Saatnya Mengatur Keuangan, Bikin Pengeluaran Dan Pemasukan Seimbang Dengan 4 Langkah Jurnal Budget Ini

Mengatur keuangan emang susah-susah gampang. Apalagi kalau tiba-tiba ada pengeluaran yang gak terduga, tau-tau kondisi dompet udah menipis aja. Sekarang kamu bisa mengatasinya lewat trik journaling yang dilansir dari Thebudgetdiet, lho. Dengan membuat jurnal budgeting sendiri, diharapkan bisa membantu kita agar lebih terorganisir dengan uang yang kita miliki. Hmm… Penasaran kaya apa? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1.  Buat daftar hiburan murah atau gratis

Via savingdollarandsense

Mau cari hiburan gak perlu mahal karena yang gratisan dan bisa dilakukan di rumah juga banyak. Mulai hari ini coba bikin daftar hiburan gratis versi kamu. Contohnya manjain diri sendiri dengan spa di rumah, nonton DVD, atau kalau butuh ketemu lingkungan baru, ikut daftar di program volunteer. Selain gratis kamu juga jadi banyak punya teman. Terbukti kan, nyari hiburan gak melulu harus mengeluarkan uang?

2. Persiapkan budget khusus untuk hadiah ketika hari besar

Via thebudgetdiet

Kumpul keluarga ketika Lebaran atau Natal emang menyenangkan. Tapi biasanya nih, pengeluaran juga jadi lebih banyak karena harus ngasih THR atau kado buat ponakan. Daripada nanti pas hari H keteteran sendiri, mulai kondisikan dari sekarang, yuk. Alokasikan dana khusus hadiah untuk teman dan saudara, dengan begini kamu jadi mudah menganggarkan uang untuk membeli hadiah yang akan kamu kasih.

3. Buat planning untuk tiap minggu

Via meandmybigidea

Emang sih, kadang sulit buat ngikutin jadwal yang udah kita atur. Tapi gak ada salahnya hal ini tetap dicoba. Coba buat planning untuk seminggu kedepan, seperti jadwal ke dokter, olahraga, menu masak, dan sejenisnya. Setelah semua terorganisir, masukkan anggaran pengeluaran yang akan dipakai untuk masing-masing rencana tersebut. Kalau terus diterapkan, bisa buat hidup lebih disiplin dan hemat juga, lho.

4. Tulis goal mu yang akan dicapai di tahun ini

Via thebudgetdiet

Goal disini bisa berkaitan sama keluarga, finansial, atau dari dirimu sendiri yang ingin dicapai. Misal tentang usaha yang ingin kamu jalani, menjalani pola hidup sehat. Tulis semuanya dan mulai pikirkan apa saja yang kamu butuhkan untuk mencapai goal tersebut. Jika kamu punya tujuan yang jelas, maka niat untuk lebih serius mengatur keuangan pun akan muncul lebih besar di dalam dirimu.

Memang mungkin sulit awalnya, tapi kalau udah terbiasa akan sangat membantu kamu, kok. Semoga bermanfaat, ya!

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: