Hemat Waktu, Hemat Biaya! 4 Resep Simpel yang Cocok buat Anak Kos agar Bisa Bertahan Sampai Tanggal Tua

Buat anak kos, salah satu pengeluaran bulanan yang paling menguras adalah anggaran makan. Entah tiba-tiba kelaperan malam-malam lalu pesan makan online, beli jajanan imut di foodcourt mall, hingga tergoda makanan abang gerobak yang lewat depan kosan.

Meski tak terasa, ternyata kebiasaan semacam itu membuat jatah bulanan habis sebelum waktunya. Supaya lebih hemat namun tetap sehat, buat makanan sendiri dengan resep sederhana ini;

1. Alpukat Telur

via popsugar.com

Makan telur dengan cara direbus atau digoreng untuk teman makan sih udah biasa. Namun dengan resep alpukat telur ini, kamu bisa mendapatkan gizi dari buah dan telur sekaligus dalam sekali lahap.

Bahan-bahannya sangat ekonomis dan pas di kantong, kok. Apalagi kalau kamu membeli alpukat di pasar tradisional. Bisa untuk bekal, yuk intip resepnya;

Alat dan Bahan

1 buah alpukat

2 butir telur

Lada bubuk

Garam

Cara Pembuatan

1. Belah alpukat menjadi dua bagian.

2. Pecah telur dan tuang ke dalam alpukat yang telah dipotong.

3. Taburkan bumbu seperti lada bubuk dan garam sesuai selera.

4. Panaskan dalam oven. Jika tidak ada oven, masukkan ke dalam magic com, tumpangkan di atas angsang saat memasak nasi.

5. Bisa untuk 2 orang, loh.

Original source: PopSugar 

2. Roti Tawar Pisang Selai Kacang

via hercampus.com

Sering dijadikan pilihan buat kamu yang kerja atau kuliah pagi-pagi, makan roti tawar nggak melulu pakai margarin dan meses cokelat, lho. Bisa juga diselipkan sedikit unsur buah-buahan supaya nutrisi tetap terjaga.

Alat dan bahan

Roti tawar pandan atau cokelat (sesuai selera)

Selai kacang

1/2 buah pisang (atau buah kesukaanmu)

Toaster (optional)

Cara Pembuatan

1. Oles selai kacang di atas roti, letakkan irisan buah pisang.

2. Tutup kembali dengan roti tawar (masukkan toaster)

3. Jika tidak ada toaster, dimakan biasa saja dan dijadikan bekal sudah enak, kok. Bisa juga menambahkan madu jika menyukainya.

Original source: HerCampus

3. Lebih Hemat, Bikin Dessert Ala Kafe ‘Chocolate Overnight Oats’ Ini. Bahan-Bahannya Bisa Patungan Sama Temen Sebelah Kamar

via popsugar.com

Alat dan bahan

30 gr oats

40 ml susu kedelai (bisa juga menggunakan susu rendah lemak)

1 sdt maple syrup

1/2 sdt cokelat bubuk

1/4 sdt bubuk protein (optional)

1 sdm buah berry kering

1/2 sdm choco chips

Cara Pembuatan

1. Campur susu, oats, cokelat bubuk, bubuk protein (optional), maple syrup ke dalam wadah.

2. Setelah tercampur merata, tuang ke dalam toples/cangkir.

3. Masukkan ke dalam freezer.

4. Taburi dengan choco chips, marshmallow, atau buah-buahan kering sesuai selera.

Original source: PopSugar

4. Anak Kosan Saturday Night Gak Punya Agenda Mau Ke Mana? Main Ke Rumah Temen dan Bikin ‘Denver Omelette Egg’ Ini Aja

via fitfoodiefinds.com

Alat dan Bahan

8 butir telur, kocok

15 ml yoghurt

Bawang putih

Bawang merah

Sosis

Lada bubuk

Garam secukupnya

Keju parut

Cara Pembuatan

1. Tuang telur, dan masukkan yoghurt, lada bubuk, bawang putih, bawang merah, potongan sosis atau daging, dan garam secukupnya.

2. Panaskan oven. Jika tidak ada, dapat digantikan dengan teflon.

3. Tuang telur ke dalam loyang (oven) atau teflon dan tunggu hingga matang.

4. Taburi dengan keju parut.

Sekarang bikin omelette bakalan lebih gurih luar dalam, kan?

Original source: Fit Foodie Finds

Cobain yuk resep-resep simpel yang cocok buat anak kos di atas. Udah hemat waktu, hemat biaya lagi. Gak kalah nikmat, deh. Bisa dijadikan strategi bertahan hidup di tanggal tua, nih. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: