Bingung Gimana Baikan Sama Teman? 7 Cara Ampuh Ini Bisa Bikin Kalian Jadi Cepat Bermaafan

Berteman dengan siapa pun pasti gak akan berjalan mulus begitu saja. Selalu ada perdebatan, perbedaan pendapat, dan pertengkaran kecil yang bakal bikin sebuah pertemanan jadi lebih kuat dan berwarna.

Sayangnya ketika konflik, terkadang kita membiarkannya berlarut-larut karena gengsi meminta maaf. Ujungnya persahabatan yang telah dijalin sekian lama pun jadi korban. Sayang banget kan, girls? Dilansir dari buzzfeed.com, berikut 7 cara ampuh menyelesaikan masalah dengan teman yang dapat membantumu lebih cepat bermaafan.

1. Beri batasan bercanda

via unsplash

Biasanya karena kita telah merasa akrab satu sama lain, tanpa sengaja gaya becanda kita jadi kebablasan dan menyinggung perasaan. Jika hal ini terjadi, beri batasan bercanda yang gak bisa dilanggar oleh kalian. Jangan ragu buat saling mengingatkan, kalau memang bercandanya sudah keterlaluan dan sangat mengganggu.

2. Jangan Malah saling menjauh dan menunggu salah satu memperbaiki keadaan

via unsplash

Ini nih, yang terjadi kalau dua-duanya gengsi dan gak mau minta maaf duluan. Buat apa menunggu lama kalau bisa menyelesaikan masalah dengan lebih cepat? Coba abaikan ego masing-masing dan perjuangkan pertemanan yang sudah kalian lalui selama ini. Itu jauh lebih berharga daripa gengsi, girls.

3. Bicara secara terbuka walau menghabiskan waktu berjam-jam lamanya

via unsplash

Namanya juga perempuan, kalau marah suka lama ngambeknya. Begitu juga ketika ada masalah dengan teman. Akan lebih baik jika bicara secara terbuka walau akan menghabiskan waktu lama. Di sini kalian bisa saling meluapkan kekesalan dan yang penting saling menerima kritik dan saran agar akhirnya bisa baikan lagi.

4. Segera minta maaf!

via unsplash

Bagaimana pun, pertemanan lebih penting dibanding ego masing-masing. Terlebih kalau masalah yang sedang diributkan mungkin saja sederhana dan bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Jadi buat apa marah lama-lama kalau kamu bisa segera meminta maaf?

5. Daripada bertengkar gak ada ujungnya, lebih baik tidur

via unsplash

Ada juga lho, yang kuat berdebat hingga berjam-jam padahal gak menemukan solusi dan penyelesaian apapun. Berbicara segala macam yang malah bikin masalah tambah runyam adalah pilihan yang gak bijak dan bisa nambah panas suasana. Nah, daripada bertengkar gak ada ujungnya kayak gitu, lebih baik tidur saja, girls. Tidur dapat membantu menjernihkan otak sambil menunggu emosi masing-masing mereda.

6. That’s okay dengan becandaan teman dan menganggap sebagai hal biasa

via unsplash

Hidup jangan dibikin rumit. So, ketika teman melontarkan candaan, gak perlu diambil hati dan anggap saja itu adalah hal biasa. Ini sih prinsip seseorang yang nyantai banget hidupnya ya, girls. Tapi ada baiknya juga lho, punya pemikiran seperti ini, jadi hidup gak ada beban dan pikiran selalu selow.

7. Biasakan untuk tidak membicarakan keburukan dibelakang

via unsplash

Lebih baik bicarakan bersama tentang sebenarnya masalah apa sih yang sedang diributkan. Jika ada hal yang mengganggu hati maupun pikiran, bicarakan secara langsung kepada orangnya dan biasakan untuk tidak membicarakan keburukan di belakang. Karena kalau hal ini terjadi justru akan memperburuk keadaan.

Masalah tidak akan selesai jika kamu berlarut-larut membiarkannya tanpa melakukan usaha apapun untuk memperbaiki keadaan. Abaikan gengsi karena pertemanan lebih penting dari apapun. So, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah dengan teman, kan?

18 Shares
Siti Yulianingsih

half of a storyteller. unstoppable.