Tetap Konsentrasi Saat Ngantuk Berat, 7 Aktivitas Ini Bisa Membuat Semangat dan Pikiranmu Segar Kembali

Mengantuk menjadi hal yang sulit untuk dikendalikan saat bekerja. Apalagi kalau ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat, ditambah efek begadang semalam, sukses bikin mata berat, deh. Supaya balik melek dan fresh, kamu bisa mencoba beberapa aktivitas seru ini, loh. Dijamin bakal balikin fokusmu lagi.

1. Biar Gak Terlanjur Merem, Cuci Muka Dulu, Gih

via freepik.com (torwaiphoto)

Saat sekolah dulu, pernah ditegur bapak atau ibu guru di kelas karena mengantuk? Biasanya, setelah itu kita diminta pergi keluar untuk cuci muka. Air yang membasahi kulit wajah akan membuatmu segar karena kulit merasakan sensasi dingin yang membuat konsentrasi kembali terjaga.

2. Tinggalkan Dulu Pekerjaanmu Selama Beberapa Menit, Lakukan Kegiatan Lain yang Menarik

via freepik.com (rawpixel)

Kalau kepala udah pening banget, tinggalkan sementara pekerjaanmu dan lakukan hal lain yang menarik. Misalnya saja sekedar corat-coret di kertas dan pergi bikin kopi sebentar ke pantry.

3. Jalan-Jalan Keliling Kantor Sambil ‘Say Hi’ Rekan Kerja

via freepik.com

Ngantuk? Saatnya bergerak, nih. Bisa jalan-jalan keliling kantor, menyapa dan mengakrabkan diri dengan rekan kerja departemen lain. Saat komunikasi sudah terjalin dengan baik dan akrab, jika suatu saat nanti membutuhkan kerja sama, tentu gak akan sulit lagi, deh.

4. Ngemil Bentar Biar Gak Ngantuk Lagi, Boleh Kok

via freepik.com (yanalya)

Sediakan camilan sehat, permen, dan cokelat di laci mejamu. Kalau suatu saat ngantuk dan bosan, bisa ngemil sambil ngerjain kerjaan, nih.

5. Bangunkan dengan Aroma Wangi yang Menyenangkan

via freepik.com

Selain untuk meredam aroma tidak enak, wewangian juga bisa ‘membangunkan’ konsentrasimu saat mengantuk. Memasang pengharum ruangan otomatis langsung semprot dalam durasi waktu tertentu bisa menghentakkan pikiranmu saat ngantuk berat.

6. Lakukan Stretching Ringan Supaya Rileks

via freepik.com (yanalya)

Tidak hanya karena tidur, ngantuk juga bisa disebabkan rasa bosan karena pekerjaan yang monoton, atau pikiran yang sedang penat-penatnya. Yuk, bikin badan lebih enakan dengan melakukan gerakan sederhana yang masih bisa dilakukan di sekitar mejamu. Simpel, kok.

7. Tarik Nafas Dalam-Dalam dan Hembuskan Biar Tetap Konsentrasi Saat Ngantuk Berat Susah Banget Buat Dilawan

via freepik.com (freepic.diller)

Saat sedang mengantuk, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Beri tubuh waktu untuk beristirahat sejenak. Saat oksigen dalam tubuh cukup dan mengalir dengan lancar, pikiran menjadi segar kembali, loh.

Sering ngantukan? Gak lagi-lagi, deh. Mau tetap konsentrasi saat ngantuk berat, jadi hal mudah banget untuk dilakukan. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: