Masalah Bau Badan Bisa jadi Disebabkan oleh 8 Makanan Ini. Ada yang Sering Kamu Konsumsi?

Selain bikin nggak pede, masalah bau badan bisa bikin orang disekitar kita nggak nyaman. Meski begitu, kondisi yang satu ini bukan hanya disebabkan oleh faktor kebersihan aja. Makanan juga bisa jadi penyebab bau badan, lho girls. Adakah diantara makanan yang bisa menyebabkan bau di bawah ini yang sering kamu konsumsi?

1. Brokoli, kubis, dan kacang panjang

Via Pexels

Makanan-makanan di atas emang nggak diragukan lagi akan kandungan gizinya. Tapi, kandungan sulfur di dalamnya bisa meninggalkan bau yang kurang sedap. Meski begitu, kamu nggak perlu terlalu khawatir. Asalkan dimakan dalam kadar yang cukup, baunya nggak bakalan terlalu kentara, kok.

2. Mengunyah permen karet

Via Pexels

“Hah?” banget, kan, buat yang satu ini. Penyebab utamanya adalah aktivitas mengunyah dapat meningkatkan produksi air liur yang menyebabkan penimbunan gas dalam perut, yang pastinya perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Nah, tahu sendiri, kan, kelanjutannya gimana? 😀

3. Kunyit

Via Pexels

Aroma dari bumbu yang satu ini bisa bersarang di pori, dan meninggalkan aromanya selama beberapa hari, bahkan dalam kadar yang sedikit sekalipun.

4. Produk olahan susu

Via Pexels

Mengonsumsi susu, eskrim, yogurt, dan olahan susu lainnya dapat memproduksi makanan bagi bakteri penyebab bau badan. So, batasi kadar konsumsi makanan yang satu ini untuk menghindari masalah bau badan, ya girls.

5. Bawang putih

Via Pexels

Makanan yang satu ini sudah terkenal membuat keringat memiliki aroma yang lebih kuat. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa alisin yang dapat langsung tercampur dengan keringat sesaat setelah mengonsumsinya.

6. Daging merah

Via Pexels

Dilansir dari INSIDER, sebuah penelitian pada tahun 2006 di Republic Ceko menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi daging merah memiliki aroma tubuh yang lebih kuat, dibandingkan mereka yang vegetarian. Solusinya, kamu bisa mengurangi konsumsi daging merah, atau menggantinya dengan memakan seafood.

7. Kacang kedelai

Via Pexels

Makanan lainnya yang dapat menyebabkan produksi gas di dalam tubuh adalah kacang kedelai. Gas tersebut akan bercampur dengan bakteri yang ada dalam di dalam sistem pencernaan.

8. Kurangnya asupan sayuran

Via Pexels

Bukan hanya menyehatkan tubuh, sayur-sayuran hijau mampu menguraikan kandungan sulfur dalam makanan yang dapat menyebabkan bau. Konsumsi lebih banyak sayuran hijau untuk mengatasi masalah bau badan.

Selain menjaga kebersihan tubuh, mengatur asupan makanan juga penting untuk mengatasi masalah bau badan. So, adakah diantara makanan-makanan di atas yang sering kamu konsumsi, girls?

Shares 2K
Fendi Beau

Bandung

When there is food, there is me. I enjoy walking around the city. Oh, and also, coffee. Follow me on Instagram @fendibeau. I'll see you there.