Udah Bukan Waktunya Lagi Habisin Uang Cuma Buat Hura-Hura, Coba Terapin 3 Prinsip Keuangan Ini Yuk Biar Hidup Gak Keteteran

Salah satu masalah yang sering hadir tanpa disadari saat masih muda, adalah problem finansial. Biasanya hal ini terjadi karena masih ada pengeluaran yang gak perlu tapi masih sering kamu lakuin, girls. Salah satunya misalnya ‘biaya pertemanan’. Ada pepatah yang bilang kalau pertemanan itu mahal. Entah mahal buat patungan beli kado nikahan, traktiran, bahkan untuk sekedar nongkrong di cafe. Kalau kaya gini terus, secara gak sadar kita jadi lupa tentang mengelola keuangan, nih. Coba deh, mulai sekarang kamu terapin 3 prinsip keuangan ini, biar bisa nabung dan gak keteteran lagi.

1. Fokus sama goals yang akan ingin dicapai

Via pexels

Fokus! Adalah hal yang penting tapi susah-susah gampang buat dijalanin. Salah satu cara agar bisa tercapainya goals kamu adalah jangan dengarkan apa kata orang tentang dirimu. Apalagi kalau ada orang yang nyinyir kamu tentang uang yang selama ini kamu pakai. Ingat, yang tahu keadaan keuangan sebenarnya cuman kamu. Kamu punya andil besar untuk menggunakan uang tersebut menurut pandangan kamu. Jadi jangan sampai komentar orang jadi mempengaruhi kamu ya!

2. Berani bilang gak, buat sesuatu yang menurut kamu kurang penting

Via freepik

“Cuman nongkrong di cafe aja kok, masa gak bisa?” Sering denger kata ini? Kayanya udah jadi makanan sehari-hari, ya? Mau nolak rasanya gak enak banget. Tapi coba bayangin gimana jadinya kalau kamu terus-terusan mengiyakan ajakan seperti itu? Uang yang tadinya bisa ditabung, akhirnya menguap dipakai buat nongkrong atau datang ke acara yang sebetulnya bisa dilakukan di lain hari. Berani bilang gak atau menolak jadi salah salah satu cara biar keuangan kamu tetal stabil, lho. Coba pilah mana kegiatan yang saat itu cocok sama keuangan kamu. Jangan dipaksakan ya, kalau emang keuangan kamu lagi menipis. Meskipun tujuannya untuk membahagiakan orang lain.

3. Ingatkan pada diri sendiri mana hal yang lebih penting

Via pexels

Udah gak mentingin orang lain dan berani bilang enggak dengan sesuatu yang bikin kamu gak nyaman? Hebat! Sekarang waktunya menentukan prioritas kamu. Ingat gunakan uang untuk prioritas terlebih dahulu seperti bayar cicilan atau biaya rumah. Sisanya bisa kamu gunakan untuk tabungan atau uang jajan kamu.

Dengan menerapkan 3 prinsip keuangan tersebut kamu jadi bisa lebih mengatur keuangan agar lebih stabil. Ingat ya, girls, utamakan kebutuhan bukan keinginan dan jangan lupa nabung karena hal tersebut penting banget buat masa depan kamu.

10 Shares
swastikahani

you can find me on ig: swastikahani