Dear Mahasiswa, Kenalan Sama 3 Fakta Reksadana Yuk! Investasi Kekinian yang Bisa Bikin Saldo Bertambah Tiap Bulan

Selamat! Jika saat ini kamu sudah mulai menyisihkan uang untuk ditabung, sekarang waktunya naik kelas agar simpananmu berkembang ke arah yang positif. Caranya? Yuk, sedikit demi sedikit belajar investasi kekinian. Kenapa? Selain karena kalau didiamkan doang, nilai uang tabunganmu bakal tergerus inflasi, tentu kamu juga ingin mulai punya pendapatan pasif, bukan?

Nah, karena itulah anak muda wajib belajar investasi dan melek keuangan. Dari sekian jenis instrumen yang ada seperti emas, properti, atau valuta asing. Ada satu jenis investasi yang cocok banget dengan karakter kita, nih. Yap, reksadana. Seperti apa dan bagaimana? Simak hingga tuntas, ya.

1. Mumpung Masih Muda, Reksadana Jadi Pilihan yang Tepat

via freepik.com

Memang sih, yang namanya investasi itu tidak mengenal usia. Tapi semakin dini kita memulainya, tentu bakal menjadi langkah awal yang bagus untuk kondisi finansial di masa depan. Sekilas informasi, nih. Buat kamu yang baru belajar, reksadana adalah salah satu jenis investasi dengan cara menghimpun dana yang kemudian akan dikelola manager investasi (MI).

Nah, jadi kamu gak perlu ribet menganalisis penempatan uangmu. Soalnya tugas itu sudah dilakukan sama MI yang mewakilimu. Di Indonesia sendiri ada banyak manager investasi handal yang siap mengelola keuangan pemodal. It’s so easy!

2. Besarnya Uang yang Diinvestasikan Ramah di Kantong. Bisa Mulai dari Rp 100 Ribu Saja, yang Setara dengan Budget Hangout-mu

via freepik.com

Berapa sih, budget ngopi bulanan kamu? 100 ribu? 500 ribu? Coba deh, mulai bulan ini sisihkan uangmu Rp 100 ribu aja. Lebih banyak, bakalan lebih baik lagi. Jangan lupa sebelumnya tetapkan impian jangka pendekmu, apakah kamu sedang berencana membeli laptop atau kamera dengan spek kece misalnya?

Dari situ tentukan target waktu investasimu buat mencapai keinginan tersebut. Terakhir buka rekening reksadana, kamu bisa memilih jenis reksadana pasar uang, atau obligasi yang risikonya relatif lebih minim. Pantau terus perkembangan nilai uangmu. Uang 100 ribu jatah hangout bulananmu dalam beberapa lama akan bisa kamu gunakan untuk membeli barang yang diinginkan.

3. Serba Mudah, Anti Ribet. Dapat Dilakukan Secara Online

via freepik.com

Tak perlu repot-repot antri ke bank dan menunggu lama banget sampai bosan. Marketplace reksadana online siap memenuhi kebutuhan investasimu. Diantaranya adalah Bareksa dan Ipotfund. Bahkan, kalau kamu doyan belanja online, Bukalapak dan Tokopedia punya fitur reksadana yang menarik. Bukalapak memiliki Bukareksa yang bisa memulai investasi mulai dari Rp 10 ribu. Tentu nggak seberapa, kan, dibandingkan ongkir online-nan mu. Kalau Tokopedia, punya Tokopedia Reksadana yang cara daftarnya juga nggak kalah gampang.

Sebelum menyesal belakangan, yuk kelola rejeki yang kita dapatkan dengan baik-baik. Sisihkan pendapatanmu untuk tabungan sebagai dana cadangan dan investasikan sebagian lainnya untuk reksadana. Anak kekinian smart wajib coba, nih.

7 Shares
Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: