Bersihkan Sneakers Kotormu dengan 4 Benda Ajaib Ini yang Akan Menjadikannya Seperti Baru Lagi!

Fashion item yang satu ini pastinya gak akan pernah lekang oleh waktu sekalipun telah menjadi lusuh dan butut. Yap, bahkan sneakers yang sudah belel pun masih dikenakan banyak orang. Tapi, bosen juga gak sih girls, kalau harus memakai sneakers yang udah butut plus kotor pula? Nah, ada solusi jitu nih, yang bisa kamu praktikkan di rumah ketika mencuci sepatu kotormu agar menjadi seperti baru lagi dengan benda-benda ajaib di bawah ini!

1. Gunakan kondisioner rambut

Via Firsthealthmag.com

Kamu gak akan menyangka deh, kalau kondisioner ternyata bisa bermanfaat untuk banyak keperluan dan gak cuma untuk rambut aja. Misalnya nih, kondisioner juga bisa lho, digunakan untuk membersihkan kotoran pada sol karet sepatumu.

Caranya mudah, ambil kondisioner rambut secukupnya dan oleskan pada sepatu, terutama di bagian yang kotor. Lalu, gunakan spons yang agak kasar untuk menggosok kondisioner dan menghilangkan noda kotornya. Setelah itu, bersihkan sisa kondisioner dengan kain basah, kemudian jemur sebentar di bawah sinar matahari. Tarraaaa! Sepatumu akan bersih kembali!

2. Hilangkan noda kotor dengan perasan air jeruk nipis dan garam

Via Envato.com

Selain dua benda ajaib di atas, kamu juga bisa menggunakan perasan air jeruk nipis dan garam yang mudah kamu temukan di dapur. Pilihlah jeruk nipis yang sudah kekuningan, belah dan kemudian peras airnya. Campurkan air jeruk nipis tersebut bersama garam dengan perbandingan 3:1. Lalu, balurkan dan gosok cairan itu di atas sol sneakers kotormu, diamkan beberapa saat. Nah, kalau sudah mengering, tinggal dibilas dengan air, deh. Jangan lupa dijemur ya, girls!

3. Bersihkan dengan pasta gigi dan air

Via Mediabuzzle.com

Kamu punya stok sikat gigi baru yang belum pernah digunakan? Daripada mubazir, mendingan dipakai aja buat membersihkan kotoran yang ada di sepatumu, girls. Untuk membersihkannya juga gampang banget, kok!

Pertama, oleskan pasta gigi di atas sikat gigi yang ingin kamu gunakan. Lalu, basahi sikat gigi dan mulailah menggosok bagian sepatu yang terlihat kotor. Kalau sudah bersih, kamu cuma perlu mengelap sisa busa dari pasta gigi tadi dengan menggunakan kain basah, dan voila! Jadi gak sabar deh, pingin jalan-jalan dengan sneakers yang sudah bersih.

4. Memanfaatkan perasan air lemon dan baking soda pun juga bisa!

Via Yesvegetarian.com

Segarnya perasan air lemon gak cuma bisa menghilangkan dahaga saja girls, tapi juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran di sol sepatumu.

Caranya pun juga mudah, yaitu dengan mencelupkan sikat gigi bersih ke dalam perasan air lemon, lalu celupkan atau bubuhkan baking soda pada sikat gigi yang sudah basah dengan air lemon tadi. Kemudian, gosok bagian yang kotor pada sneakersmu dengan sikat gigi tadi hingga bersih dan hilangkan sisa kotorannya dengan kain basah. Mudah bukan?

Dengan menggunakan cara-cara gampang seperti di atas, kamu gak punya alasan untuk malas membersihkan noda kotor pada sepatumu lagi deh, girls! Lagipula, sepatu yang bersih juga mencerminkan kebersihan pemiliknya, lho!

11 Shares
Siti Annisa

Bagian dari spektrum!