Kecanduan Sibuk! Hati-Hati Gejala Ini Bisa Muncul Tanpa Disadari, Yuk Perbaiki Sebelum Makin Menjadi

Adakah di antara kamu yang selalu merasa sibuk dan gak punya waktu buat hal lain selain pekerjaan? Bekerja keras memang gak ada salahnya, tapi kalau terus-terusan lupa waktu, kayanya kamu harus mulai hati-hati, nih. Bisa jadi kamu lagi kecanduan sibuk! Kok, bisa? Bisa aja kamu gak sadar karena hal ini sudah terlanjur jadi kebiasaan. Hmm… biar gak makin menjadi, coba lakukan 3 hal dibawah ini, yang mungkin bisa bantu kamu jadi lebih rileks.

1. Tanya dirimu sendiri, apa yang kamu dapatkan dari kegiatan sibukmu

via freepik.com

Coba deh berpikir sejenak, dari semua kegiatan yang kamu lakukan. Apa sih, yang kamu dapatkan atau cari? Kepuasaan atau membuktikan sesuatu buat diri sendiri? Atau jangan-jangan buat menghindari satu hal jadi kamu menyibukan diri. Coba deh dipilah lagi, kira-kira mana nih yang menguntungkan dirimu dan yang tidak. Berpikir seperti ini bisa membantu kamu untuk lebih selektif lagi dalam mengambil kegiatan.

2. Lebih hati-hati dalam menerima sebuah tawaran

Via freepik

Jangan biasakan langsung bilang ‘ya’ terhadap suatu hal, sebelum memikirkannya matang-matang. Misal kalau ada temanmu yang menyuruh sesuatu, coba pikirkan baik-baik sebelum menerima tawarannya. Apakah kamu merasa senang dengan yang dia tawarkan? Atau kamu malah merasa terbebani karena kamu gak suka melakukan hal tersebut. Sebelum memberi jawaban, coba beri waktu sejenak buat memikirkan baik-baik jawaban kamu, ya.

3. Biasakan jangan terlalu sungkan untuk minta tolong orang lain

Via freepik

Iya tahu, saking udah terbiasa dan sibuknya kamu, jadinya melakukan semuanya sendiri. Hey, gak ada salahnya lho, minta bantuan orang lain. Gak akan merugikan diri kamu sendiri juga, kok. Sosialiasi juga buat kamu jadi lebih rileks dan terbuka dalam berpikir.

Sibuk boleh, tapi kalau udah berlebihan sampai susah atur waktu sama yang lain kayanyapada yang perlu diperhatikan lagi deh. Ingat ya, semuanya harus seimbang. Jangan sampai sibuknya kamu, malah jadi masalah untuk dirimu sendiri. 

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: