Banyak Orang Gak Sadar Kalau 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bikin Dompet Kosong Melompong, Benahi Yuk!

Sering gak sih, merasa kalau pengeluaran jadi lebih banyak tanpa disadari? Hmm… Padahal perasaan gak belanja banyak barang, deh. Coba telisik lagi, bisa jadi itu terjadi karena kebiasaan kecil yang kamu lakukan sehari-hari. Keliatannya sih biayanya kecil, tapi karena dilakukan terus menerus, gak kerasa jatuhnya bikin dompet kosong. Kaya 5 kebiasaan di bawah ini, yang mungkin harus kamu kurangi agar keuanganmu kembali stabil.

1. Belanja ketika sedang lapar

Via freepik

Percaya gak percaya, berbelanja dalam kondisi perut lapar, akan bikin ongkos belanjamu jadi lebih banyak, lho. Kamu akan cenderung membeli bahan yang gak kamu butuhkan, karena merasa akan memakannya. Kalau kebiasaan ini terus terjadi, bukan hanya pengeluaran kamu yang akan membludak, tapi juga bahan makanan pun bisa banyak yang tidak terpakai. Jadi biasakan perut sudah terisi dulu, ya!

2. Bayar pakai kartu debit/kredit

via Freepik

Punya kartu kredit atau debit emang menyenangkan. Semua terasa serba mudah, tinggal gesek  langsung selesai bayar. Tapi sering banget nih, gak sadar kita memakainya terus-terusan, lalu tau-tau biaya tagihan membengkak. Coba deh, sesekali bayar menggunakan uang tunai. Kenapa? Karena kalau membayar memakai uang tunai kita punya rasa “sayang” pada uang yang kita pakai. Kamu juga jadi lebih gampang mengatur keuangan dan tau batasan berapa pengeluaran yang bisa kamu keluarkan.

3. Memakai game berbayar

Via techradar

Beberapa game yang seru dan populer memang mengharuskan kita untuk langganan berbayar. Itu artinya kita harus menyisihkan uang kita setiap bulan atau minggunya untuk game tersebut. Tapi coba pikir lagi, apa kita akan menghabiskan waktu bermain game setiap hari? Padahal mungkin uang yang kita pakai bisa kita gunakan untuk kebutuhan lain. Biasakan untuk lebih bijak ya, banyak kok permainan yang yang seru tapi gratis.

4. Tidak menjaga pola hidup sehat dan kebersihan

Via freepik

Kurangnya menjaga kesehatan juga bisa jadi kebiasaan yang bikin pengeluaran kamu lebih banyak. Coba bayangkan, kalau kita tidak menjaga pola hidup maka akan berdampak pada kesehatan. Ketika kita mudah sakit maka kita akan mengeluarkan uang lebih untuk pergi ke dokter. Di mana kita tahu bahwa biaya tersebut gak dibilang murah. Jadi usahakan jaga pola hidup sehat ya, lebih baik mencegah kan, daripada mengobati?

5. Tidak membawa tumblr kopi dari rumah

Via pxhere

Buat yang pecinta kopi atau terbiasa beli kopi di pagi hari. Membawa tumblr dari rumah, bisa jadi cara mudah untuk menekan pengeluaran. Kenapa? Seringnya beberapa tempat atau kedai kopi akan memberikan potongan harga jika kita membawa tempat minum sendiri. Jadi, gak ada salahnya mulai sekarang bawa tumblr dari rumah? Selain bisa menghemat juga lebih higienis, lho.

Nah dengan mengurangi 5 kebiasaan kecil diatas, pengeluaran kamu bisa lebih stabil, lho .Memang sih keliatannya cuma kecil tapi kalau terus dilakukan lama-lama biayamu jadi membengkak. Semoga bermanfaat!

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: