11 Cara Alami Menghilangkan Komedo Agar Wajah Mulus & Sehat Bercahaya

Komedo diwajah memang membuat sebal dan membuat penampilan kurang maksimal. Apalagi kalau kondisi wajah lagi rewel, sering terpapar debu dan kotoran, kadar minyak berlebih yang semakin membuat pori-pori kulit tersumbat. Huh, bawaannya gemes kepengen menghilangkan komedo dalam sekejap, deh.

Banyaknya komedo, terutama di area hidung dan sekitar wajah, membuat kita harus bekerja ekstra dua kali baik saat membersihkannya maupun sebelum memulaskan makeup. Untuk dapat mengatasi komedo dengan tepat, yuk kenali lebih dulu jenis-jenis komedo dan cara membersihkannya agar wajah selalu mulus dan bercahaya:

Blackhead dan Whitehead Itu Beda

11 Cara Alami Menghilangkan Komedo Agar Wajah Mulus dan Sehat Bercahaya
via freepik.com

Komedo muncul disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran, debu, sel kulit mati. Jenisnya sendiri ada dua; whitehead adalah komedo yang tertutupi kulit dengan bentuk benjolan kecil yang berada di bawah permukaan kulit yang berwarna putih. Sementara blackhead merupakan kondisi yang sama, namun dapat lebih jelas terlihat, berwarna gelap dan kehitaman karena terkontaminasi terpapar udara. Saat dibersihkan, blackhead dapat keluar berupa kotoran berwarna kehitaman.

Tak perlu khawatir! Kita bisa membersihkannya dengan cara alami, kok. Jika dilakukan dengan rutin dan tepat, hasilnya gak kalah maksimal dengan perawatan menggunakan skincare yang ada di pasaran. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini;

1. Scrub Kayu Manis + Oatmeal

Kayu manis sih biasanya digunakan sebagai tambahan penyedap. Tapi, kayu manis juga memiliki khasiat untuk wajah. Selain itu, oatmeal yang biasa disantap untuk sarapan bisa digunakan sebagai scrub yang bisa membantu menghilangkan komedo dan sel kulit mati.

Caranya, campurkan 1-2 sendok teh oatmeal dan bubuk kayu manis. Lumerkan dengan sedikit air hangat. Aduk hingga berbentuk pasta atau dengan tekstur menyerupai lulur mandi. Usapkan pada area wajah dengan banyak komedo.

2. Bubuk Kopi + Minyak Kelapa

Bubuk kopi mengandung antioksidan yang dapat mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah lebih cerah. Selain itu, dapat pula membantu mengangkat kelebihan minyak dan kotoran pada wajah. Campurkan sekitar 30 gram bubuk kopi dan 30 ml minyak kelapa.  Usap pada bagian wajah sekitar 3-4 menit. Bilas dengan air.

Jika racikan tersebut masih bersisa, simpan dan tuang ke dalam cetakan es. Masukkan ke dalam freezer. Jika ingin menggunakannya kembali, kamu tinggal mengeluarkannya dari lemari es saja. Praktis, bukan?

3. Rendaman Teh Hijau

via freepik.com

Akhir-akhir ini minuman dan makanan dengan bahan dasar teh hijau lagi booming-boomingnya, nih. Tak hanya untuk konsumsi semata, kandungan teh hijau juga baik untuk menjaga kesegaran kulit.

Seduh teh hijau dengan air panas. Tunggu hingga suhu menghangat, gosok area hidung dan wajah dengan menggunakan daun teh. Setelah itu, usap dan cuci muka dengan menggunakan air seduhan teh. Wajah yang semula penuh debu dan kotoran, bisa jadi segar dan enteng.

4. Perasan Lemon + Air

Minum lemon memang enak saat cuaca lagi panas-panasnya. Sebelum membuat minuman lemon dan melarutkannya dengan gula, ambil sedikit perasan sarinya kurang lebih satu sendok makan, tuang dalam wadah kecil. Campurkan dengan satu sendok makan air, dan sejumput garam. Aduk dengan perlahan. Usapkan dengan lembut pada area dengan banyak jerawat dan komedo.

5. Putih Telur Kocok

Jika kamu mengambil bagian kuning telur saja untuk membuat kue atau menu pastry, jangan langsung buang bagian putih telurnya, ya. Putih telur dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan komedo dan mengangkat kotoran pada wajah.

Ambil 1-2 sendok makan putih telur, kocok hingga lembut dan muncul busa. Setelah itu, kamu dapat mengusapkannya ke area wajah. Jangan lupa bilas dengan air dingin hingga bersih, ya.

6. Air Mawar + Lemon Juice

via freepik.com

Air mawar sering dijadikan bahan campuran untuk peeling dan masker wajah. Selain untuk masker dan peeling, kita bisa membuat racikan untuk menghilangkan komedo buatan sendiri dengan memanfaatkan air mawar dan sedikit lemon juice. Tuang di atas kapas dan tepuk-tepuk dengan lembut di area wajah. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Scrub Madu + Gula

Menghilangkan komedo juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapurmu. Ada madu dan gula di lemari dapur? Bisa dimanfaatkan untuk membuat scrub, nih.

Tidak perlu banyak-banyak, siapkan satu sendok makan gula dan satu sendok makan madu, tuang dalam wadah. Campurkan dengan satu sendok makan air hangat. Jika memilikinya, kamu bisa juga mengganti air hangat dengan perasan lemon.

Aduk hingga merata, butiran-butiran gula akan menyatu dengan madu dan air hangat atau perasan lemon. Scrub pada area hidung, pipi, dan bagian wajah lain dengan banyak komedo. Butiran-butiran kasar gula akan membantu mengangkat kotoran, sementara madu akan membantu melembutkan kulit wajah.

8. Sari Kentang + Air Hangat

Kentang goreng memang enak. Tapi, siapa sangka, ternyata kentang yang sering kita konsumsi dengan cara digoreng dan direbus ini bisa membantu menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah. Siapkan satu buah kentang, parut hingga halus. Peras dan dapatkan sarinya. Untuk mendapatkan lebih banyak sarinya, tambahkan dengan sedikit air hangat.

Oleskan dengan bantuan kapas atau dapat mengusap-usap lembut dengan langsung menggunakan sari kentang. Setelah selesai, jangan lupa bilas hingga bersih, ya.

9. Menghilangkan Komedo dengan Potongan Tomat Segar

Menghilangkan komedo lebih simpel lagi, kita bisa manfaatkan khasiat tomat untuk membantu mengusir komedo. Caranya super simpel. Ambil satu buah tomat, potong menjadi dua bagian. Ambil satu bagian lagi untuk dipotong-potong lagi menjadi lebih kecil. Ambil potongan tomat tersebut, usap ke seluruh permukaan wajah. Rasakan sensasi dingin dan segarnya.

10. Pasta Baking Soda

Jika biasanya baking soda digunakan untuk mengurangi bau tak sedap pada dapur dan bahan pencampur makanan, baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya gampang banget, nih. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan air hangat. Aduk hingga teksturnya seperti pasta.

Oleskan di area T, yaitu area hidung dan sekitar pipi. Diamkan sejenak hingga 5-10 menit. Bilas pelan-pelan dengan air bersih. Lakukan minimal dua minggu sekali dan rasakan perbedaannya.

11. Yoghurt + Oatmeal + Madu

Eits, kali ini kita gak akan membuat semangkuk oats yang bikin kenyang, ya. Melainkan, membuat scrub untuk menghilangkan komedo dengan bahan-bahan sederhana. Siapkan dua sendok makan oats, satu sendok teh madu, dan dua sendok makan yoghurt.

Campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata dan mengental. Oles dan usap pada wajah, terutama pada area yang banyak bermunculan komedo. Gosok hingga area sekitar hidung bersih. Tunggu hingga beberapa menit.

Apakah saat ini banyak komedo yang bermunculan di sekitar area wajahmu? Memencet komedo secara berlebihan dengan melupakan faktor kebersihan justru dapat membuat area sekitar hidung menjadi infeksi. Kita bisa, kok, menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami yang tak kalah ampuh dengan produk skincare. Buktikan dengan mencobanya secara rutin, yuk.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: