Mau Curhat Jujur Soal Keuangan? Ini 4 Tips Ngobrolin Kondisi Dompetmu Bareng Sahabat Terdekat

Tentu kita punya sahabat dekat yang paham banget gimana karakter kita. Berbeda dengan orang lain, sahabatmu ini mungkin udah memaklumi semua tingkah lakumu. Mau cerita apapun bebas, karena kamu nyaman dan percaya kepadanya. Tapi soal urusan finansial, pernah gak nih curhat sama sahabatmu? Biar gak sungkan, kita tetap bisa meluapkan apapun yang kita rasakan termasuk urusan finansial dengan lakukan cara di bawah ini;

1. Nominal yang Mau Dicurhatin Terkadang Membuat Berpikir Dua Kali. Curhat Gak Ya?

via freepik.com

Lingkungan dan budaya membuat kita berada di sebuah lingkaran pertemanan. Namun, pertemanan ada kalanya terbentuk dari persamaan rasa dan identitas. Saat lagi kesulitan keuangan, rasa-rasanya tabu, nih kalau minta masukan atau bantuan. Takutnya, merusak pertemanan.

Sebaliknya, saat lagi punya uang berlebih dan butuh masukan buat dikembangkan ke mana, kita udah overthinking duluan dicap sombong dan tinggi hati atau gimana.

Dalam hal ini, faktor kepercayaan penting banget, nih. Kamu harus percaya kepadanya begitu juga dia yang juga harus menjaga kepercayaannya kepadamu. Saat butuh bantuan, jaga kepercayaannya dengan menepati apa yang telah menjadi kesepakatan bersama. Komunikasikan dengan cara yang membuat kalian nyaman.

2. Uang Gak Dipetik Dari Pohon. Kalau Diajak Hangout dan Lagi No Budget, Katakan Sejujurnya

via freepik.com

Sebenarnya masih ada uang sih, tapi sudah ada rencana mau digunakan untuk membayar cicilan bulan ini. Kalau nurutin euforianya, kamu akan kelabakan dan bingung bagaimana membayar cicilan nantinya.

Katakan dengan jujur kepada sahabatmu kalau lagi no budget. Jika sama-sama pengertian, kalian tetap bisa nongkrong seru kok, meski berhemat. Menyeruput kopi atau sekoteng di pinggiran misalnya, sudah bikin bahagia. Atau, bisa ditunda dulu jalan-jalannya.

3. Siapkan Dana Entertaint. Gak Akan Bingung Lagi Kalau Butuh Suasana yang Baru Untuk Menyegarkan Pikiran

via freepik.com

Menyisihkan uang untuk hiburan, bukan merupakan sesuatu yang salah asalkan dengan porsi yang pas. So, kalau ada hangout dadakan, nggak akan ribet lagi. Pasalnya, kita juga butuh berinteraksi dan bersosialisasi dengan manusia lainnya.

Mentraktir teman sesekali juga boleh-boleh aja, loh. Selain untuk mempererat hubungan pertemanan, bisa juga sebagai sarana untuk bersyukur saat diberikan kemudahan.

4. Pendapatanmu, Gaya Hidupmu

via freepik.com (tirachadz)

Pendapatan pas-pasan tapi gaya setinggi menara Eiffel, kalau seperti ini membuat hidup sendiri tidak nyaman. Bikin senang, sih. Tapi dampak yang akan dirasakan belakangan. Dengan cara yang tepat, kita juga bisa nih tetap bergaya dengan pendapatan minimalis. Kamu bisa jadi influencer positif untuk mengajak teman-temanmu bergaya hidup apa adanya.

Dengan cara yang tepat, curhat jujur soal keuangan tentu bukan jadi hal yang tabu lagi. Jadi ingat pepatah,” Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu wangi”. Jika ada rasa saling percaya, pertemanan bisa menjadi persaudaraan, bukan?

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: