Sibuk Seharian Bikin Bingung Mengatur Waktu? Gak Bakalan Lagi Kalau Kamu Menerapkan 5 Cara Ini

Kamu sering bingung mengatur waktu agar semua aktivitasmu berjalan dengan baik? Dalihnya sih, karena 24 jam dalam sehari itu bener-bener gak cukup buat mengakomodir kegiatanmu yang seabreg. Tapi apa benar begitu? Sebelum menyerah dan membiarkan harimu gak beraturan, coba terapkan beberapa tips manajemen waktu di bawah, yuk. Pasti bisa membantu mengatasi masalahmu selama ini.

1. Mulailah Lebih Awal

Via pexels.com

Mungkin saat ini kamu berpikir kalau memulai pekerjaan lebih dini akan menghasilkan sesuatu yang sama saja jika dimulai nanti-nanti. Padahal, perbedaan kinerja yang dihasilkan jika kamu lebih gesit memulai sesuatu itu sangat signifikan, lho. Jadi mulai saat ini hentikanlah kebiasaan menunda-nunda sesuatu. Jika bisa dimulai dari sekarang, kenapa harus nanti?

2. Jauhkan Diri Dari Hal yang Mendistraksi

Via pexels.com

Media sosial adalah hal yang dewasa ini sangat mengganggu fokus seseorang. Ayo ngaku, kamu pasti sering hanya berniat ngecek notifikasi tapi ujung-ujungnya menghabiskan waktu yang gak sebentar buat scrolling Instagram, kan? Itu dia masalahnya, jangan-jangan selama ini kamu merasa kesibukanmu tak ada ujungnya karena memang selalu teralihkan dengan hal yang kurang penting. Jika kamu ingin lebih produktif, jauhin gadget-mu beberapa saat, deh.

3. Tentukan Jangka Waktu yang Jelas Untuk Menyelesaikan Pekerjaanmu

Via pexels.com

Dengan segudang hal yang harus dikerjakan, hanya duduk membuat to do list yang gak usai-usai akan cukup membuang waktu. Bikin daftar pekerjaan itu boleh-boleh saja, tapi mengerjakannya sampai selesai jauh lebih penting. So, tentukan tenggat waktu yang harus kamu penuhi dalam menyelesaikan semuanya. Misalnya dalam sehari kamu harus mengerjakan tugas kuliah dan memberikan les online. Cobalah untuk menyelesaikan semuanya sebelum jam 5 sore. Dengan begitu, kamu pun bisa beristirahat tanpa stres memikirkan pekerjaan yang belum selesai.

4. Berikan Jeda Antara Satu Tugas dengan Tugas Lainnya

Via pexels.com

Yup! Kamu bakal sangat berterima kasih sama tips yang ini. Soalnya dengan rehat sebentar sebelum memulai pekerjaan yang berbeda, kamu bisa me-restart otakmu dan gak merasa jenuh. Kebayang dong, kalau tubuh dan pikiranmu diforsir terus-terusan? Pasti bakalan capek banget, kan? Makanya, ambilah waktu untuk bersantai sejenak, baru mulai beraktivitas lagi. Tapi jangan sampai kebablasan, ya.

5. Optimalkan Saat-Saat Menunggu

Via pexels.com

Hmmm… Menunggu adalah aktivitas yang dibenci banyak orang. Meski sekarang kita bisa menunggu sambil main sosmed, tapi tetap saja itu bikin kita gak produktif. Nah, gak ada salahnya menjadikan saat-saat menunggu jadi lebih bermakna dengan melakukan sesuatu yang produktif. Contohnya menulis ide proyek yang sedang kamu kembangkan, atau sekedar menelfon anggota keluarga jauh yang sudah lama gak berhubungan.

Sibuk bekerja seharian bukan berarti harus bikin kamu kelimpungan. Buat apa harimu full tapi kamu sendiri kewalahan, kan? Untuk itu jangan lupa aplikasikan beberapa tips di atas, ya! Selamat mencoba.

29 Shares
Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: