat kesehatan kamu, lho. Selamat mencoba. 

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: