Bijak Saat Membeli Barang, Jangan Gunakan 4 Alasan Ini Untuk Belanja!

Belanja itu gak cuman untuk cari kesenangan semata, tapi kamu juga harus punya alasan kuat “kenapa kamu harus membeli barang tersebut?”. Jangan sampai kamu menghamburkan uang untuk hal-hal yang kurang penting, apalagi kalau alasannya seperti di bawah ini. Bukannya merasa puas, yang ada kamu bisa menyesal di akhir lho.

1. Mudah Tergiur Dengan Omongan Penjual

via Freepik.com

Supaya laris manis, gak salah kok kalau penjual terus mengiming-iming kita dengan kelebihan produknya. Tapi masalahnya, jangan sampai kamu langsung tergoda dan gak berpikir panjang!

Buatlah beberapa pertimbangan yang bisa menguatkan alasanmu, mulai dari sisi manfaat, harga, ketahanan produk, dsb. Kalau kamu merasa cocok, kamu bisa langsung beli saat itu juga tapi kalau tidak, lebih baik jangan dibeli deh!

2. Membeli Barang Selagi Harganya Murah

via Freepik.com

Pernah gak sih kamu membeli barang hanya karena takut besok harganya bakal naik? Sebenarnya, itu hal yang wajar kok tapi coba pikir lagi deh, memangnya kamu beneran butuh barangnya sekarang? Kalau gak, kan sayang uangmu terbuang percuma.

Solusinya, kamu bisa rutin menabung supaya gak khawatir lagi dengan keuanganmu saat belanja. Selain itu, sebelum pergi belanja, cari tahu dulu harga barang yang ingin kamu beli agar kamu bisa menyiapkan uang pas. Gampang banget, kan?

3. Melampiaskan Amarah Dengan Pergi Belanja

via Freepik.com

Belanja memang bisa bikin mood naik drastis, tapi beda lagi ceritanya kalau kamu menggunakan emosimu sebagai alasan buat membeli barang.

Saat kamu kesal, marah, atau sedih, kamu akan kesulitan untuk berpikir jernih dan cenderung bertindak impulsif. Makanya, coba deh ambil waktu sejenak untuk menenangkan diri atau sekedar melakukan window-shopping. Siapa tahu kan kamu bisa happy lagi hanya dengan melihat barang-barang?

4. Hanya Mencari Keuntungan Saat Membeli Barang

via Freepik.com

Belanja itu gak cukup melihat manfaatnya aja, apalagi saat kamu berencana untuk membeli properti atau hal lainnya yang bersifat jangka panjang. Kamu harus bisa memikirkan faktor-faktor lain seperti biaya perawatan, biaya asuransi, biaya bulanan untuk listrik dan air, dsb.

Pokoknya, kamu harus benar-benar yakin dengan keuanganmu sebelum investasi lebih lanjut. Jangan sampai kamu mengeluarkan uang yang besar di awal tapi gak bisa menjaganya sampai akhir yah!

 

Setiap orang perlu yang namanya belajar untuk bijak saat belanja. Dengan begitu, bukan cuman keuangan mereka yang tetap aman, tapi aktivitas sehari-hari juga bisa dilakukan dengan lancar, lho.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: