Makan Ayam Setiap Hari Gak Bakal Jadi Ngebosenin Kalau Tahu 5 Resep Serba Ayam Kekinian Ini

Memberikan yang terbaik untuk orang yang kita sayang adalah sebuah kebahagiaan tersendiri, salah satunya adalah dengan menyajikan hidangan lezat untuk keluarga. Tapi, segudang kesibukan seringkali bikin gak sempat untuk menyediakan masakan homemade yang tentunya lebih spesial daripada beli di luar. Eits, jangan khawatir, moms. Karena sesuatu yang istimewa gak melulu harus memakan waktu yang lama. Dengan 5 resep ayam yang super simpel ini, Mama bisa menyajikan #kejutanrasa setiap hari di meja makan untuk keluarga. Dijamin gak bakal kalah dari olahan ayam kekinian, deh!

1. Ayam Tepung Saus Keju

Via Royco Indonesia

Ayam adalah salah satu sumber protein hewan yang gampang ditemukan di mana-mana. Biar sedikit berbeda, gimana kalau Mama coba masak resep yang satu ini.

Bahan-bahan
1 kg ayam
1 butir telur
Minyak untuk menggoreng
Bumbu perendam
1 sdt bawang putih bubuk
1 sdt lada bubuk
1/2 sdt garam
3 sdm air
Bahan Pelapis
5 sendok sayur terigu
1 sendok sayur maizena
1/2 sdt garam

Langkah-Langkah

  1. Cuci bersih potongan ayam, campur dengan bumbu perendam, aduk rata dengan tangan lalu simpan dalam freezer selama 15 menit.
  2. Keluarkan ayam dari freezer, tambahkan telur, kemudian aduk rata.
  3. Campur bahan pelapis, gulingkan ayam di tepung pelapis.
  4. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning keemasan.
  5. Sajikan dengan saus keju siap pakai.

 

2. Sayap Ayam Saus Pedas Ala Korea

Via Royco Indonesia

Jajanan ayam hits yang satu ini pasti sudah gak asing di telinga Mama. Daripada capek antri atau pesan online, mending coba bikin sendiri di rumah, Ma. Gampang banget, kok!

Bahan-Bahan

1/2 kg sayap ayam

3 sendok makan tepung terigu

2 siung bawang putih

1 sendok makan saus tiram

1 bungkus bubuk cabai

Air, saus tomat dan saus sambal secukupnya

Langkah-Langkah

  1. Gulung ayam dengan tepung terigu yang diberi air dingin, lalu balut dengan tepung terigu kering
  2. Goreng ayam dan sisihkan
  3. Tumis bawang putih yang sudah dicincang
  4. Masukan semua saus, berikan sedikit air, lalu aduk sampai mengental
  5. Masukan bubuk cabai
  6. Masukan ayam goreng tepungnya
  7. Aduk sampai merata dan sajikan

 

3. Nugget Ayam Isi Sayuran

Via Pexels.com

Selain bisa dibuat sebagai bekal si kecil, chicken nugget buatan sendiri pastinya lebih terjamin kebersihannya, kan? Yuk, coba dibuat!

Bahan:

Daging ayam (fillet paha) 300 gram, giling halus

Telur ayam 3 butir

Wortel 1 buah, parut kasar

Daun bawang 2 batang, iris halus

Tepung roti 100 gram

Tepung terigu 100 gram

Bawang putih 2 siung, haluskan

Kaldu bubuk 1 sdt

Garam, gula dan merica masing-masing 1 sdt

Langkah-Langkah:

  1. Kocok 2 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata.
  2. Tuang tepung terigu pada mangkuk, lalu campur dengan kocokan telur pertama.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah digiling halus, wortel yang telah diparut kasar, dan daun bawang yang sudah diiris halus. Aduk rata.
  4. Bentuk adonan sesuai yang Anda inginkan, kukus selama 15 menit.
  5. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok.
  6. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit lalu masukkan ke dalam kocokan telur kemudian tepung roti hingga terbalut sempurna
  7. Masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna.
  8. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

 

 4. Ayam Geprek Cabai Merah

Via Royco Indonesia

Membayangkannya saja sudah bikin lapar, nih. Masakan ayam yang satu ini cocok banget buat dimakan bersama keluarga. Jangan ragu untuk mencoba membuatnya, ya. Biar makin kekinian kamu juga bisa menggunakan keju sebagai topping, lho.

Bahan-Bahan

1/2 kg ayam

1 bungkus tepung untuk ayam krispi

500 gr keju mozzarela (opsional)

Bumbu Sambal

5 cabe merah keriting

5 cabe rawit

4 cabe setan

2 siung bawang merah

1 buah tomat

Bumbu Ungkep

4 siung bawang putih

1/2 cm jempol kunyit

1/2 jempol jahe

Haluskan bumbu ungkep ayam

Langkah-Langkah

  1. Ungkep ayam beserta bumbu ungkep tdis sampe lumayan empuk, kalau sudah empuk angkat, tiriskan
  2. Goreng bahan sambal setengah matang, uleg sampe lumayan halus
  3. Beri penyedap rasa, garam, gula
  4. Bagi tepung ayam menjadi adonan basah dan adonan kering
  5. Masukan ayam ke dalam adonan basah lalu balut dengan adonan kering
  6. Goreng ayam sampai matang, geprek lalu sajikan bersama sambal

 

5. Ayam Bumbu Rujak Istimewa

Via Royco Indonesia

Nah, kalau sajian yang satu ini biasanya cuma bisa ditemukan di restoran masakan tradisional, gimana kalau kali ini Mama menyajikan hidangan spesial ini untuk sehari-hari? Gak perlu takut repot, resep di bawah ini bisa membantu Mama membuatnya dengan rasa yang gak kalah dari menu serupa dari restoran terkenal sekalipun.

Bahan-Bahan

1 ekor ayam
1 bungkus Royco Ayam Bumbu Rujak
1 daun serai yang dimemarkan
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
Jahe 1 cm
Air dan minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Goreng ayam terlebih dulu sampai berwarna kecokelatan, tiriskan.
  2. Panaskan minyak lalu tumis Royco Ayam Bumbu Rujak bersama daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan air hingga tercium aroma yang sedap.
  3. Masukkan ayam dan air, aduk-aduk bumbu rujak dengan cara teratur sampai meresap dan siap disajikan.

 

Terbukti kan, menyajikan masakan istimewa bisa dilakukan setiap hari tanpa membuat Mama kerepotan? Yup, apalagi kalau menggunakan Royco Bumbu, bumbu masak siap pakai yang dibuat dari bahan alami dan tanpa pengawet, nih. Memasak pasti jadi lebih cepat, tanpa repot!

Ada Royco Bumbu Nasi Goreng Rendang, Royco Bumbu Nasi Goreng Hijau dan Royco Ayam Bumbu Rujak. Dengan ketiga varian Royco Bumbu ini, menyajikan masakan istimewa setiap hari bukan lagi hal yang sulit, deh.

Dibuat dari racikan bumbu pilihan, rangkaian Royco Bumbu ini bisa memudahkan siapapun yang ingin makan masakan istimewa setiap hari, lho. Jadi mulai sekarang Mama bisa menyajikan hidangan spesial setiap hari, tanpa harus repot dan meninggalkan pekerjaan rumah lainnya.

Jadi olahan ayam istimewa mana yang mau Mama sajikan buat makan hari ini?




Royco

Royco terkenal karena bubuk bumbu klasik, yang masih dinikmati oleh banyak keluarga Indonesia sampai saat ini. Selama 40 tahun, Royco telah membawa produk produk inovatif ke Indonesia termasuk sup krim, bumbu penyedap, dan bumbu komplit.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: