6 Tanda Kalau Kamu Sudah Dewasa Secara Finansial

Semakin bertambahnya usia, semakin bertambah pula tanggung jawab yang kita emban. Tak terkecuali soal urusan keuangan. Dulu, dengan mudahnya kita menghambur-hamburkan uang, untuk hal-hal yang bersifat kesenangan semata. Tapi, semakin dewasa nyatanya banyak hal yang harus lebih diprioritaskan. Pernah merasakan perubahan saat mengelola keuangan di hidupmu? Tanda-tanda ini menceritakan kalau sesungguhnya kamu udah dewasa secara finansial, loh.

1. Mampu Menunda Kesenangan

Barang-barang lucu di supermarket dan toko online memang menggoda iman, deh. Tapi, kamu gak lagi-lagi impulsif. Soalnya, kamu udah bisa bedakan mana yang lebih penting dan dibutuhkan.

2. Gak Hutang Sama Teman dan Keluarga

Kalau teman pinjam uang dan susah baliknya pasti bete banget, kan? Memang, sih pinjam ke teman dan keluarga itu seperti shortcut dibandingkan kita pengajuan biasa. Tapi, karena risiko kecil inilah kita jadi cenderung menggampangkan.

Jangan sampai, hubungan baik yang kita bina lama jadi retak karena persoalan uang, ya. Hubungan erat dengan teman dan keluarga itu lebih mahal harganya.

3. Memilih Asuransi yang Cocok Untukmu

via freepik.com/pressfoto

Semua orang tentu punya tingkat risiko yang berbeda-beda. Nah, penting banget nih memperhatikan polis dan premi asuransinya. Jangan sampai, risiko yang kita alami justru tidak ter-cover. Lihat pula proses klaim jika risiko terjadi. Apakah perusahaan asuransi kooperatif atau tidak.

4. Berdonasi dengan Bijaksana

Memberikan sebagian rejeki kita kepada orang yang membutuhkan memang sebuah kewajiban. Tapi, untuk urusan donasi kita perlu memilah dan memilih. ‘Apakah donasi yang kamu berikan tepat sasaran?’, ‘Apakah donasi yang kamu berikan membuat orang semakin berdaya?’

Soalnya, bantuan yang kita berikan tidak selalu memberikan dampak yang baik. Jadi, lebih bijaksana dari sekarang untuk berdonasi, ya.

5. Dana Darurat Super Penting Banget!

Keadaan mendesak bisa terjadi kapanpun tanpa diundang. Sudah punya dana darurat? Selamat, kamu selangkah lebih maju dalam mengelola keuangan. Pertahankan semangat ini dan tetap konsisten, ya.

Kalau belum, tidak ada kata terlambat, kok. Yuk, sekarang waktu yang tepat untuk waspada dan berjaga-jaga. Kalau saat situasi mendesak kita punya cadangan uang, tentu hati menjadi lega. Menjalani aktivitas sehari-hari pun tanpa beban.

6. Dewasa Secara Finansial: Punya Tujuan Jangka Panjang

6. Dewasa Secara Finansial: Punya Tujuan Jangka Panjang
via freepik.com/lifeforstock

Punya keinginan suatu saat nanti memiliki rumah? Punya rencana finansial hingga usia senja itu gak salah, kok. Memiliki keinginan bisa jadi permulaan yang baik asal dibarengi dengan usaha nyata.

Nah, apa yang bisa kita lakukan saat ini? Misalnya saja, untuk memiliki rumah atau aset properti pertama, langkah pertama adalah mengumpulkan dana untuk DP terlebih dulu.

Memiliki pemikiran jangka panjang soal keuangan menandakan kalau kamu sudah dewasa. Bukankah gak selamanya kita akan ‘produktif’ dalam mencari uang?

Kesimpulannya, dewasa secara finansial tuh saat kamu bijaksana dalam mengelola keuangan, mengerti apa yang benar-benar kamu butuhkan, dan mempersiapkan hal terbaik untuk masa depanmu sendiri. Dalam waktu dekat ini, hal-hal apa yang akan kamu lakukan untuk meraih goals keuangan kamu? 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: