Jangan Biarkan Uang Mengatur Kita, Ingat 5 Prinsip Mengelola Keuangan Ini Agar Finansialmu Selalu Aman

Sudah memiliki penghasilan sendiri, baik dengan menjadi pekerja maupun berwiraswasta, tentu menjadi simbol kedewasaan dan kemandirian. Kita bisa membeli kebutuhan sendiri tanpa perlu meminta orang tua. Tapi, karena terlalu bersemangat, seakan-akan uang sudah mulai mengatur kehidupan kita, nih. Agar hidup tetap seimbang, selalu ingat prinsip mengelola keuangan ini, ya.

1. Membuat Budget Adalah Langkah Awal Keberhasilan Keuanganmu

via freepik.com (yanalya)

Punya penghasilan sendiri, tapi bingung uangnya habis kemana saja? Sudah saatnya bikin budget, nihDengan mengatur anggarankebutuhan pokokmu tidak akan terganggu karena sudah dialokasikan tersendiri. Kamu juga menjadi lebih tertib soal urusan keuangan, sehingga bisa lebih leluasa merancang target-target tertentu untuk masa depanmu.

2. Sehatkan Rekeningmu Agar Tetap Tangguh Disaat Krisis

via freepik.com (katemangostar)

Kita tidak akan pernah tahu ada kejadian darurat apa yang terjadi bulan ini. Bisa jadi kendaraan rusak, jatuh sakit, gadget tidak bekerja dengan prima, dan kebutuhan mendesak lainnya. Rutin menyisihkan uang setiap bulannya meski sedikit, akan sangat membantu menyelamatkanmu dari keadaan darurat. Jadi, tetap menabung untuk dana darurat meski tidak terlalu banyak, ya.

3. Kayaknya Bulan Ini Sih Gak Belanja Macam-Macam, Duit Pergi Kemana Aja, Nih? Kini, Saatnya Telusuri Track Record Pengeluaranmu

via freepik.com (snowing)

Menulis pengeluaran yang terjadi setiap hari, bisa memberikanmu petunjuk kemana saja uangmu mengalir. Coba ingat dan lihat lagi, ternyata minggu ini terlalu banyak jajan camilan di abang gerobakan, sama beli lipstik yang gak direncanakan sebelumnya.

Nah, dalam seminggu, kamu bisa mengelompokkan kategori pengeluaranmu. Misalnya saja untuk hiburan, makan, dan transportasi. Kalau ada satu jenis pengeluaran yang terlalu banyak menghabiskan biaya, kita bisa mengerem pengeluaran di kategori tersebut minggu depannya. Dengan begini, pengeluaran tetap terkontrol setiap saat, kan?

4. Bawaannya Kepengen Beli Barang? Kelola Rasa Antusiasmu dan Tunggu Keesokan Harinya

via freepik.com (netrun78)

Lihat barang-barang dengan packaging menarik, bawaannya pengen ambil dan bungkus, nih. Eits, tapi tahan dulu ya. Suasana toko, mall, maupun online shop memang mengkondisikan pengunjung untuk beli meski gak berniat sebelumnya.

Redamkan rasa antusiasmu dulu. Buat keputusan dalam 24 jam. Jangan sampai menyesal setelah transfer maupun bayar ke kasir, ya. Mana tahu dengan kesabaran, kita bisa dapetin diskon, atau barang yang lebih bagus di momen promo yang tepat.

5. Sederhanakan Hidup, Cari Barang-Barang dengan Harga yang Tepat

via freepik.com

Membuat hidup jadi lebih simpel ternyata membuat kita jadi berhemat dengan sendirinya. Pengeluaranmu bisa terpangkas dengan sendirinya tanpa perlu merasa tersiksa. Kebiasaan bawa bekal dari rumah, memasak sendiri, hingga menghemat penggunaan listrik. Kalau sudah jadi kebiasaan, tentu nggak akan berat.

Begitu pula saat berbelanja. Pilihlah barang berdasarkan fungsinya dibandingkan dengan kemewahannya. Apalagi jika budget dan penghasilan belum kuat. Kita tetap bisa bergaya dengan karakter sendiri, kok.

Yuk, sama-sama belajar dan memperbaiki kebiasaan agar lebih sejahtera dengan prinsip mengelola keuangan ini. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: