Selain Boros, 7 Kebiasaan Jelek Soal Uang Ini Sering Dilakukan Sama Generasi Milenial. Apa Kamu Salah Satunya?

Sering gak sih, kamu ngerasa kalau pemasukan sama pengeluaran uang gak seimbang? Biasanya nih, akhir bulan belum datang, eh uang gajian udah mau habis aja. Mungkin tanpa disadari, kamu punya kebiasaan jelek tentang mengurus keuanganmu, tuh. Coba deh, cek di antara 7 kebiasaan jelek soal uang ini, apa kamu pernah melakukannya?

1. Gak buat budgeting

via pexels

Sepele sih, tapi sebetulnya ini penting, lho. Jika kamu gak pernah buat perencanaan tentang pengeluaran dan pemasukan uang kamu, bisa jadi kamu akan selalu lupa uangmu habis buat dibeliin apa aja. Alhasil gak sadar deh, saat saldo sudah mepet batas minimum.

2. Kalap pakai credit card

Via pexels

Kartu sakti mini ini emang bikin ketagihan kalau gak pintar-pintar mengelola, ya. Lihat ada sale, promo di mana-mana, gak perlu bawa banyak uang cash, tinggal gesek aja. Eh, tanpa disadari tagihan jadi makin menggunung. Duh, usahakan buat selalu kontrol diri, ya. Coba lebih dibiasakan membawa uang tunai dan simpan kartu kreditmu, hal ini bisa membantu, lho.

3. Salah Prioritas

Via pexels

Ingat, kebutuhan sama keinginan adalah dua hal yang berbeda. Kamu harus pintar menentukan prioritas. Jangan sampai kamu lebih milih beli skincare atau baju mahal, padahal kamu lagi butuh laptop baru buat kerja, duh!

4. Gaya hidup tinggi tapi gak lihat kemampuan diri

Via pexels

Ini hal yang paling sering dialami sama generasi millenial. Biasanya hal ini dipicu karena ingin masuk ke group tertentu atau ingin terlihat hits di sosial media. Bergaul sih boleh aja, tapi inget untuk selalu disesuaikan sama kemampuan diri kamu. Jangan sampai hanya demi status sosial, kamu rela menderita. Tampil apa adanya gak salah, kok!

5. Sering berhutang

Via pexels.com

Awalnya pinjem uang sedikit ke teman, eh lama-lama jadi kebiasaan. Selain bukan solusi, kamu juga jadi gak punya tanggung jawab. Selain itu efek berhutang juga biasanya akan berdampak jangka panjang. Malu dong, masih muda tapi udah punya utang di mana-man.

6. Nabung cuma jadi wacana

Via pexels

Niatnya sih mau nabung, tapi ujung-ujungnya uangnya kepakai juga. Padahal nabung penting banget buat masa depan sama keadaan darurat. Kalau kamu bingung harus mulai darimana, kamu bisa mulai dari sisihkan 20 ribu sehari dari uang gajian atau jajanmu. Lihat deh, kamu pasti bakal terkejut sama hasilnya.

7. Gak punya planning

Via pexels

Uang habis cuman buat gaya hidup sama foya-foya, tapi sama sekali gak punya tujuan keuangan yang jelas buat kedepan. Mending dari bikin goal kira-kira kamu ngumpulin uang buat apa. Misal buat biaya nikah atau dalam lima tahun kamu udah bisa beli mobil baru.

Hayo, kira-kira dari 7 kebiasaan jelek di atas kamu udah ngelakuin yang mana? Selalu diinget ya, tetap bijak dalam menggunakan uang dan nabung jadi hal yang paling penting, buat masa depan kamu juga kok. Ayo mulai benahi sistem keuangan kamu!

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: