Bikin Kangen, 10 Makanan Khas Kampung Halaman Ini Wajib Disantap Saat Mudik

Tak hanya sebagai momen bersilaturahmi dengan keluarga, mudik lebaran juga bisa dijadikan sebagai saat yang pas untuk bernostalgia. Melepas rindu gak selalu berarti bertemu kembali dengan teman masa kecil saja, loh. Tapi juga bisa menyantap kuliner khas kampung halaman, yang sudah lama gak kita cicipin, girls. Makanya, jangan biarkan momen lebaran kali ini jadi hambar karena kelewatan makan kuliner khas menggoyang lidah ini, ya.

1. Opor Ayam

Besok insyaa Alloh udah lebaran ya dear. Ada menu khas saat merayakan lebaran yaitu opor ayam. Yuk simak resep enak di bawah ini ☺ . Opor ayam Oleh @ni2k_ masakan jawa yg bnyk digemari , enak & gurih rasanya karena pakai santan .. sesekali ga apalah makan masakan bersantan .. asal ga sering2 aja yaa .. ini saya bikin ga bgt kental kuahnya 😊😊 Resepnya πŸ‘‡ : . Opor ayam Bahan : * 1 ekor ayam kampung / potong2 * 2 lb daun salam * 2 cm lengkuas / geprek * 1 btng serai / geprek * 5 lb daun jeruk * 1 sdm gula jawa * garam , penyedap jamur * santan / sesuai selera kekentalannya Bumbu halus : * 12 bw merah * 7 bw putih * 7 butir kemiri / sangrai * 1 sdt ketumbar / sangrai * 1 – 2 cm kunyit * 1 – 2 cm kencur * 1/2 sdt merica butiran Cara : ** tumis bumbu halus smp wangi ** masukan ayam .. aduk smp ayam berubah warna ** masukan semua bumbu ** beri air, biarkan mendidih, koreksi rasa ** masukan santan .. aduk sesekali ** masak smp ayam empuk ** sajikan .. taburi dng bw goreng πŸ‘ #Resepoporayam #oporayam #berbagiresep_ayam #berbagiresepenak

A post shared by Berbagi Resep Enak (@berbagiresepenak) on

Kuah santan dengan daging ayam dimasak empuk dengan bumbu kuning yang meresap. Sedaaap.

2. Ketupat dan Sambal Goreng Ati

Paket lebaran ketupat dan sambel goreng printil ala Dapur Kintamani XI #ketupat #sambalgorengprintil #sambalgoreng #masakkanindonesia #masakkanjawa #masakanlebaran #masakkanrumah #cinere #depok #jakartaselatan #jualanmakanan

A post shared by Dapur Kintamani XI (@dapurkintamanixi) on

Selain sering dipasangkan dengan opor ayam, gurihnya ketupat cocok juga dimakan dengan sambal goreng.

3. Rendang

Dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia, rendang memang nggak ada matinya. Beruntunglah bagi teman-teman yang mudik kali ini pulang ke kampung halaman. Masakan rendang ala mama memang juara.

4. Lontong Balap

Kuah yang segar, lontong yang lembut dan padat, plus kerupuk kriuk yang renyah bikin kamu kepengen nambah lagi dan lagi.

5.Β  Selat Solo

Telur, daging, sayur, dan kentang dalam satu sajian makanan sekaligus, komplit banget! Yang bikin kangen itu kuahnya yang unik. Kalau suka sama kuahnya,Β requestΒ yang banyak juga nggak apa-apa, kok.

6. Gudeg Yogya

Makanan khas Yogyakarta yang satu ini cocok banget buat dijadikan oleh-oleh. Bisa juga dijadikan bekal buat makan siang di kereta saat arus balik nanti.

7. Coto Makassar

Pakai atau nggak pakai jeroan, Coto Makassar tetap nomor satu di hati.

8. Ikan Arsik

via tribunnews.com (Tribun Pontianak)

Kalau ingin makan ikan yang tidak digoreng atau dibakar, ikan arsik khas Batak jangan ketinggalan untuk dicobain, ya. Menggunakan bumbu khas Andaliman dan sayur kacang panjang, ikan arsik cocok dijadikan menu makan bersama saat kumpul dengan keluarga.

10. Ayam Woku Manado

Masak buat #sarapan dan #bekelkantor #ayamwoku atau #ayamwokuwoku campur #telorrebus, sebenarnya resep ayam woku woku dan ayam rica rica hampir sama sih cuma beda dikit gak sampe seujung kuku secara makanan ini asalnya dr manado klo tidak salah, w klo bikin ayam woku sllu rasanya mantab dan pedesnya juara apalg ini pake rawit setan semua dan rawit ijo, tdi sarapan jontor2 dah bibir…. ini ayamnya w goreng dulu stengah mateng (w pake ayam negeri) biar gak terllu lembek pas dimasaknya tp bisa jga langsung tergantung selera masing2… . . RESEP AYAM WOKU WOKU: πŸ‘‡by @zeeturjihan – 4 potong paha bawah ayam ukuran besar di potong 2 – 4 butir telor ayam rebus – 2 btg sereh geprek – 3 lbr daun jeruk iris halus – 1 ons cabe rawit ijo tumbuk / uleg kasar – 2 lbr daun pandan dikuncir (boleh diiris halus tergantung selera) – 1 mangkok daun kemangi (makin banyak makin enak) – 3 sdm gula pasir – 1 sdt kaldu bubuk – garam secukupnya – air secukupnya . . BUMBU HALUS: πŸ‘‡ – kurleb 1,5 ons cabe rawit setan (gak ada stok cabe merah/kriting) – 6 siung bwg putih – 8 siung bwg merah – 1 buah tomat ukuran agak besar – 3 cm jahe – 4 butir kemiri – 3 cm kunyit . . CARA MEMBUAT: πŸ‘‡ – Cuci bersih paha ayam, siangi bumbu halus (bwg putih, ketumbar dan garam) diamkan bbrp saat sampai bumbu meresap – goreng ayam stengah mateng jangan terllu kering, cukup agak sedikit kecoklatan saja lalu tiriskan – rebus telor dan kupas kulitnya – panaskan minyak baru, tumis bumbu halus, cabe rawit ijo, daun jeruk, sereh dan daun pandan hingga keluar harum – masukan ayam aduk sampai rata, tambahkan air hingga ayam kelep masak hingga mendidih, masukan garam, gula pasir dan kaldu bubuk masak sampai kuah agak menyusut dan minyak bumbu keluar – koreksi rasa dan jika rasa sudah pas kecilkan api masukan daun kemangi aduk rata, masak bentar lalu matikan api – tata telor rebus diatas piring siram dengan ayam woku woku yg sudah matang – sajikan dengan nasi hangat . .

A post shared by DOYAN COOKING (@doyancooking_) on

Berkunjung ke Sulawesi, khususnya Manado, jangan lupa untuk menyantap sajian ayam Woku. Rasa kemangi yang khas bikin rasa ayam menjadi unik dan mantap.

Mumpung masih dalam suasana mudik, jangan lupa untuk menyantap makanan khas kampung halaman, ya. Untuk jenis makanan tertentu yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, loh.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: