Rupiah Melemah Bikin Ukuran Tempe dan Tahu Mengecil? Siasati dengan Mengolahnya dengan 6 Resep Ini

Melemahnya rupiah pada beberapa waktu yang lalu, turut mempengaruhi harga kedelai impor sebagai bahan dasar pembuatan tempe dan tahu. Kenaikan harga yang lumayan signifikan, mau gak mau mendorong para produsen tempe dan tahu buat mengakalinya dengan mengubah ukuran tempe dan tahu menjadi lebih kecil dari semula.

Sebenarnya, hal ini sangat disayangkan ya, mengingat kedua bahan makanan tersebut favoritnya orang Indonesia banget. Nah, biar gak merasa kehilangan banget, kamu tetap bisa mengkonsumsi tahu dan tempe dengan mengolahnya ke dalam bentuk makanan tertentu, lho. Ayok, contek beberapa resepnya, girls!

1. Burger Tempe Saus Barbeque untuk bekal di kampus!

Via Masakan Praktis Rumahan

Menjaga kesehatan sembari menghemat pengeluaran bisa diwujudkan salah satunya dengan terbiasa membawa bekal. Nah, ada satu menu bekal kekinian yang bisa kamu coba buat di rumah nih, girls. Burger Tempe!

Gak perlu terlalu banyak bahan, sebab kamu hanya butuh 200 gram tempe yang dihaluskan dengan 8 sendok makan tepung roti, 2 kuning telur, bawang bombay, garam, lada, saus barbeque, dan kaldu bubuk. Campur semua bahan menggunakan blender, lalu siapkan pinggan tahan panas yang sudah diolesi minyak pada dasarnya, taruh cetakan bulat untuk membentuk adonan tempe tadi agar membulat pipih seperti beef pada burger, simpan dalam kulkas selama satu malam.

Esoknya, siapkan wajan teflon untuk memanaskan roti burger dengan mentega sampai sedikit kecoklatan, lalu angkat. Panaskan juga adonan tempe yang sudah didinginkan dalam kulkas dengan menggunakan mentega di atas wajan, angkat jika sudah matang kecoklatan. Kemudian, isi roti dengan olesan saus tomat dan daun selada jika suka, lalu masukkan tempe, olesi dengan saus barbeque di atasnya, tambahkan irisan timun dan tomat, lalu tumpuk dengan kepala roti. Sajikan bersama kentang goreng jika perlu. Mudah kan girls, membuatnya?

2. Steak Tempe Bersahabat yang tepat dimakan untuk dinner bareng sahabat

Via Tastemade Indonesia

Siapa bilang cuma daging sapi dan ayam yang bisa diolah menjadi steak ala Eropa? Sekarang, kamu bisa mengubahnya dengan menggunakan bahan dasar tempe, lho. Bahan-bahan pendukungnya juga mudah dicari, kok. Mulai dari tempe, terigu, dan telur. Hmm, kayaknya akan lebih seru nih, kalau memasak steak tempe ini bersama teman-teman dekatmu di rumah. Yuk, dicoba!

Cara membuatnya gampang banget! Kamu hanya perlu menghaluskan 200 gram tempe dengan 50 gram terigu dan 3 butir telur. Lalu, campur ketiganya dengan menggunakan blender. Setelah itu, masukkan bubuk paprika, ditambah lada, garlic powder, jintan halus, dan ketumbar halus, dengan masing-masing takarannya 2 sendok makan. Kemudian, tambahkan 100 gram butter dan garam secukupnya, aduk semua bahan hingga rata. Selanjutnya, lumuri tanganmu dengan minyak goreng, bentuk tempe menjadi bulat pipih seperti isian dalam burger tempe, lalu panggang dengan sedikit margarin yang sudah dipanaskan di atas pan.

Untuk sausnya, panaskan butter untuk menumis 2 siung bawang putih cincang, 2 sendok makan pasta tomat, 2 sendok makan saus tomat, 2 sendok makan kecap inggris, 1 sendok teh oregano dan rosemary, tambahkan dengan 500 ml air dan 2 sendok makan maizena. Lalu, masukkan garam, sedikit gula pasir, dan merica, masak hingga mendidih dan mengental. Jika sudah, tuangkan saus di atas tempe yang sudah dipanggang tadi, selagi hangat. Kamu juga bisa melengkapinya dengan kentang goreng dan daun selada. Wah, kelihatannya menggugah selera banget ya, girls!

3. Tempe dan Tahu Bacem yang bisa mengobati rindu pada kampung halaman

Via Notepam

Anak Yogya dan sekitarnya yang lagi merantau pasti kangen banget sama penganan satu ini. Yap, tempe dan tahu bacem! Awalnya sebelum menjadi makanan yang hit di masa sekarang, bacem merupakan sebuah proses atau cara mengawetkan bahan makanan, biasanya dengan cara merendam bahan makanan memakai air gula dan garam. Namun, ternyata tempe bacem ini kalau sekalian digoreng rasanya jadi semakin enak dan khas! Makanya, tempe dan tahu bacem hampir selalu menjadi makanan pelengkap di tempat makan khas Jawa Tengah.

Resep dan cara membuat tempe dan tahu bacem ini simpel banget, girls. Hanya dengan menyiapkan 4 siung bawang merah yang diiris tipis, 2 siung bawang putih yang juga diiris tipis, 3 cm lengkuas yang dipotong-potong, 4 lembar daun salam, 100 gram gula merah disisir halus, 2 cm terasi mentah, dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasukkan ke dalam 600 ml air, lalu diremas-remas dengan tangan agar aroma dan sari dari bumbunya lebih keluar dan menguar. Setelah itu, panaskan campuran air dan bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Kemudian, masukkan tempe dan tahu, dan jangan lupa dibolak-balik ya girls, agar bumbunya lebih meresap hingga matang. Nah, tahu dan tempe bacem ini akan lebih afdal kalau digoreng, apalagi dicocol dengan sambal terasi. Ah, mantap!

4. Tahu Brintik Crispy yang bisa jadi camilan untukmu dan si dia

Via Yuyunanwar

Pecinta makanan ringan dan kriuk harus mencoba penganan yang satu ini, nih. Tahu Brintik adalah jajanan khas Bandung, yang ketika dimasukkan ke mulut lalu digigit, akan muncul sensasi kriuk yang renyah nan gurih. Kamu juga bisa memberikan berbagai topping di atas tahu yang crispy ini, seperti saus barbeque, bumbu balado bubuk, atau keju.

Cara membuatnya pun juga mudah. Pertama potong tahu putih menjadi beberapa bagian kecil, lalu dikukus. Buat tepung keringnya yang terdiri dari 200 gram terigu dan 50 gram tepung beras yang dicampur rata, sisihkan. Setelah itu, siapkan tepung celup yang terdiri dari 1 butir telur, 150 gram tepung beras, air dingin secukupnya, bawang putih, lada, dan kaldu bubuk, aduk semuanya menjadi tepung celup yang gak terlalu kental dan gak terlalu cair. Kemudian, celupkan potongan tahu ke dalam tepung celup, lalu gulirkan pada adonan tepung kering, terus digoreng. Nah, kalau sudah matang dan diangkat, tahu brintik ini bisa disajikan selagi hangat dan kriuk dengan menggunakan topping bumbu instan yang kamu suka, girls!

5. Tahu Pletok yang penuh sensasi dalam tiap gigitannya

Via Blog Kulina

Makanan berbahan dasar tahu yang ini juga bisa mengobati rasa rindumu pada kampung halaman. Menjadi terkenal di Slawi-Tegal, Jawa Tengah, Tahu Pletok ini merupakan jajanan yang khas dengan adonan aci di tengahnya, yang digoreng lalu dicocol sambal kecap yang pedas. Sensasi manis, gurih, dan pedas menyatu di lidah ketika melumat Tahu Pletok ini. Makanya, dinamakan Tahu Pletok karena ketika dimakan gabungan rasa dari tahu aci gurih, manisnya kecap, dan pedasnya cabai seakan berbunyi pletok-pletok di lidah.

Kalau kamu ingin membuatnya di rumah, kamu perlu siapkan bahan-bahan untuk membuat sambalnya terlebih dulu, seperti 3 siung bawang putih yang dihaluskan, garam, cabai rawit merah sesuai selera yang dipotong kecil-kecil, lalu campur semuanya dengan 6 sendok makan kecap. Untuk adonan aci dalam tahunya, didihkan 350 ml air bersama garam dan merica, 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Kemudian, tuang ke dalam adonan tepung yang terdiri dari 170 gram tepung maizena, 80 gram tepung terigu, dan daun bawang diiris tipis, lalu aduk hingga rata dan teksturnya mengental lengket.

Setelah itu, jika kamu menggunakan tahu putih sebagai bahan dasarnya, kamu bisa membelah satu tahu utuh menjadi dua, lalu oleskan adonan aci ke seluruh permukaan tahu. Tapi, kalau kamu menggunakan tahu matang segitiga yang berwarna coklat, kamu bisa memasukan sedikit adonan aci ke dalamnya, lalu oleskan juga pada bagian bawah kulit luar tahu. Kemudian, goreng tahu hingga matang. Selesai, deh!

6. Tahu Gejrot, pengan legendaris yang disukai anak-anak hingga dewasa!

Via Cookpad

Aduh, untuk makanan yang satu ini sih gak perlu diragukan lagi deh rasa enaknya. Kayaknya, kita udah sering makan jajanan ini semenjak kecil, bahkan berlanjut sampai sekarang. Yap, Tahu Gejrot! Penganan yang terkenal dari Cirebon ini sudah melegenda di Indonesia, girls! Biasanya, Tahu Gejrot yang dijual oleh abang-abang yang dipikul atau didorong dengan gerobak, disajikan di atas piring gerabah yang telah menjadi khasnya.

Nah, cara membuat Tahu Gejrot juga mudah, kok. Kamu tinggal menyediakan tahu sumedang atau tahu pong yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil, lalu disiram dengan kuah gula yang pedas. Untuk membuat kuahnya, rebus dulu 1 ½ gelas air bersama 3 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan air asam jawa, dan 100 gram gula merah yang diiris tipis hingga mendidih, lalu angkat dan saring. Selanjutnya, haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam menggunakan ulekan yang ditumbuk kasar. Tuangkan kuah diatas bumbu yang sudah diulek, masukan tahu, aduk rata. Dan, tarraaaa! Tahu Gejrot siap disajikan!

Tempe dan tahu sebenarnya adalah bahan makanan yang wajib kita banggakan. Sebab, sejak kecilpun tanpa sadar kita selalu tumbuh bersama mereka. Selain kaya akan sumber protein yang lebih banyak didapat dari daging, tempe dan tahu juga bermanfaat bagi kesehatan sebagai antioksidan alami dan meningkatkan fungsi otak. Jadi, gimana nih? Kamu mau mulai mencoba resep yang mana, girls?

4 Shares
Siti Annisa

Bagian dari spektrum!