Sering Diabaikan, Kamu Wajib Tahu 8 Arti Simbol Yang Selalu Ada Di Setiap Kemasan Makeup Ini

Kalau kita beli makeup, coba deh perhatikan bagian belakang kemasannya. Biasanya akan ada simbol kecil, yang berfungsi untuk memberi informasi tentang kosmetik yang kita pakai. Tapi, kebanyakan dari kita masih banyak yang mengabaikannya, nih. Biasanya sih, karena kurang mengerti arti simbol-simbol tersebut. Padahal, maknanya sangat penting dan berpengaruh sama kualitas makeup yang kamu beli, lho. Daripada bingung, simak beberapa arti simbol yang biasanya ada dalam kemasan kosmetik di pasaran ini, yuk.

1. Period After Opening (PAO)

Via Berezka_Klo/ Shutterstock

Kalau kita teliti, simbol ini sering banget muncul di bungkus makeup yang kita beli. Penasaran gak artinya apa? Ternyata fungsi simbol ini adalah untuk memberitahukan seberapa lama produk tersebut bisa dipakai setelah dibuka. Perlu diingat gak semua makeup aman dipakai untuk jangka panjang setelah kemasannya terbuka. Jadi biasakan ikuti anjuran sesuai yang tertera dalam produk tersebut, ya. Jangan karena sekilas masih terlihat bagus atau sayang dibuang karena masih banyak, kamu tetap memakainya. Untuk kesehatan wajah kamu juga, kok!

2. Leaping Bunny

Via Leaping Bunny Program

Seperti yang kita tahu, sebagian makeup akan menggunakan binatang sebagai alat uji mereka dalam mengembangkan produk yang mereka punya. Hmm… kebayang gak sih, hewan-hewan ini menjadi media uji coba makeup yang kita pakai? Sedih banget ya, rasanya? Nah, kalau kamu menemukan simbol kelinci ini artinya produk yang kamu pakai bebas dari animal testing. Jadi pembuatannya tidak melukai binatang apapun. Yeay!

3. Mobius

Via 90miles/ Shutterstock

Mungkin ini salah satu simbol yang paling familiar di hidup kita, ya? Betul banget, ini menandakan kalau packaging makeup yang kamu pakai bisa di-recycle. Biasanya untuk membantu mengurangi penggunaan plastik dan melindungi lingkungan kita juga, nih.

4. Ecocert

Via Ecocert

Banyak produk yang mengklaim kalau barangnya merupakan barang organik. Hal ini biasanya ditandai dengan simbol ecocert di atas. Kalau ada kata “organic“, artinya bahan yang digunakan memakai 95 persen tumbuh-tumbuhan organik. Tapi kalau ada kata “natural” artinya hanya 50% saja menggunakan tumbuh-tumbuhan organik.

5. Hourglass

Via Wikimedia Commons

Simbol jam pasir yang unik ini, memiliki arti bahwa produk hanya bisa dipakai dalam kurung waktu kurang dari 30 bulan. Simbol ini juga biasanya disertai dengan tanggal kadaluarsa. Jadi paham, kan?

6. Leaflet

Via Standar Studio/ Shutterstock

Ini biasanya didapatkan saat membeli kosmetik yang bundling sama selebarannya, nih. Di dalam pamflet tersebut akan tercantum berbagai informasi tentang kandungan yang ada dalam produk kosmetik yang kita beli tersebut.

7. Flame

Via Lybimvavektor / Shutterstock

Kalau ini pasti kebanyakan udah tau artinya, ya? Yap! artinya produk yang mempunyai simbol ini mudah terbakar. Sebaiknya hindari penyimpanan di suhu ruangan yang tinggi. Biasanya produk yang menggandung alkohol tinggi mempunyai simbol ini.

8. E-mark

Via Victorija Reuta/ Shutterstock

Untuk mendapatkan simbol ini, jumlah produk dalam satu produksi tak boleh kurang dari jumlah yang tertera di label. Ini merupakan simbol dari Europe requirements. Intinya, kamu cuma dapat apa yang kamu bayar.

Itulah arti 8 simbol yang biasa terdapat dalam produk makeup yang kita beli. Jangan asal pakai aja, ya. Penting banget buat kita buat tahu simbol tersebut, apalagi ini bisa menyangkut kesehatan kita juga. Jadi jangan bingung lagi, ya!

swastikahani

you can find me on ig: swastikahani

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: