Biar Si Kecil Gak Main Gadget Melulu, Cobain 10 Ide Permainan Sederhana Tapi Kreatif Ini Yuk, Ma

Di era digital seperti sekarang, tak bisa dipungkiri kalau menemukan anak kecil asik bermain gadget adalah sebuah pemandangan yang umum terjadi. Sayang banget, kan, Ma, kalau masa kecil anak kita hanya dihabiskan terpaku di depan tablet atau smartphone saja? Untuk menyiasati hal ini sebenarnya gampang sekali, lho. Untuk merangsang sisi kreatif si kecil, Mama gak perlu repot membuat permainan yang rumit. Cukup dengan 10 inspirasi permainan sederhana dan kreatif yang mudah dipraktikan di rumah ini, dijamin ampuh bikin anak berhenti main gadget dan jauh dari rasa bosan dan. Lets check it out!

1. Buat Jalur Mobil-Mobilan Sendiri, yuk!

via playathomemomllc.com

Mama tahu kan, kalau harga track mobil-mobilan itu lumayan mahal. Nah, kali ini Mama gak perlu beli, melainkan cukup menggunakan selotip warna merah aja, kemudian buat jalur sesuai keinginan si kecil. Dijamin si kecil pasti senang dan makin asik main mobil-mobilan favoritnya.

2. Seru Bermain Sekaligus Melatih Konsentrasi dengan Permainan Ini.

via mamaslikeme.com

Mirip seperti permainan taplak gunung, Mama bisa membuat pola lingkaran menggunakan kapur warna-warni seperti ini, kemudian beri poin pada setiap tingkat dan gunakan spons yang telah dibasahi dengan air sebagai alat untuk mencapai poin yang paling tepat.

3. Bosan Main Boneka? Coba Bikin Karakter Sendiri, yuk!

via sixsistersstuff.com

Buat anak perempuan, main boneka adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bentuknya yang menyerupai manusia, bikin daya imajinasi si kecil jadi terlatih dengan menganggap bahwa mereka adalah teman bermain yang benar-benar hidup, termasuk suka mengganti baju boneka sesuai selera mereka. Kali ini buat sesuatu yang baru dengan sama-sama bermain boneka, tapi dengan cara membuat karakter sesuai keinginan si kecil, Ma. Cukup siapkan kapur untuk si kecil menggambar boneka pilihannya saja, kok, modalnya.

4. Buat Pipa Bola Menggunakan Roller Bekas Tisu.

via teachingmama.org

Si kecil yang masih berusia balita akan selalu excited melihat bola, apalagi kalau warnanya macam-macam. Nah, buat anak jadi lebih senang dengan ide kreatif yang satu ini, Ma. Gunakan roller bekas tisu, tempelkan pada dinding menggunakan selotip secara vertikal, dan bagian bawahnya supaya bola gak berantakan bisa menggunakan baskom. Simple, kan?

5. Belajar Menulis Di Atas Pasir. Begini Caranya!

via brightside.me

Buat si kecil yang lagi belajar memegang pensil dan menulis huruf abjad, media kertas mungkin bukan hal yang asing lagi. Tapi kalau nulis di atas pasir bagaimana? Menarik, kan? Siapkan wadah untuk pasir, pensil, dan contoh huruf abjad. Kegiatan belajar jadi jauh lebih menyenangkan ya, Ma.

6. Kemping Gak Selalu Harus Di Hutan, Di Dalam Rumah Juga Bisa.

via thestay-at-home-momsurvivalguide.com

Bangun tenda di kamar si kecil atau ruang keluarga, kemudian buat seolah-olah ada api unggun dengan menggunakan lampu yang ditutup pakai stoples. Untuk kayunya, Mama bisa menggunakan kertas buffalo berwarna coklat. Sudah mirip kemping di hutan, kan?

7. Usir Rasa Bosan dengan Main Perosotan. Asiknya Lagi Kalau Dilakukan Dengan Kakak atau Adik.

via hecontemplativecreative.blogspot.com

Eits, main perosotan gak cuma bisa dilakukan di taman atau halaman sekolah, lho. Main di rumah pun ternyata bisa. Cara bikinnya juga gampang, cukup sediakan kardus bekas dan pasang di atas tangga. Selama bermain, jangan lupa untuk terus mengawasi si kecil, ya.

8. Bikin Kaos Desain Sendiri Juga Bisa, Ma.

via alphamom.com

Punya kaos putih bekas, atau bosan dengan warna yang polos? Ajak si kecil untuk mengkreasikan kaos putihnya aja, Ma. Si kecil bebas mau bikin gambar apa saja sesuai karakter favoritnya. Bikin pemandangan alam juga bisa.

9. Main Gelembung Super Besar Di Halaman Depan Rumah

via funcraftskids.com

Kalau main gelembung, sih, orang dewasa juga senang ya, Ma. Nah, buat yang satu ini gak cuma gelembung biasa. Tapi super besar! Mama cuma butuh benang dan 2 batang kayu berukuran kecil sebagai alat untuk membuat gelembung tadi. Yuk, dicoba!

10. Main Bowling Menggunakan Kelereng.

via frugalfun4boys.com

Atur 9 pion seolah-olah akan bermain bowling. Kemudian siapkan papan yang telah diberi selotip sebagai tanda garis yang tidak boleh dilewati, dan sebuah kelereng sebagai pengganti bola bowlingnya. Dijamin si kecil bakalan suka dan gak bosan, deh.

Membuat si kecil senang dan jauh dari rasa bosan gak perlu keluar uang banyak Ma. Karena permainan yang bisa dibuat sendiri di rumah seperti ini juga tak kalah menyenangkannya. Selamat mencoba!

Siti Yulianingsih

half of a storyteller. unstoppable.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: