Status Anak Rantau dengan Budget Minim Bukan Halangan Buat Menikmati 5 Gaya Hidup Kekinian Ini

Menjadi anak rantau yang jauh dari keluarga demi karir impian, tentu punya banyak tantangan dalam hal mengelola keuangan. Apalagi jika saat ini kamu masih berada di masa training dan belum mendapatkan promosi dengan posisi karir yang mapan. Kamu harus pintar-pintar mengatur pengeluaran biar bisa selamat sampai akhir bulan. Tenang, memiliki pendapatan terbatas bukan berarti kamu gak bisa hidup dengan life style kekinian. Asal tahu beberapa cara yang tepat, kamu bisa mengakali budget minim buat hidup memadai, lho.

1. Gak Ketinggalan Sama Film Terkini dengan Bikin Budget Bulanan Dulu

via freepik.com

Setelah memasukkan pengeluaran wajib seperti makan, transportasi, angsuran, tabungan, dana cadangan, dan sewa tempat tinggal, pastikan berapa nominal uang yang tersisa. Nah, nominal uang yang tersisa ini bisa kamu gunakan untuk keperluan entertaint atau hiburan. Kamu masih tetap bisa nonton bioskop atau ngopi di kafe di akhir bulan, kok.

2. Pengen Melepas Penat di Pulau Impian? Pilih Hunian yang Nyaman, Bukan Mewah

via freepik.com

Budget sewa atau ngontrak atau ngekos bisa menghabiskan hingga 30% dari pendapatanmu. Sesuaikan dengan gaji atau pendapatan, pilih hunian yang ramah di kantong. Hunian yang mewah, namun tidak sempat menikmati fasilitasnya dengan maksimal karena jam kerja yang panjang, tentu akan percuma. Pilih hunian dengan harga yang sesuai dengan suasana yang nyaman tentu akan menghemat banyak. Nah, sisa dari uang sewa atau kos, bisa ditabung untuk liburan di akhir tahun nanti, bukan?

3. Rutin Beli Kosmetik Teranyar Juga Bisa dengan Siasat Ini

via freepik.com

Kebutuhan bulanan seperti toiletries, tisu, makanan, dan kebutuhan dapur lainnya memang harus diatur dengan cermat agar tidak membuat rekening tabungan ludes. Di supermarket, manfaatkan aja promo, seperti buy 1 get 1 free yang jika dihitung-hitung akan menghemat separuh harga. Nah, budget sisa dari belanja bulanan, bisa untuk membeli kosmetik atau underwear baru.

4. Bikin Hobi Ngopi-mu Jadi Alat Berhemat Sekaligus Peluang Bisnis

via freepik.com

Mungkin ada sebagian dari kamu yang setiap hari butuh kopi untuk teman melakukan aktivitas. Kayaknya sekarang udah saatnya bikin sendiri minuman favorit ini di rumah, nih. Jika biasanya kamu pesan satu cup kopi setiap hari, kini coba kurangi frekuensinya menjadi dua kali seminggu. Saat nggak ngopi, tetap simpan uangmu. Setelah satu bulan, kamu bisa membeli satu per satu perlengkapan kopi yang sederhana sampai gak terasa kamu mampu membeli mesin kopi yang mahal. Memiliki mesin pembuat kopi yang lengkap, tentu akan jauh lebih menguntungkan, bukan?

5. Makan Fancy Instagramable Gak Cuma Awal Bulan Pakai Trik Ini

via freepik.com

Kalau kamu sering main sosial media, pasti kamu nggak akan asing deh, dengan kafe-kafe baru yang terus bermunculan dan lagi gencar-gencarnya promo. Kamu bisa follow akun food blogger lokal di kotamu, atau follow kafe-kafe yang recommended. Tak sedikit dari kafe baru yang ngasih promo harga yang kena banget, bahkan makan gratis untuk sekian pengunjung pertama. Atau, kamu juga bisa bantu promosikan usaha mereka, nih, bisa jadi dapet voucher atau kupon, kan?

Selagi masih bisa, yuk cermat dalam mengelola keuangan mulai sekarang juga. Asalkan cara mengatur pengeluaran yang kamu lakukan tetap, kamu masih tetap bisa bergembira ria meski budget minim, nih. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: