Atasi Kecemasan Menghadapi Tahun Baru dengan 6 Ritual Sederhana Sekaligus Produktif Ini

Kita pasti pernah merasakan situasi di saat lagi banyak banget tugas yang harus dilakukan, kita malah gak tau harus mulai darimana. Ujung-ujungnya malah melakukan kegiatan yang kurang penting dan mengabaikan tugas yang sesungguhnya. Alhasil jadi capek, lelah, dan stres karena kurang bisa membagi waktu. Menghadapi tahun baru juga begitu, nih. Bukannya senang karena berhasil melalui berbagai hal di 2018, kamu malah ngerasa cemas sama target-target di tahun mendatang. Tenang, kamu gak sendirian kok, ngerasain hal ini. Untuk mengatasinya, coba lakukan 6 hal simpel tapi bermanfaat ini, yuk!

1. Membuat Planning

Via pexels.com

Membuat jadwal atau rencana dalam hidup ternyata bisa sangat membantu. Hal ini akan membantu kita untuk selalu fokus menjalankan apa yang memang harus kita lakukan. Selain itu akan membuat kita lebih konsisten, karena kita akan menyelesaikan jadwal yang sudah kita tulis. Sehingga kegiatan pun akan jadi lebih rapi dan bisa diselesaikan tepat waktu.

2. Menjauh sejenak dari sosial media

Via pexels

Salah satu faktor yang membuat kita merasa lelah karena pekerjaan yang menumpuk dan tidak beres adalah keseringan bermain sosial media. Terkadang kegiatan ini jadi alasan kita untuk rehat sejenak dari aktifitas dan merasakan me time. Sesekali boleh, tapi kalau sering dilakukan sudah bukan termasuk lagi me time tapi wasting time. Coba deh pikirkan, berapa lama waktu yang kamu habiskan hanya untuk bermain sosial media? Padahal waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk hal lain yang lebih produktif.

3. Jangan diforsir, Istirahat dan lakukan me time.

Via hpymca.org

Tahu kok, kegiatan yang menumpuk plus waktu yang kurang bikin kepala kamu serasa mau pecah. Meskipun udah di rencanakan sesuai jadwal. Ingat jangan diforsir, tubuhmu juga berhak istirahat. Lakukan apapun yang membuat tubuhmu lebih tenang, seperti meditasi atau sekedar membaca buku favorit. Hal ini akan membuat pikiran dan badanmu lebih segar dan siap untuk melanjutkan pekerjaanmu.

4. Mulai kerjakan dari hal yang kecil

Via pexels.com

Bicara sih gampang, tapi pelaksanaannya yang kadang susah. Apalagi ketika suasana hati dan pikiran lagi gak karuan, rasanya semua kegiatan berasa berat. Jangan terlalu menuruti kata hatimu, yuk. Mulai laksanakan tugasmu, bisa dimulai dari yang paling ringan. Biasanya kalau sudah dilakukan kamu akan kembali menemukan ritme kerjamu.

5. Coba buat daftar kesuksesan kamu

via freepik.com

Kalau udah mulai gak semangat dan kerjaan numpuk, pikiran kita mulai dikuasai sama pikiran negatif. Entah pikiran pekerjaan kita gak akan bisa selesai tepat waktu, merasa bersalah sama diri sendiri dan pikiran jelek lainnya. Salah satu cara mengatasinya, adalah dengan menulis hal-hal yang udah kamu capai dalam setahun ini. Hal ini akan membuat kamu lebih bersyukur dan berpikir bahwa keadaan yang kamu hadapi gak ada apa-apanya dengan keberhasilan yang udah kamu raih. Tentunya perasaan positif kamu juga akan kembali.

6. Jangan gengsi buat minta bantuan

via @Ijeab / Freepik

Kalau kamu udah merasa lelah dan gak mungkin melakukan tugas kamu sendirian, gak ada salahnya untuk meminta bantuan pada orang terdekat. Kegiatan yang dilakukan bersama akan terasa lebih ringan, selain itu dukungan dari orang sekitar juga akan membuat kita lebih bahagia, lho.

Itu dia 6 hal simpel yang bisa kamu lakukan, kalau kamu sudah merasa kurang semangat atau produktif menjalani hari. Ingat, wajar ko kita mengalami hal tersebut. Tapi jangan sampai keterusan, ya. Waktunya move on dan hadapi hari baru kamu!

2 Shares
swastikahani

you can find me on ig: swastikahani