Melarikan Diri Bukan Jawaban, Ini 5 Cara Istirahat dengan Benar Dikala Hidup Mulai Membosankan

Kamu yang termasuk ke dalam generasi millenial, tumbuh dibesarkan oleh cepatnya komunikasi dan majunya teknologi. Hal ini tanpa sadar bikin kamu jadi memiliki hasrat yang lebih untuk eksis di hadapan orang lain, senang membanding-bandingkan, dan cepat bosan. Nah, saat hidup mulai membosankan, melarikan diri bukan cara yang tepat untuk menyelesaikannya, lho. Yuk, beri waktu untuk diri sendiri beristirahat dengan cara ini;

1. Terlalu Banyak Keinginan, Kini Saatnya Membuat Hidupmu Jadi Lebih Simpel

via freepik.com (freepic.diller)

Saat kuliah, sebagian dari kita tentu ingin ikut banyak organisasi untuk mengembangkan diri. Namun, hal-hal yang kita inginkan tak jarang hanya dikarenakan hasrat semata. Pada akhirnya, kita merasa lelah karena overload keinginan dan kegiatan. Agar terasa lebih menyenangkan, pilih satu atau beberapa keinginan prioritas yang menjadi minatmu. Jadi lebih fokus juga, kan?

2. Taruh Smartphone-mu Pada Ruangan yang Berbeda

via freepik.com

Bangun tidur gak bisa kalau gak langsung cari handphone? Atau susah tidur nyenyak gara-gara scrolling terus? Apa yang akan kamu lakukan saat smartphone-mu tertinggal di rumah? Ketinggalan gadget kini sama rasanya dengan ketinggalan dompet, ya? Rasa-rasanya hanya satu dua jam saja tidak pegang smartphone jadi merasa ketinggalan update dan berita. Mulai hari ini, letakkan gawaimu agak jauh dari jangkauan. Bisa di ruang televisi atau ruang keluarga. Dengan begini, kamu bisa diet cek notif terus-terusan, nih. Rasain deh, bedanya.

3. Sesekali, Jangan Abadikan Apapun Saat Sedang Beraktivitas

via freepik.com (lunamarina)

Menikmati waktu sendirian dengan makan es krim di kafe, langsung cekrek dan upload di Instagram. Memasak, masih bawa-bawa smartphone. Lari pagi, masih ada handphone tergenggam di tangan buat memotret ujung sepatu. Sesekali, yuk, istirahatkan pikiran dari sibuknya dunia maya. Melakukan aktivitas tanpa perlu mempublikasikannya di sosial media seru banget, lho. Hidup menjadi lebih tenang dan apa adanya.

4. Cek Twitter dan Instagram, Maksimal 1x Dalam Satu Hari. Berani?

via freepik.com (rawpixel)

Habis nge-twit dan unggah foto di Instagram, bawaannya kepengen cek notifikasi. Belum lagi scroll postingan teman-teman dengan feed yang menarik. Nggak kerasa, untuk sekedar scrolling aja kita udah ngabisin waktu satu jam! Hmm, Daripada sibuk main sosmed terus, ada banyak hal yang bisa kita lakukan, nih. Berani coba ngecek sosmed satu hari satu kali?

5. Kesehatan Mental Tetap Terjaga, Hindari Terpancing Emosi Unggahan Sosial Media

via freepik.com (jcomp)

Berita-berita dari sosial media, tak sedikit yang membuat hati terpancing emosi dan jadi panas. Jika belum mampu menguasai diri dengan baik, skip dan hapus berita-berita yang mengganggu. Atau kamu dapat pula unfollow akun yang kurang memberikan manfaat. Jangan sampai, kepala jadi mau meledak karena overload informasi, ya. Dinginkan kepala dan berikan waktu sejenak untuk hati dan pikiran beristirahat.

Mulai hari ini, gak akan ada lagi hidup membosankan karena terlalu tenggelam dalam hiruk pikuk teknologi dan euforia dunia maya. Yu, nikmati hidup untu lebih simpel dan lebih sederhana. Hati menjadi damai, kesehatan mental tetap terjaga!

24 Shares