Bikin Kinclong Abis! 4 Trik Membersihkan Sepatu Putih Sesuai Bahan Ini Gampang Banget Dipraktekkin

Kok, bahan sepatunya jadi berserabut? Pernah punya pengalaman buruk ketika membersihkan sepatu putih kesayangan yang nggak elok lagi dilihat karena lupa dibersihkan secara berkala? Hmmmm, jangan sampai hal ini menimpamu, ladies.

Punya koleksi banyak sepatu putih di rumah, tentu kamu harus ekstra dalam merawatnya. Nggak sekadar kotor karena terkena debu atau terciprat tumpahan minuman saat dipakai, namun sepatu putih juga bisa memudar warnanya kalau nggak dibersihkan dengan cara yang tepat. Nah, gimana caranya biar membersihkan sepatu sepatu favorit tetap kinclong? Di bawah ini, ada beberapa trik membersihkan sepatu putih sesuai bahannya dan gampang banget dipraktekkin oleh kamu:

1. Siapkan bahan sederhana buat membersihkan sepatu putih berbahan kanvas

Via freepik.com

Desainnya yang trendi dan nyaman saat dipakai membuat sepatu putih berbahan kanvas jadi favorit banyak orang, dari anak sekolahan sampai anak kuliahan pasti punya sepatu putih dengan bahan kanvas. Sayangnya, terlalu sering digunakan bisa bikin sepatu putih kanvas lebih mudah kotor dan berubah warna.

Biar kembali kinclong dan warnanya nggak memudar, kamu bisa siapkan bahan sederhana seperti cuka, baking soda, sikat gigi, dan air hangat. Campurkan 1 sendok makan baking soda, 2 sendok makan cuka ke dalam air hangat. Lalu, celupkan sikat gigi ke dalam campuran yang serupa dengan pasta tersebut. Kemudian, sikat dengan perlahan hingga noda kotoran di sepatu menghilang. Bilas bersih dan jemur. Namun, hindari menjemur sepatu putih di bawah sinar matahari langsung.

2. Hindari mencuci pakai mesin buat sepatu putih berbahan suede, nih

Via flickr.com

Mudah menyerap cairan dan meninggalkan noda bercak membuat sepatu putih berbahan suede memiliki perawatan super ekstra. Makanya, nggak disarankan buat kamu yang punya sepatu putih berbahan suede menggunakan mesin cuci untuk membersihkannya. Big No!!!

Kamu bisa siapkan kain katun lembut, tisu handuk, penghapus, pensil berwarna merah muda, cuka, dan sikat khusus suede untuk membersihkan sepatu yang mudah sekali terpapar oleh noda ini. Basahi kain dengan air sedikit demi sedikit, lalu tekan kain ke area sepatu yang terkena noda. Kemudian, tekan bagian yang basah dengan tisu handuk dengan tekanan kuat. Namun, jangan digosok ya, karena dapat menyebarkan noda melebar kemana-mana.

Kalau sepatu putihmu terkena noda membandel, celupkan kain ke dalam larutan cuka. Kemudian, gosok perlahan. Biarkan kering dengan sendiri. Setelah kering semalaman, gosok menggunakan sikat khusus biar bulu suede kembali menyatu. Biar aman dari noda dan debu, lebih baik lindungi sepatu putihmu dengan suede protector.

3. Berikan perawatan khusus saat membersihkan sepatu putih berbahan kulit

Via dior.com

Agar terlihat seperti baru, berikan perawatan khusus saat membersihkan sepatu kulit seperti sabun khusus untuk kulit (saddle soap), sikat lembut, kain katun kering, dan deterjen. Basahi kain katun dengan air, kemudian peras. Lap bagian luar sepatu putih dengan kain basah yang sudah diperas. Tunggu selama 10 menit hingga kering.

Setelah kering, bersihkan bagian alas sepatu dengan sikat berbulu halus secara perlahan menggunakan campuran air dan deterjen. Lalu, lap busa campuran alas sepatu dengan kain katu yang basah. Diamkan hingga kering. Hindari dari sinar matahari langsung atau tempat yang terlalu lembap.

Buat menjaga sepatu putih tetap mengkilat, gunakan shoes cream khusus untuk material kulit berwarna putih. Jangan lupa pakai waterproof spray guna menghindari sepatu dari debu dan noda terutama di musim hujan, ya.

4. Mudah terpapar noda, membersihkan sepatu putih berbahan satin harus hati-hati

Via weddbook.com

Sepatu putih berbahan satin biasanya didominasi untuk kebutuhan pesta. Nggak heran kalau bahan satin putih mudah sekali terpapar noda, entah noda dari makanan atau minuman. Sebelum noda tersebut menempel lebih lama di sepatu putih berbahan satin dirimu, lebih baik ambil kain kering, sabun cuci tangan, dan handuk kecil.

Pakai kain kering buat mengelap keseluruhan sepatu putih yang terkena noda secara perlahan biar noda tidak menyebar. Basahi kain, kemudian lap sepatu dari tempat letaknya noda. Selalu lap dengan gerakan mundur mengikuti garis kain sepatu. Jangan digosok namun tekan-tekan saja secara perlahan. Terakhir, gunakan tisu handuk di bagian yang basah atau hairdryer dengan tekanan rendah untuk mengeringkannya. Gunakan dust bag buat tempat penyimpanan dan bersihkan dulu dari debu sebelum menyimpan.

Udah tahu, dong, cara membersihkan sepatu putih kesayangan dari noda yang menempel. Jangan sampai salah merawat sepatu putihmu. Berbeda bahan, berbeda pula perawatannya. Biar nggak asal membersihkan, cobain trik di atas saja. Gampang lho, buat dipraktekkin. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: