Hampir Tak Punya Dana Tersisa Bulan Ini? Selamatkan Keuanganmu dengan 5 Langkah Mudah Ini

Memiliki arus keuangan yang lancar memang menjadi dambaan semua orang. Tapi kenapa setelah berbagai macam cara dilakukan, mulai dari berhemat sampai menyisihkan uang sepuluh persen di awal bulan, kok, penghasilan tetap udah mau habis aja? Padahal, bulan ini nggak boros yang gimana-gimana, kok. Sebelum kepalang basah, yuk, selamatkan keuanganmu dengan langkah mudah ini;

1. Jika Belum Dapat Menabung, Seimbangkan Saja Dulu Pendapatan dan Pengeluaran

via freepik.com

Selama ini kita sering mendengar nasihat keuangan untuk menyisihkan sekian persen penghasilan untuk ditabungkan. Namun, sudah beberapa kali mencoba tapi belum berhasil-berhasil juga, nih. Awalnya aman-aman aja menyisihkan uang, tapi pada minggu ketiga akhirnya kita menyerah karena kebutuhan lebih mendesak sampai-sampai besar pasak daripada tiang. Lalu harus bagaimana? Coba terapkan konsep zero budget, yaitu prinsip: Pendapatan – Pengeluaran = 0

Misalnya nih, setelah menghitung total pendapatan dan alokasi pengeluaran, ternyata ada dana tersisa sebesar Rp 500 ribu. Nah, sisa uang tersebut kita sugestikan bukan untuk dana tabungan, melainkan dana untuk kebutuhan lainnya. Dengan begitu, kita bisa menahan diri untuk tidak menggunakan uang tersebut karena akan digunakan. Sampai di sini pendapatan dan pengeluaranmu akan seimbang, plus uang Rp 500 ribumu ini tidak hilang, bahkan bisa dibelikan perhiasan emas untuk dijual saat nanti butuh dana yang mendesak.

2. Untuk Kebutuhan Pokok, Sisihkan Pertama Kali

via freepik.com

Kebutuhan pokok seperti makan, transportasi (bahan bakar, biaya perawatan), pakaian, dan hunian (sewa/kontrak/cicilan KPR) menjadi kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi. That’s why, saat ada diskonjangan gampang tergoda sampai menganggu budget kebutuhan pokokmu. Justru usahakan untuk memberi alokasi lebih untuk kebutuhan pokok untuk jaga-jaga dari kenaikan harga.

3. Pangkas Pengeluaran yang Kurang Perlu

via freepi.com (wavebreakmedia)

Boros banget beli pulsa handphone untuk internetan? Pilih paket internet sesuai penggunaan, bisa pilih paket sosial media, paket youtube, atau paket internet malam. Jika saat ini kamu sibuk banget dan jarang di rumah, langganan TV kabelnya bisa distop dulu, nih. Buat yang masih ngekos, pilih kosan dengan fasilitas all in, seperti wifi, air, dan listrik, biar nggak nambah biaya lain-lainnya lagi. Yang biasanya suka minum air mineral dingin beli di minimaket, bisa bawa dari rumah. Nah, dari memperbaiki kebiasaan sehari-hari saja, bisa bikin kondisi keuangan kita jadi jauh lebih baik.

4. Lakukan Negosiasi Pada Debt Collector

via freepik.com

Punya tunggakan kartu kredit namun benar-benar minim dana? Ditagih pihak collector bank tentu bikin deg-degan, apalagi kalau sudah mulai menghubungi bagian HRD di kantormu. Alih-alih menghindar yang hanya bikin masalah tidak akan selesai, kita bisa melakukan negosiasi dan mengajukan keringanan pada pihak bank. Kamu bisa mengajukan pengaturan jadwal untuk pelunasan atau cara keringanan bayar.

5. Butuh Dana Pinjaman? Pinjam dari teman daripada kredit berbunga

via freepik.com (rawpixel)

Saat membutuhkan uang dalam waktu mendesak, usahakan jangan mengambil pinjaman berbunga karena itu hanya akan menjeratmu. Upayakan dulu meminjam pada keluarga atau saudara terdekat. Sesuaikan juga dengan kemampuanmu membayar setiap bulannya dan jangan lupa untuk berkomitmen melunasinya tepat waktu, agar tidak merusak kepercayaan orang yang telah meminjamkan uang pada mu.

Mulai bulan ini, yuk, belajar menjadi lebih dewasa lagi dengan lebih bijaksana dalam mengelola keuangan. Manfaatkan dana tersisa di rekeningmu baik-baik. Jika memiliki sikap disiplin dalam mengelola uang, hidup akan lebih mudah dan lebih sejahtera.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: