Baru Belajar Makeup? Ini 5 Bahaya Memakai Kosmetik Palsu bagi Kulit Wajah dan Tubuh

Bermain dengan makeup emang udah jadi kegemaran banyak perempuan. Apalagi jika ada tren terbaru, setiap cewek pasti pengen banget bereksperimen dengan makeup look yang belum pernah dicobain sebelumnya. Sayangnya, saat ini banyak oknum kurang bertanggung jawab menjadi produsen sekaligus distributor makeup palsu dengan harga yang jauh lebih murah dari produk aslinya. Kebanyakan orang yang beli apalagi yang masih baru belajar, mungkin gak aware sama bahayanya. Padahal ada 5 akibat buruk yang ditimbulkan dari penggunaan kosmetik palsu, lho. Simak bersama-sama, yuk!

1. Makeup palsu mengandung racun yang sangat berbahaya bagi tubuh

via cosmo.ph

Dilansir dari laman artikel Dailymail, pada tahun 2015 lalu, produk makeup palsu dengan kandungan bahan kimia beracun mulai membanjiri Inggris. Versi palsu dari merk kosmetik terkemuka seperti MAC, Benefit dan Urban Decay telah ditemukan dengan kadar merkuri, timah, bahkan sianida yang sangat berbahaya bagi tubuh. Ironisnya, para oknum ini menggunakan hasil laboratorium abal-abal yang gak bersertifikat untuk membuat dan menjual produk makeup palsu dalam jumlah yang besar. Selain itu ditemukan juga kandungan alais arsenic yang mengakibatkan sakit perut dan rasa sakit seperti tersetrum listrik yang bisa menyebabkan kematian kalau dipakai terus menerus. So, beware, girls!

2. Kandungan bahan kimia dalam makeup palsu bisa bikin alergi pada kulit wajah

via allrash.com

Kira-kira apa yang terlintas di pikiranmu mengenai oknum pembuat makeup palsu ini? Yang jelas mereka gak peduli dengan keselamatan banyak orang. Hanya karena peluang bisnis yang menguntungkan, para oknum ini berlomba-lomba membuat dan menjual produk makeup palsu hingga dipasarkan ke seluruh dunia. Jangan tergiur sama harga miring, karena saat memakai makeup palsu, kulit bisa mengalami reaksi alergi dan ujung-ujungnya malah ninggalin bekas yang bikin wajah jadi gak mulus lagi. Apalagi kalau dipakai secara continue, bekasnya bakal jadi permanen, lho. Seram, ya!

3. Pabrik tempat pembuatan makeup palsu udah pasti gak bersih dan sebagai sarang bakteri

via refinery29.com

Seperti yang udah dijelaskan di atas, para oknum gak bertanggung jawab ini, membuat hasil laboratorium abal-abal yang gak bersertifikat untuk memproduksi dan memasarkan makeup palsu dengan standar di bawah ketentuan pemerintah dan regulator internasional. Pabrik pembuatannya pun terbilang gak layak, jauh dari kata bersih dan gak lepas dari bakteri. Berbeda halnya dengan merk asli yang memiliki tempat bersih, aman dan selalu rutin melakukan quality qontrol demi menjaga kualitas dan keamanan dari produk tersebut. Nah, dengan kondisi produk makeup yang berbahaya dan bercampur bakteri bahkan kotoran seperti ini, gak heran kalau makeup palsu sangat dilarang peredarannya.

4. Produk makeup palsu menyebabkan penggunanya mengalami iritasi mata

via medicalnewstoday.com

Coba deh, untuk lebih aware dari sekarang. Ternyata gak cuma di wajah, ada juga yang mengalami kasus iritasi mata akibat memakai kosmetik abal-abal. Misalnya saja, pada kasus perempuan asal Amerika bernama Katie Brown yang mengaku menggunakan eyeshadow palsu dari merk Urban Decay. Lihat apa yang terjadi setelahnya? Kelopak mata Katie langsung bengkak dan penglihatannya langsung jadi buram. Pastinya kamu gak mau dong, hal ini sampai menimpa kamu?

5. Wajah kemerahan dan terasa panas seperti luka bakar adalah reaksi lain yang ditimbulkan dari penggunaan makeup palsu

via refinery29.com

Selain empat masalah di atas, seseorang yang menggunakan produk yang tinggi akan merkuri, timah, sianida, aleis arsenic dan sejumlah bahan kimia berbahaya lainnya, udah pasti bakal mengalami reaksi-reaksi aneh di wajahnya. Beralih dari kasus Katie Brown, ada juga korban lainnya yang mengalami hal-hal lain yang gak diinginkan. Misalnya setelah memakai makeup MAC palsu, wajah seorang perempuan bernama Louise Emery timbul kemerah-merahan dan kulitnya juga terasa panas seperti luka bakar. Reaksi ini udah pasti terjadi akibat adanya berbagai komposisi bahan kimia berbahaya pada produk makeup palsu.

Mulai sekarang, kamu harus lebih hati-hati dan waspada terhadap bahaya makeup palsu. Jangan karena tergiur ingin memiliki produk makeup ternama dengan iming-iming harga miring, wajah dan tubuhmu lah yang menjadi taruhannya. Kamu juga disarankan untuk membeli makeup di toko terpercaya atau counter resmi yang ada di mall. Kalau sekiranya belum mampu membeli versi yang asli, gak ada salahnya kok memakai dupe-nya dulu, yang penting kualitasnya gak kalah dan aman digunakan!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Sebuah komunitas untuk kamu yang ingin meniti karir, mengelola keuangan, hingga mencintai diri sendiri.

Follow Us: